5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!

Nikola Mirotic dua kali rising star

EuroLeague Rising Star merupakan sebuah penghargaan yang diberikan EuroLeague kepada pemain muda terbaik selama semusim. Pertama kali diadakan pada 2004, penghargaan ini telah dimenangi oleh 14 orang berbeda. Lima di antaranya merupakan pebasket berkebangsaan Spanyol.

Siapa sajakah pebasket Spanyol yang sukses meraih penghargaan EuroLeague Rising Star? Inilah jawabannya!

1. Rudy Fernandez

5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!Rudy Fernandez saat membela Real Madrid Baloncesto. (instagram.com/rudy5fernandez)

Rudy Fernandez adalah pebasket Spanyol pertama yang memenangi EuroLeague Rising Star. Pemain veteran yang sekarang membela Real Madrid Baloncesto ini memenanginya pada 2007.

Ketika itu Fernandez masih membela Joventut Badalona. Tak heran jika Phoenix Suns kemudian memilihnya pada NBA Draft 2007.

Meski saat ini tak lagi muda, Rudy Fernandez juga masih menjadi seorang pemain hebat. Itu artinya, penghargaan yang diberikan kepadanya pada 2007 tak sia-sia.

2. Ricky Rubio

5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!Ricky Rubio (nba.com)

Saat masih muda dan belum banyak mengalami cedera, Ricky Rubio merupakan seorang pemain hebat. Ia wonderkid di dunia bola basket Spanyol pada akhir 2000-an. Tak mengherankan jika ia bisa dipilih di urutan kelima NBA Draft 2009.

Rubio sendiri memenangi EuroLeague Rising Star pada 2010. Usianya saat itu baru menginjak 20 tahun.

Baca Juga: 10 Pebasket dengan Total Rebound Terbanyak dalam Sejarah EuroLeague

3. Nikola Mirotic

5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!Nikola Mirotic (fcbarcelona.com)

Nikola Mirotic merupakan pemain istimewa. Berposisi sebagai power forward, Mirotic punya kemampuan hebat dalam mencetak tiga angka sedari muda. Ia telah menjadi pemain jempolan saat masih membela Real Madrid (2008—2014).

Kehebatan Nikola Mirotic saat muda cukup tampak ketika berhasil memenangi dua gelar EuroLeague Rising Star pada 2011 dan 2012. Pemain keturunan Montenegro ini masih berusia 20 tahun dan 21 tahun saat itu.

4. Alex Abrines

5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!Alex Abrines (fcbarcelona.com)

Alex Abrines pernah mendapatkan penghargaan EuroLeague Rising Star pada 2016. Kehebatannya saat masih membela Barcelona pada usia 22 tahun membuatnya bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

Sayang, penampilan Alex Abrines saat ini tak sehebat dahulu. Abrines lebih sering menjadi pemain pelapis di Barcelona meski dibutuhkan tim.

5. Usman Garuba

5 Pemain Spanyol yang Meraih EuroLeague Rising Star, Ada Mirotic!Usman Garuba (realmadrid.com)

Sinar Usman Garuba sebagai pebasket muda potensial terpancar pada 2020/2021. Ia berhasil menyabet gelar pemain terbaik EuroLeague dan Spanish ACB League.

Berkat penampilan apiknya tersebut, Garuba yang kini telah berusia 21 tahun berhasil masuk NBA lewat NBA Draft 2021. Namun, ia belum menunjukkan sinarnya selama berseragam Houston Rockets.

Spanyol memang gudangnya para pemain hebat. Selain lima nama di atas, beberapa pebasket seperti Pau Gasol, Marc Gasol, Juancho Hernangomez, Fran Vazquez, dan Sergio Llull telah dikenal sejak muda karena kehebatannya.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Memenangkan Penghargaan EuroLeague Rising Star

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya