5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998

Deretan pemain legendaris!

Kelas NBA Draft 1998 bisa disebut sebagai kelas NBA Draft terbaik kedua setelah NBA Draft 1996 di era 90-an. Hal ini cukup beralasan, karena banyak pemain dari kelas ini merupakan pemain hebat.

Bahkan beberapa di antaranya telah dianggap legenda, baik di level tim atau NBA sekalipun. Berikut ini kami sajikan 5 yang terbaik dari kelas NBA Draft satu ini!

1. Dirk Nowitzki 

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998Dirk Nowitzki (nba.com)

Dirk Nowitzki telah dianggap sebagai pebasket Eropa terbaik yang pernah bermain di NBA. Dengan segala prestasi yang ia dapatkan selama berkiprah di Amerika Serikat, mungkin tidak ada yang ragu dengan kehebatannya.

Selain dikenal sebagai legenda dari Dallas Mavericks dan bola basket Eropa, Nowitzki juga layak disebut sebagai pionir bigman dengan kemampuan tembakan 3 angka yang baik. Namun, tak banyak yang tahu jika Nowitzki sebetulny dipilih oleh Milwaukee Bucks.

Pada NBA Draft 1998, power forward asal Jerman ini terpilih di urutan ke-9 oleh Milwaukee Bucks, sebelum menjadi legenda di tanah Texas bersama Dallas Mavericks.

2. Paul Pierce

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998Paul Pierce (skysports.com)

Paul Pierce dipilih di urutan ke-10 pada NBA Draft 1998 oleh Boston Celtics. Selama berkarier di NBA, Paul Pierce dikenal sebagai shooter yang hebat dan sempat memegang rekor sebagai pencetak tembakan 3 angka terbanyak di NBA.

Walaupun tercatat pernah membela 4 tim berbeda, namun seluruh penghargaan Paul Pierce hanya didapat ketika membela Boston Celtics. Gelar juara NBA dan NBA Finals MVP pada 2008, 10 kali masuk dalam NBA All-Star Game dan 4 kali masuk All-NBA Team, membuat Pierce masuk dalam 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

Baca Juga: 5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1996

3. Vince Carter

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998Vince Carter (nba.com)

Vince Carter merupakan salah satu pemain legendaris yang berkarier di NBA lebih dari 20 tahun untuk 8 tim berbeda. Carter dipilih di urutan ke-5 oleh Golden State Warriors, sebelum ditukar ke Toronto Raptors. Selama berkarier di NBA Carter dikenal sebagai pemain yang eksplosif.

Slam dunk-nya pada NBA Slam Dunk Contest tahun 2000 masih disebut sebagai dunk terbaik dalam sepanjang sejarah NBA All-Star Week. Selain itu, Carter juga pernah menjadi NBA Rookie of the Year 1999, 8 kali masuk NBA All-Star Game dan 2 kali terpilih masuk All-NBA Team.

4. Antawn Jamison

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998Antawn Jamison saat berseragam North Carolina Tar Heels (sportscasting.com)

Satu urutan di atas Vince Carter, Antawn Jamison terpilih di urutan ke-4 pada NBA Draft 1998 oleh Toronto Raptors. Jamison merupakan pemain yang ditukar dengan Vince Carter pada tahun 1998 silam. Secara prestasi di NBA, Jamison juga tidak terlalu buruk.

Power forward yang lama membela Washington Wizards ini pernah 2 kali masuk dalam NBA All-Star Game, terpilih sebagai NBA Sixth Man of the Year 2004 dan menjadi bagian dari NBA All-Rookie Second Team 1999.

5. Rashard Lewis

5 Pemain Basket Terbaik yang Berasal dari NBA Draft 1998Rashard Lewis (nba.com)

Rashard Lewis bisa disebut sebagai steal draft pada gelaran NBA Draft 1998. Pasalnya, ia hanya terpilih di urutan ke-32 oleh Seattle SuperSonics yang saat ini dikenal dengan nama Oklahoma City Thunder.

Selama berkarier di NBA, Rashard Lewis pernah membela 4 tim berbeda, yakni Seattle SuperSonics, Orlando Magic, Washington Wizards dan Miami Heat. Hanya Washington Wizards sajalah, tim yang tak berhasil membawa Lewis berprestasi.

Saat membela Seattle SuperSonics dan Orlando Magic, Lewis pernah mengikuti NBA All-Star Game. Sedangkan saat ia membela Miami Heat, ia mampu menjadi juara NBA pada 2013.

 

Dari kelima nama di atas, terdapat dua pemain yang berhasil masuk dalam daftar 75 pemain terbaik NBA. Mereka adalah Dirk Nowitzki dan Paul Pierce. Di antara dua nama tersebut, siapa yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik dari NBA Draft 2009, Ada Stephen Curry

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya