6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round Pick

Pemain dari second round pick bukan berarti buangan

NBA Draft merupakan hajat besar tempat para calon bintang NBA berasal. Para rookie dari penjuru dunia akan masuk NBA lewat gelaran ini. Pebasket yang dinilai memiliki performa hebat sebelum masuk NBA dan memiliki potensi besar biasanya akan dipilih di urutan terawal oleh tim yang telah diundi.

Kendati demikian, hal tersebut bukan berarti pemain yang terpilih di second round pick NBA Draft atau urutan 30 ke bawah akan memiliki performa yang buruk. Dengan usaha dan kerja keras, para pemain dari second round pick juga bisa menjelma pemain hebat, bahkan berlabel bintang.

Hal ini terjadi kepada beberapa pemain aktif berikut ini, yang di-draft pada second round pick, namun bisa membuktikan dirinya sebagai pemain bintang. Penasaran siapa saja? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Paul Millsap

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round Pickmilehighsports.com

Nama yang pertama ialah Paul Millsap yang pada musim ini baru pindah ke Brooklyn Nets. Pada gelaran NBA Draft 2006, Paul Millsap terpilih di urutan ke-47 oleh Utah Jazz yang sempat Ia bela selama 7 musim. Di 2 musim awal di NBA, performa Paul Millsap tidaklah terlalu mencolok.

Barulah di musim ketiga, Millsap mulai menjelma pemain penting dan mengoleksi rataan poin di atas 10 angka. Performa terbaiknya di NBA tercatat saat ia membela Atlanta Hawks dari tahun 2013 hingga 2017. Di masa tersebut ia berhasil diundang ke dalam NBA All-Star Game sebanyak 4 kali dan menjadi bagian dari All-NBA Defensive Second Team di tahun 2016.

2. DeAndre Jordan

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round PickDeAndre Jordan (parlons-basket.com)

Pada tahun 2008, LA Clippers berhasil mendapatkan salah satu center paling eksplosif dalam sejarah timnya, yakni DeAndre Jordan. Kala itu DeAndre Jordan di-draft di urutan ke-35 dan pernah menjadi bagian dari tim terhebat Los Angeles Clippers selama 10 musim.

Permainan menghibur dari Lob City Finisher yang terbentuk dari DeAndre Jordan, Blake Griffin, dan Chris Paul sempat menjadi ikon dari LA Clippers. Selama berseragam Clippers, DeAndre Jordan tercatat 3 kali masuk dalam tim terbaik NBA dan 1 kali masuk dalam tim NBA All-Star 2017. Selain beberapa pencapaian tersbeut, DeAndre Jordan juga pernah 2 kali menjadi bagian dari All-NBA Defensive First team dan menjadi raja rebound selama 2 musim berturut-turut.

3. Goran Dragic

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round Pickbleacherreport.com

Sebelum bermain di NBA, Goran Dragic tercatat sebagai salah satu pemain terbaik di Liga Slovenia. Di tahun yang sama dengan DeAndre Jordan, Goran Dragic terpilih di urutan ke-45 oleh San Antonio Spurs. Sayang bagi San Antonio Spurs karena mereka tidak pernah berkesempatan memakai jasa Dragic.

Pasalnya, sejak NBA terpilih, Dragic langsung di-trade ke Pheonix Suns yang membuat namanya mulai dikenal publik. Sempat mengalami inkonsistensi performa, Dragic akhirnya bisa menunjukkan performa terbaknya di tahun 2014 bersama Pheonix Suns.

Di tahun tersebut, ia berhasil terpilih sebagai peraih penghargaan NBA Most Improved Player dan masuk dalam All-NBA Third Team. Namun, di tahun tersebut, Dragic belum berkesempatan bermain dalam NBA All-Star Game. Barulah saat ia membela Miami Heat di tahun 2018, Dragic mendapatkan kesempatan tersebut.

Baca Juga: 5 'Steal Draft' Terbaik di 5 Edisi Terakhir Gelaran NBA Draft

4. Draymond Green 

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round PickDraymond Green (businessinsider.com)

Walaupun tidak semenonjol Stephen Curry, Klay Thompson, ataupun Kevin Durant, perlu diakui bahwa dominasi Golden State Warriors merupakan salah satu kontribusi besar dari Draymond Green. Pemain yang berposisi sebagai power forward ini dikenal dengan kemampuan hebatnya dalam bertahan dan menjadi pemimpin tim.

Disadari atau tidak, Draymond Green merupakan pemain yang dipilih oleh Golden State Warriors di urutan ke-35 pada NBA Draft 2012. Hingga kini belasan penghargaan telah ia miliki di NBA, termasuk 3 gelar juara untuk Golden State Warriors.

5. Khris Middleton

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round Pickjsonline.com

Tandem dari Giannis Antetokounmpo di tim Milwaukee Bucks, Khris Middleton, juga terpilih pada second round pick. Middleton di-draft di urutan ke-39 oleh Detroit Pistons dan sempat bermain untuk tim Fort Wayne Mad Ants di G-League.

Hal tersebut cukup beralasan karena performa Khris Middleton saat membela Detroit Pistons memang jauh dari kata memuaskan. Alhasil, pada tahun keduanya di NBA, Middleton di-trade ke Milwaukee Buck yang berhasil membawanya ke masa jaya.

Selain menjadi juara NBA dan menjadi tulang punggung Milwaukee Bucks, Khris Middleton juga telah menjadi pemain berlabel bintang dengan 2 kali keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game.

6. Nikola Jokic

6 Pemain Aktif Berlabel Bintang yang Di-Draft pada Second Round PickNikola Jokic (sportsbeezer.com)

Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa pemain yang di-draft oleh Denver Nuggets di urutan ke-41 pada gelaran NBA Draft 2015 akan menjadi seorang NBA MVP. Dia adalah Nikola Jokic, center berkebangsaan Serbia yang saat ini menjadi tulang punggung Denver Nuggets dan pemain berlabel superstar.

Di malam NBA Draft 2015, beredar kabar Nikola Jokic tengah tertidur saat namanya dipanggil sebagai salah satu pemain yang di-draft. Hal tersebut mungkin menjadi pertanda Jokic sudah pesimis namanya akan terpilih. Namun, kini gelar NBA MVP telah menjadi bukti betapa besarnya nama Nikola Jokic di NBA.

 

Itulah 6 pemain aktif berlabel bintang yang terpilih pada second round pick NBA Draft. Pemain yang terpilih di urutan teratas ataupun yang terpilih di urutan terbawah bukanlah jaminan mereka akan sukses di NBA. Kerja keras dan konsistensi merupakan kunci dari kehebatan para pemain yang sempat diragukan ini.

Baca Juga: 10 Potret Nikola Jokic, MVP NBA Pertama dari Serbia

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya