Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  

#ANGPOIN Pengalaman menjadi faktor pembeda 

Selain kualitas dan ketahanan fisik, pengalaman serta jam terbang juga menjadi faktor lain pesepak bola dapat bertahan di sebuah tim. Pemain yang kaya dengan pengalaman memang sangatlah identik dengan pemain tua dan sudah berumur.

Hal tersebut juga terjadi di ajang Copa America yang saat ini sedang digelar di Brazil. Beberapa pemain veteran akhirnya tergabung di negaranya masing-masing guna membimbing dan membantu rekan-rekan setimnya.

Lantas siapa sajakah pesepak bola tertua yang berlaga di gelaran Copa America 2021? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Claudio Bravo

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  Claudio Bravo (chile.as.com)

Mantan kiper Barcelona dan Manchester City, Claudio Bravo menjadi pemain tertua yang mentas di gelaran Copa America 2021. Bravo merupakan satu-satunya pemain yang telah menginjak usia 38 tahun di Copa America 2021.

Walaupun umurnya tak lagi muda, namun Claudio Bravo masih dipercaya untuk menjadi kiper utama dari tim nasional Chile. Kemampuan serta pengalamannya juga menjadi alasan Ia masih dipercaya untuk menjadi kiper utama dan menjadi kapten di skuad La Roja.

2. Antony Silva

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  Anthony Silva (radiohuancavilca.com.ec)

Kiper lain yang juga menjadi pemain tertua di Copa America ialah kiper timnas Paraguay, yakni Antony Silva. Pemain yang lahir pada 27 Februari 1984 ini merupakan kiper utama dari FC Puebla yang di musim sebelumnya finish di peringkat ketiga di Liga Clausura Mexico.

Hingga saat ini, Antony Silva baru mebukukan 30 caps bersama timnas Paraguay. Torehan tersebut sebetulnya cukup sedikit bagi kiper senior yang diandalkan di sebuah tim, seperti Antony Silva.

Namun di Copa America tahun ini, Antony Silva memiliki kesempatan besar untuk meningkatkan torehannya tersebut. Pasalnya, Silva berstatus sebagai kiper inti dari tim Paraguay hingga babak 8 besar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Tampil Menjanjikan di Copa America 2021 Sejauh Ini

3. Thiago Silva

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  Thiago Silva (fifa.com)

Sempat tak dipanggil timnas Brazil di beberapa laga kualifikasi Piala Dunia dan laga ujicoba, Thiago Silva akhirnya bisa kembali bergabung dengan skuad Selecao untuk Copa America 2021. Keberhasilannya membawa Chelsea sebagai juara Champions League menjadi faktor utama Ia kembali lagi dipanggil oleh coach Tite.

Thiago Silva menjadi pemain tertua yang ada di skuad Brazil, sekaligus menjadi pemain tertua ketiga di ajang Copa America saat ini. Thiago Silva yang lahir pada 22 September 1984 dipercaya oleh Tite untuk menjadi pembimbing dari rekan setimnya yang memiliki rataan umur dibawah 30 tahun.  

4. Juan Carlos Arce

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  Juan Carlos Arce (la-razon.com)

Walaupun tampil mengecewakan di musim 2020/2021, namun timnas Bolivia memutuskan untuk tetap memanggil Juan Carlos Arce ke Copa America. Keputusan ini diambil karena timnas Bolivia membutuhkan pemain yang serba bisa dan kenyang pengalaman.

Arce sejatinya merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah. Namun dalam beberapa kesempatan Ia mampu bermain di banyak posisi, termasuk untuk menjadi winger dan gelandang. Hingga kini, pemain yang lahir pada 10 April 1985 ini telah mengoleksi 12 gol dari 75 capsnya bersama timnas Bolivia

5. Christian Noboa

5 Pemain Tertua yang Berlaga di Turnamen Copa America 2021  Christian Noboa (alchetron.com)

Sama seperti dua nama sebelumnya, gelandang timnas Ekuador, Christian Noboa juga telah menginjak usia 36 tahun. Christian Noboa merupakan pemain Amerika Latin yang paling sukses berkarier di Liga Rusia. Sejak datang di tahun 2009, Noboa telah memperkuat 5 klub berbeda dan berhasil menjadi juara liga sebanyak 3 kali.

Musim ini Ia bermain luar biasa bersama FC Sochi dengan torehan 12 gol dan 7 assists dari 25 pertandingan. Torehan ini juga merupakan pencapaian terbaik selama ia berkarier di sepak bola. Dengan catatan tersebut, tak lagi diragukan jika Noboa sangat pantas untuk mengisi satu slot di skuad timnas Ekuador di Copa America tahun ini.

Itulah 5 pemain tertua yang akan berlaga di gelaran Piala Eropa 2020 di tahun ini.  Adakah pemain favoritmu?

 

 

Baca Juga: 5 Pemain dan Pelatih yang Memiliki Hubungan Terbaik dalam Sepak Bola

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya