5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! 

Ada juga Nando De Colo

EuroLeague Final Four MVP serupa dengan NBA Finals MVP. Penghargaan ini diberikan kepada pemain terbaik yang tampil luar biasa dari semifinal hingga final EuroLeague per musim. Penghargaan ini tentu sangat bergengsi. Apalagi tidak semua pemain bisa mendapatkannya.

Beberapa pemain hebat diketahui pernah mendapatkannya. Mereka biasanya berasal dari tim yang menjadi juara EuroLeague pada musim tersebut. Lalu, siapa sajakah pemain yang pernah mendapatkan EuroLeague Final Four MVP? Berikut ini lima di antaranya!

1. Vasilije Micic (2021 dan 2022)

5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! Vasilije Micic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Vasilije Micic merupakan salah satu pemain terbaik EuroLeague yang tak pernah berlaga di NBA. Hal ini cukup disayangkan mengingat prestasi Micic di EuroLeague sangat hebat. Pemain asal Serbia ini pernah meraih beberapa penghargaan, termasuk EuroLeague Final Four MVP.

Vasilije Micic melakukannya pada 2021 dan 2022 ketika membawa Anadolu Efes menjadi juara EuroLeague. Hal ini cukup wajar karena Micic sedang berada pada masa terbaiknya. Khusus pada 2021, Micic sukses mengawinkan penghargaan EuroLeague Final Four MVP dengan EuroLeague MVP.

2. Will Clyburn (2019)

5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! Will Clyburn (euroleaguebasketball.net)

Akibat pandemik COVID-19, EuroLeague Final Four MVP 2020 ditiadakan. Oleh karena itu, nama selanjutnya beranjak ke tahun 2019  yang dimenangi oleh Will Clyburn. Kala itu, pemain asal Amerika Serikat ini berhasil membawa CSKA Moscow menjadi juara 

Bermain sangat apik di bawah rim, Will Clyburn tampil beringas. Ia membawa CSKA Moscow menang atas Anadolu Efes dengan skor 91-83 pada babak final. Pada tahun yang sama, penghargaan EuroLeague MVP dimenangi oleh Jan Vesely dari Fenerbahce.

Baca Juga: 5 Pebasket yang Meraih EuroLeague MVP of the Month 2022/2023

3. Luka Doncic (2018)

5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! Luka Doncic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Pada 2018, Luka Doncic masuk ke NBA dengan reputasi sebagai pemain bintang. Ia menjadi tulang punggung utama Real Madrid ketika menjadi juara EuroLeague 2018. Momen tersebut tampaknya sulit untuk dilupakan oleh pemain asal Slovenia ini.

Selain karena membawa Real Madrid juara, Doncic pun mampu mengawinkan penghargaan EuroLeague MVP dan EuroLeague Final MVP 2018. Sejak itu, populaaritas Doncic sebagai pemain muda berbakat makin melesat. Tak heran jika Luka Doncic bisa terpilih di urutan ke-3 pada NBA Draft 2018 dan menjadi bintang Dallas Mavericks saat ini.

4. Ekpe Udoh (2017)

5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! Ekpe Udoh (kanan) (virtus.it)

Ekpe Udoh sempat bermain di NBA bersama beberapa tim sebelum bermain di EuroLeague bersama Fenerbahce (2015—2017). Dari 2 tahun pengabdiannya, Ekpe Udoh bisa mempersembahkan gelar juara EuroLeague pada 2017. Pada tahun yang sama, ia pun terpilih sebagai EuroLeague Final Four MVP.

Ekpe Udoh memang tampil sangat disiplin pada 2017. Ia menjadi rebounding leader dan terpilih masuk All-EuroLeague First Team. Ketika memasuki final, Ekpe Udoh menunjukkan kualitasnya dengan membawa Fenerbahce menang atas Olympiacos Pireus. Karena itulah Ekpe Udoh bisa kembali ke NBA untuk 2017/2018 bersama Utah Jazz.

5. Nando De Colo (2016)

5 Pemain Terakhir yang Meraih EuroLeague Final Four MVP, Ada Doncic! Nando de Colo (euroleaguebasketball.net)

CSKA Moscow juga juara pada EuroLeague 2015/2016. Untuk edisi kali ini, Nando De Colo muncul sebagai pahlawan kemenangan tim asal Rusia tersebut. Hal ini terbukti dengan permainan hebat yang berbuah penghargaan EuroLeague FInal Four MVP 2016.

Pada babak final, Nando De Colo sangat aktif dalam menyumbang assist dan mencetak angka. Tak heran jika ia menjadi MVP kala CSKA Moscow menaklukkan Fenerbahce pada babak final. Uniknya, Nando De Colo justru pindah ke Fenerbahce setelah hengkang dari CSKA Moscow pada 2019.

EuroLeague 2022/2023 sebentar lagi memasuki babak semifinal. Olympiacos Pireus telah menunggu pemenang antara AS Monaco dan Maccabi Tel Aviv di bagan sebelah kanan. Sedangkan, Barcelona Basquet telah bersiap menunggu pemenang antara Real Madrid Baloncesto dan Partizan Belgrade di sebelah kiri.

Baca Juga: 6 Pemenang EuroLeague Rising Star yang Bermain di Tim NBA 2022/2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya