Comscore Tracker

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the Year

Jordan Clarkson menjadi perwakilan Asia

Penghargaan pemain cadangan terbaik NBA atau yang lebih dikenal dengan nama NBA Sixth Man of the Year tahun 2021 akhirnya menjadi milik seorang Jordan Clarkson. Hal ini sesuai dengan prediksi banyak kalangan yang menempatkan pemain Utah Jazz ini sebagai kandidat terkuat.

Karena di musim ini, Jordan Clarkson berhasil tampil luar biasa sekaligus mengangkat performa Utah Jazz secara signifikan. Salah satu fakta yang menarik dari keberhasilan Clarkson dalam meraih gelar ini ialah, dirinya merupakan pemain asing kelima yang pernah memenangkan penghargaan NBA Sixth Man of the Year.

Termasuk Jordan Clarkson, berikut kami sajikan 5 pebasket non Amerika Serikat yang berhasil meraih penghargaan NBA Sixth Man of the Year, check this out!

1. Detlef Schrempf

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the YearDetlef Schrempf (paceandspacehoops.com)

Pemain asing pertama yang berhasil meraih gelar NBA Sixth Man of the Year ialah Detlef Schrempf. Selama berkarier di NBA, power forward asal Jerman ini sukses meraih penghargaan NBA Sixth Man of the Year sebanyak 2 kali.

Prestasi tersebut berhasil Detlef raih secara beruntun yakni pada tahun 1991 dan 1992, kala ia berstatus sebagai pemain Indiana Pacers. Di musim 1991 dengan rataan 16,1 PPG, 8 RPG, dan 3,7 APG, Detlef berhasil mengungguli Dan Majerle yang berada di posisi runner-up dengan peroleh suara yang sangat tipis yakni, 38% untuk Detlef dan 37% untuk Majerle.

Sedangkan di tahun berikutnya, Detlef berhasil mencatatkan rataan 17,3 PPG, 9,6 RPG serta 3,9 APG dan berhasil unggul telak dari  Sarunas Arciulionis dan Dan Majerle yang berada di posisi terdekat.

2. Toni Kukoc

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the YearToni Kukoc (foxnews.com)

Di musim 1996, penghargaan NBA Sixth Man of the Year menjadi milik small forward berkebangsaan Kroasia, Toni Kukoc. Dengan rataan 13,1 PPG, 4 RPG, dan 3,5 APG, Kukoc berhasil unggul dari para pesaingnya dalam pemilihan pemenang penghargaan NBA Sixth Man of the Year tahun 1996.

Musim tersebut memang sangatlah istimewa bagi seorang Toni Kukoc. Selain meraih gelar NBA Sixth Man of the Year, Kukoc juga berhasil membawa Chicago Bulls sebagai juara NBA bersama Michael Jordan, Scottie Pippen dan Dennis Rodman yang kala itu berada di masa jayanya.

Baca Juga: 10 Pebasket NBA dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak Sepanjang Sejarah

3. Leandro Barbosa

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the YearLeandro Barbosa (valleyofthesuns.com)

Selain berjaya di sepak bola, Brasil juga berhasil menunjukan tajinya di olahraga bola basket. Salah satu bakat bola basket Brasil terdapat pada diri Leandro Barbosa yang berhasil meraih penghargaan NBA Sixth Man of the Year di tahun 2007.

Kala itu, Barbosa memang tampil sangat luar biasa bersama Pheonix Suns di NBA. Ia mampu mengoleksi rataan 18,1 PPG, 2,7 RPG dan 4 APG yang berhasil membawanya unggul dalam hasil voting penghargaan NBA Sixth Man of the Year dari Manu Ginobili dan Jerry Stackhouse dengan perolehan 84% suara.

4. Manu Ginobili

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the YearManu Ginobili (gazzetta.it)

Setelah berada di bawah Leandro Barbosa di musim sebelumnya, kini giliran Manu Ginobili yang mengungguli Barbosa dalam perburuan penghargaan NBA Sixth Man of the Year 2008. Dengan rataan 19,5 PPG, 4,8 RPG dan 4,5 APG, Manu Ginobili berhasil unggul jauh dari pesaing terdekatnya yakni Leandro Barbosa dan Jason Terry.

Manu Ginobili memang terkenal sebagai pemain yang hebat. Ia merupakan salah satu elemen penting dari kehebatan big three San Antonio Spurs yang dihuni Tim Duncan dan Tony Parker. Bahkan di akhir kariernya, San Antonio Spurs memutuskan untuk memensiunkan nomor punggung 20 yang biasa digunakan oleh shooting guard berkebangsaan Argentina ini.

5. Jordan Clarkson

5 Pemain Asing yang Berhasil Raih Gelar NBA Sixth Man of the YearJordan Clarkson (cbssports.com)

Jordan Clarkson merupakan pemain yang lahir di Florida, Amerika Serikat. Namun ia juga memiliki keturunan Filipina dari sang ibu. Kini, Jordan Clarkson berstatus sebagai warga negara Filipina dan juga aktif membela tim nasional Filipina di kompetisi basket dunia.

Di musim ini, Jordan Clarkson dinobatkan sebagai peraih penghargaan NBA Sixth Man of the Year. Kegemilangan serta kontribusi besarnya terhadap performa Utah Jazz menjadikannya unggul dari Joe Ingles dan Montrezl Harrell yang berada di posisi terdekat.

 

Itulah 5 pemain asing yang berhasil meraih penghargaan NBA Sixth Man of the Year. Keberhasilan Jordan Clarkson juga menjadikannya sebagai pemain Asia pertama yang meraih gelar ini. Menurutmu apakah Jordan Clarkson pantas mendapatkannya?

Baca Juga: 5 Pebasket Non-Amerika Serikat yang Pernah Raih Penghargaan NBA MVP

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya