5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhir

Jason Kidd menjadi yang paling menonjol

Jika dibandingkan dengan tim lain di NBA, Dallas Mavericks memang tidak selalu beruntung dalam memilih para pemain terbaik di setiap angkatan NBA Draft. Namun, dengan kekuatan mereka dalam bernegosiasi dan melakukan trade, tim berlogo kuda ini berhasil menjadi salah satu tim elite di NBA.

Dari sekian banyak pemain yang pernah di-draft oleh Dallas Mavericks dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, bisa terhitung hanya ada 5 pemain yang mampu tampil gemilang dan berkarier panjang di NBA. Siapa sajakah mereka? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Jamal Mashburn 

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhiraseaofblue.com/Getty Images

Jamal Mashburn menjadi nama pertama dalam daftar ini. Pada gelaran NBA Draft tahun 1993, Mashburn di-draft di urutan keempat oleh Dallas Mavericks. Jamal Mashburn merupakan salah satu pemain terbaik dari angkatan NBA Draft tahun 1993.

Total 4 musim Mashburn berseragam Dallas Mavericks sebelum akhirnya pindah ke Miami Heat pada tahun 1997. Dengan rataan 19,1 PPG, 5,4 RPG, dan 4 APG, Jamal Mashburn menjadi salah satu pemain paling berpengaruh di skuad Mavericks kala itu.

Tahun 2003 menjadi tahun terbaik dalam 20 tahun karier Jamal Mashburn di NBA. Bersama New Orleans Hornets, Mashburn berhasil ikut serta dalam NBA All-Star Game pertamanya dan menjadi bagian dari All-NBA Third Team di tahun tersebut.

2. Jason Kidd

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhirbleacherreport.com/Getty Images

Salah satu point guard terbaik dalam sejarah NBA, Jason Kidd, merupakan hasil draft dari Dallas Mavericks. Setelah tampil gemilang di NCAA bersama California Gold Bears, Jason Kidd akhirnya di-draft oleh Dallas Mavericks di urutan kedua NBA Draft tahun 1994.

Selama berkarier di NBA, Kidd dikenal sebagai pemain yang jago dalam bertahan dan playmaking. Gelar juara NBA tahun 2011 bersama Dallas Mavericks, 5 kali NBA assists leader, dan 10 kali keikutsertannya dalam NBA All-Star Game adalah beberapa prestasi terbaik yang berhasil Kidd raih di NBA.

Tidak sampai di situ, bersama tim nasional Amerika Serikat, Kidd juga berhasil mempersembahkan beberapa gelar, termasuk 2 medali emas di Olimpiade Sydney 2000 dan Beijing 2008.

Baca Juga: 7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

3. Kelly Olynyk

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhiruproxx.com/Getty Images

Nama berikutnya adalah power forward milik Houston Rockets asal Kanada, Kelly Olynyk. Pada gelaran NBA Draft tahun 2013, Olynyk di-draft di urutan ke-13 oleh Dallas Mavericks dan langsung di-trade ke Boston Celtics dengan Lucas Nogueira dan 2 second round picks.

Secara individu, NBA All-Rookie Second Team menjadi prestasi tertinggi yang berhasil diraih oleh Olynyk hingga sejauh ini. Musim lalu Olynyk berhasil membawa Miami Heat ke partai final sebelum akhirnya kalah oleh Los Angeles Lakers. Hal tersebutlah yang menjadi prestasi tertinggi yang berhasil ia raih di level tim NBA.

4. Trae Young

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhirbasketballforever.com

Penggemar NBA pasti sepakat bahwa Trae Young disebut sebagai salah satu pemain muda terbaik di NBA masa kini. Trae Young yang di-draft di urutan kelima oleh Dallas Mavericks langsung di-trade ke Atlanta Hawks sebagai bagian dari kesepakatan trade seorang Luka Doncic pascapelaksanaan NBA Draft 2018.

Kemampuan Young memang masih kalah dari Doncic. Namun, kemampuannya dalam playmaking dan shoot long range menjadikannya sebagai salah satu pemain terbaik yang dimiliki NBA di masa depan.

Di tahun ketiganya di NBA, Trae Young mampu tampil bersinar dan sangat berpengaruh pada tim. Sejauh ini, gelar runner-up NBA Rookie of the Year 2019 dan keikutsertaannya dalam NBA All-Star Game 2020 merupakan prestasi yang diraih pemain yang berposisi sebagai point guard ini.

5. Jalen Brunson

5 Pemain Terbaik yang Di-draft Dallas Mavericks 30 Tahun Terakhirnba.com

Setelah berhasil membawa Villanova Wildcats juara 2 kali di tingkat universitas, Jalen Brunson akhirnya ikut serta dalam NBA Draft tahun 2018. Dalam acara tersebut, Brunson terpilih di urutan ke-33 oleh Dallas Mavericks.

Di NBA, Brunson belum sekali pun meraih prestasi bergengsi. Namun, bersama tim nasional Amerika Serikat, Brunson sudah mampu memberikan dua medali emas, masing-masing di ajang World Cup U-19 2015 dan FIBA Americas U-18 pada tahun 2014.

Musim ini menjadi musim ketiganya bersama Mavericks. Kini ia sudah berhasil menunjukan kelasnya dan kerap dipercaya sebagai starter di tim Dallas Mavericks. Menarik untuk ditunggu, akankah Brunson mampu membantu Luka Doncic dan Kristaps Porzingis di skuad Dallas musim ini.

 

Itulah 5 pemain terbaik yang di-draft oleh Dallas Mavericks dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Menurutmu, akankah Dallas Mavericks mendapatkan pemain sekelas Luka Doncic dalam gelaran NBA Draft selanjutnya?

Baca Juga: 10 Potret Luka Doncic, Pebasket Muda Potensial Milik Dallas Mavericks

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya