5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!

Mulai dari Derrick Rose hingga Fred VanVleet

Besarnya nama Chicago Bulls era Michael Jordan mendorong anak-anak Amerika Serikat, khususnya di negara bagian Illinois, untuk mengejar cita-cita menjadi pemain NBA. Tak heran jika pebasket hebat banyak lahir dari Illinois.

Tercatat, belasan pemain aktif NBA lahir di Illinois, negara bagian yang jadi markas Chicago Bulls. Berikut ini lima pemain NBA terbaik yang lahir di Illinois.

1. Derrick Rose

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!Derrick Rose (nba.com)

Meski penampilannya sudah tak sebaik kala membela Chicago Bulls, Derrick Rose layak masuk dalam daftar ini. Memiliki berbagai gelar individu dan tercatat NBA MVP termuda dalam sejarah membuat Rose masuk daftar.

Derrick Rose sendiri lahir di Chicago, kota terbesar sekaligus kota yang menjadi pasar NBA teramai di Illinois. Kala menapaki NBA untuk pertama kalinya pada 2008, Rose langsung bergabung dengan Chicago Bulls, tim bola basket asal tanah kelahirannya.

2. Andre Iguodala

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!Andre Iguodala (nba.com)

Tak jauh berbeda dengan Derrick Rose, Andre Iguodala juga merupakan pebasket hebat yang performanya telah menurun saat ini. Hal ini cukup wajar. Andre Iguodala yang memulai kariernya pada 2004 sudah tak lagi muda.

Pemain kelahiran Springfield ini memiliki banyak penghargaan, termasuk empat kali juara NBA bersama Golden State Warriors. Namun, hingga saat ini, Iguodala belum pernah membela Chicago Bulls.

Baca Juga: Derrick Rose, Namanya Harum Seperti Mawar

3. Anthony Davis

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!Anthony Davis (nba.com)

Anthony Davis bisa disebut sebagai salah satu center terbaik NBA dalam kurun waktu sedekade terakhir. Pemian Los Angeles Lakers ini telah 8 kali masuk NBA All-Star Game, 4 kali masuk All-NBA First Team, dan 1 kali menjadi juara NBA (2020) semenjak berkarier pada 2012.

Sama seperti Derrick Rose, Anthony Davis yang terpilih pada urutan pertama NBA Draft 2012 juga lahir di Chicago. Meski beberapa kali dihubungkan dengan Chicago Bulls, Davis belum pernah sekali pun membela tim asal Illinois.

4. Robert Covington

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!Robert Covington (nba.com)

Nama selanjutnya ialah Robert Covington, small forward yang pada musim ini bermain untuk Los Angeles Clippers. Covington lahir pada 14 Desember 1990 di salah satu kota kecil di Illinois, yakni Bellwood.

Karier Covington di NBA sendiri dimulai pada 2013 sebagai pemain undrafted. Sejauh ini, Covington pernah membela 6 tim berbeda dengan 1 prestasi, yakni sebagai bagian dari NBA All-Defensive First Team (2018).

5. Fred VanVleet

5 Pemain NBA Terbaik yang Lahir di Illinois, Deretan Bintang!Fred VanVleet (nba.com)

Serupa dengan Robert Covington, Fred vanVleet juga gagal terpilih pada gelaran NBA Draft. Pemain kelahiran Rockford, Illinois, ini kemudian dikontrak oleh Toronto Raptors setelah gagal pada NBA Draft 2016.

Keputusan Toronto Raptors mengambil VanVleet ternyata sangat tepat. Sebab, VanVleet menjelma sebagai seorang point guard hebat yang jadi tumpuan tim. Menjadi juara NBA 2018 dan masuk dalam NBA All-Star Game 2022 jadi prestasi VanVleet sejauh ini.

Illinois benar-benar mencetak pemain hebat dalam urusan bola basket. Selain kelima nama di atas, beberapa legenda seperti Dwayne Wade, Dan Issel, Shawn Marrion, Tim Hardaway, dan Terry Cummings juga lahir di negara bagian yang beribu kota di Springfield ini.

Baca Juga: Anthony Davis yang Merosot Akibat Cedera

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya