Comscore Tracker

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021

Usia hanya sebatas angka, performa yang bicara!

Kompetisi NBA di musim 2020/2021 tampak semakin seru. Utah Jazz, Pheonix Suns hingga Philadelphia 76ers yang diprediksi hanya akan berkutat di papan tengah klasemen, malah mendominasi dan berhasil berada di papan atas wilayahnya masing-masing.

Terciptanya persaingan yang ketat di NBA musim ini, bisa disebut karena hadirnya para pebasket berkualitas yang muncul di usia muda, dan pebasket yang berada di usia emas yang sedang berada top perform-nya.

Namun tak hanya mereka saja, para pemain tua yang memiliki umur di atas 30 tahun juga punya andil dalam hal ini. Stephen Curry, LeBron James dan Chris Paul adalah beberapa di antaranya.

Bahkan, di musim ini ada pebasket yang sudah menginjak usia kepala empat, lho. Lantas siapa sajakah pebasket tertua yang dimaksud? Check this out!

1. Udonis Haslem

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021miamiherald.com

Udonis Haslem menjadi pebasket tertua yang masih membela tim NBA musim ini. Haslem yang lahir pada 9 Juni 1980, kini telah menginjak umur 40 tahun. Udonis Haslem memang gagal terpilih pada acara NBA Draft tahun 2002.

Namun setelah menghabiskan 1 tahun kariernya di tim Elan Chalon, Prancis, Haslem akhirnya direkrut oleh Miami Heat di tahun 2003. Haslem tidak pernah berpindah-pindah tim lagi di NBA. Total, 3 gelar juara NBA di tahun 2006, 2012 dan 2013 berhasil Haslem persembahkan bagi tim asal Florida ini.

Musim ini menjadi musim ke-18 Haslem berseragam Miami Heat. Dengan usia yang tak lagi muda, Haslem hanya memiliki peran sebagai pelapis dari Bam Adebayo dan Meyers Leonard di posisi utama center Miami Heat.

2. Andre Iguodala

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021hothothoops.com/USA Today

Rekan satu tim Udonis Haslem di Miami Heat, Andre Iguodala menjadi pemain tertua kedua yang masih aktif bermain di NBA. Berbeda dengan Haslem yang kini jarang tampil, Iguodala justru lebih sering tampil dengan waktu bermain yang banyak dari bangku cadangan.

Iguodala lahir di Illinois, 28 Januari 1984 dan kini telah berusia 37 tahun. Iguodala merupakan lulusan University of Arizona sebelum akhirnya di-draft di urutan ke-9 NBA Draft tahun 2004 oleh Philadelphia 76ers.

Prestasi tertinggi dalam karier Iguodala ialah berhasil membawa Golden State Warriors juara NBA di tahun 2015, 2017 dan 2018. Selain itu, gelar NBA Finals MVP tahun 2015 merupakan gelar individu terbaik yang pernah Iguodala raih selama 17 tahun kariernya.

Baca Juga: 10 Pebasket NBA dengan Steals Terbanyak Sepanjang Sejarah

3. Carmelo Anthony

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021si.com

Salah satu pemain andalan Portland Trail Blazers di posisi small forward, Carmelo Anthony, juga merupakan pemain tertua yang ada di NBA. Pemain yang berada di masa jayanya kala membela New York Knicks dan Denver Nuggets ini, lahir pada 29 Mei 1984 dan usianya kini telah menginjak 36 tahun.

Ia pertama kali datang ke NBA di tahun 2003, setelah Denver Nuggets memilihnya di urutan ke-3 NBA Draft 2003. Musim ini Melo bermain untuk Portland Trail Blazers yang menjadi tim ke-5 sepanjang 18 tahun kariernya di NBA.

Melo memang belum pernah sekalipun menjuarai kompetisi NBA. Namun, 10 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Stars Game cukup menjadi bukti kehebatan pemain kelahiran Brooklyn ini.

4. JJ Redick

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021therookiewire.usatoday.com

Di posisi keempat ada shooter andalan New Orleans Pelicans, yakni J.J Redick. Pemain yang menjadi legenda di Duke University ini, lahir di Tennessee pada 24 Juni 1984 dan kini sudah berumur 36 tahun.

J.J Redick di-draft di urutan ke-11 NBA Draft 2006 oleh Orlando Magic. Selama 15 tahun berkarier di NBA, Redick dikenal sebagai shooter yang ulung dan jago mencetak 3 poin.

Sejauh ini, ia menempati peringkat ke-14 sebagai pemain dengan jumlah 3 poin terbanyak di NBA dengan jumlah 1935. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat J.J Redick masih aktif bermain dan mempunyai menit bermain yang banyak di roster New Orleans Pelicans.

5. LeBron James

5 Pebasket Tertua yang Membela Tim NBA di Musim 2020/2021tampabay.com

Walaupun di-draft pada gelaran NBA Draft 2003, tetapi umur LeBron James lebih muda ketimbang Andre Iguodala dan J.J Redick yang notabene di-draft di tahun setelahnya. Hal ini dikarenakan LeBron James mengikuti NBA Draft melalui jalur high school, bukan college seperti kebanyakan pemain sekarang.

Pemain andalan LA Lakers ini merupakan lulusan dari St. Mary Highschool. LeBron lahir di Ohio pada 30 Desember 1984 dan kini usianya telah menginjak 36 tahun. Secara kualitas dan prestasi, pemain ini sudah tidak lagi diragukan. 4 gelar juara NBA dan 4 kali penghargaan NBA MVP adalah bukti kehebatan LeBron.

Di musim ini, Ia sedang membantu LA Lakers untuk kembali lolos ke babak playoff sekaligus bersaing dengan Joel Embiid dan Nikola Jokic untuk meraih gelar NBA MVP ke-5nya.

 

Itulah 5 pebasket tertua yang membela tim NBA di musim 2020/2021. Walaupun tak lagi muda, para pemain ini punya pengalaman yang bisa membimbing dan membantu rekan setimnya untuk berjuang lebih keras. Adakah pemain favoritmu?

Baca Juga: 6 Pebasket Ini Dua Kali Juarai Kontes Slam Dunk NBA, Jago Banget!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya