7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhir

Hasil dari kerja keras

Bermain di NBA menjadi sebuah impian bagi setiap pebasket profesional. Salah satu cara memasuki NBA di usia muda adalah melalui NBA Draft. Setiap tahunnya, penyelenggara NBA selalu mengadakan acara NBA Draft untuk memberikan kesempatan bagi setiap tim peserta NBA untuk memilih bakat terbaik untuk menjadi opsi pemain baru di skuad mereka.

Para pemain yang mengikuti NBA Draft adalah pemain yang sudah diseleksi dari ribuan pebasket yang berasal dari liga universitas di Amerika Serikat ataupun kompetisi basket profesional dari luar Amerika Serikat. Di acara inilah bakat-bakat baru NBA muncul setiap tahunnya.

Namun, tidak semua pemain yang sudah masuk seleksi NBA dapat dipastikan terpilih oleh tim-tim NBA karena setiap tahunnya NBA hanya menyediakan 60 pick saja sehingga para pemain yang tidak terpilih atau undrafted oleh tim di NBA terpaksa harus berstatus sebagai free agent.

Walaupun demikian, menjadi pemain undrafted bukanlah menjadi akhir dari karier seorang pebasket profesional. Justru banyak pebasket hebat NBA yang malah undrafted di gelaran NBA Draft. Lantas, siapa sajakah pemain undrafted terbaik dalam 5 edisi terakhir NBA Draft? Berikut kami sajikan daftarnya!

1. Christian Wood

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirthedreamshake.com/gettyimages

Nama pertama dalam daftar ini adalah alumni tim UNLV Running Rebels, Christian Wood. Kala itu Wood gagal terpilih di NBA Draft 2015. Penampilan hebatnya kala bermain di Summer League membuat Philadelpia 76ers akhirnya kepincut untuk merekrutnya.

Beberapa tahun Wood harus jatuh bangun dalam kariernya dengan pindah ke beberapa tim, termasuk tim di G-League. Salah satu hal yang paling menyakitkan dalam karier Wood ialah kala dirinya harus di-waive oleh tim New Orleans Pelicans pada tahun 2019 untuk menyisakan satu slot bagi pemain veteran yang akan bergabung ke tim tersebut.

Setelah dilepas oleh Pelicans, Christian Wood akhirnya bergabung dengan Detroit Pistons. Di sinilah ia berhasil mendapatkan kembali performa terbaiknya dan menjadi salah pemain andalan di tim tersebut. Di musim ini ia pindah ke Houston Rockets dan menjadi salah satu pemain kunci dari tim asal Texas tersebut.

2. Alex Caruso

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirsbsun.com

Pemain kesayangan fans LA Lakers saat ini, Alex Caruso, ternyata gagal terpilih di NBA Draft tahun 2016. Setelah gagal terpilih, Alex Caruso akhirnya dikontrak oleh Oklahoma City Blue yang berada di G-League.

Pemain berjuluk The Bald Eagle ini akhirnya bergabung dengan LA Lakers pada tahun 2017. Namun, di awal kedatangannya, Caruso lebih banyak dimainkan di G-League bersama tim South Bays Lakers. Barulah pada tahun 2019 Caruso secara konsisten tampil di skuad utama Lakers.

Pada tahun 2020, Alex Caruso menjadi salah satu pemain andalan di posisi point guard LA Lakers. Dengan kontribusinya tersebut, Caruso akhirnya bisa membawa Lakers menjadi juara NBA musim 2019/2020.

Baca Juga: 5 Rookie Terbaik NBA yang Memimpin Catatan Impresif di Musim 2020/21

3. Derrick Jones Jr.

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirthesportsrush.com

Nama selanjutnya adalah Derrick Jones Jr. yang menjadi juara NBA Slam Dunk Contest tahun 2020. Pada gelaran NBA Draft tahun 2016, Jones gagal terpilih oleh tim mana pun. Namun. Pheonix Suns akhirnya merekrutnya dengan two ways contract yang membuat dirinya harus bermain di tim Northern Arizona Suns di ajang G-League.

Pada tahun 2017, Jones akhirnya pindah ke Miami Heat. Walaupun berada di bawah bayang-bayang Jimmy Butler, Jones punya peran penting di skuad Miami Heat. Ia berhasil membawa Miami Heat menjadi runner-up NBA tahun 2020. Di musim ini, Derrick Jones Jr. bergabung dengan Portland Trail Blazers dan sedang berjuang untuk menembus babak playoff NBA.

4. Fred VanVleet

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirsportsnet.ca

Jika ditanya siapa pemain undrafted terbaik dalam 5 edisi terakhir, sepertinya seorang Fred VanVleet adalah jawabannya. VanVleet gagal terpilih di gelaran NBA Draft tahun 2016. Namun, penampilan mengesankannya di Summer League membuat Toronto Raptors akhirnya tertarik untuk merekrutnya pada tahun yang sama.

Di awal kedatangannya, VanVleet berstatus sebagai pemain two ways yang membuat dirinya lebih banyak bermain di G-League daripada bermain di kompetisi NBA. Karena kerja kerasnya, akhirnya VanVleet kembali ditarik ke tim utama Toronto Raptors.

Fred VanVleet menjadi salah satu aktor Raptors dalam menjuarai NBA tahun 2019. Penampilan hebatnya dalam meredam ketajaman Stephen Curry di final dan keefektifannya dalam mencetak tembakan 3 poin menjadi salah satu kunci kemenangan Toronto Raptors di tahun tersebut. Kini VanVleet telah menjadi pemain andalan Raptors, sekaligus menjadi salah satu pemain dengan gaji termahal di tim asal Kanada tersebut.

5. Chris Boucher

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirraptorsrepublic.com

Rekan setim Fred VanVleet di Toronto Raptors, Chris Boucher, juga menjadi salah satu pemain undrafted terbaik yang kini bermain di NBA. Pemain berkebangsaan Kanada ini gagal terpilih di NBA Draft tahun 2017. Namun, Golden State Warriors akhirnya merekrutnya dengan status two ways contract.

Walaupun berstatus two ways, Boucher juga sering tampil di tim utama Golden State Warriors. Di musim tersebut, Boucher berhasil membantu Golden State Warriors untuk menjadi juara NBA tahun 2017 sebelum pindah ke Raptors setahun berselang.

Bersama Raptors, Chris Boucher kembali berhasil menjuarai NBA tahun 2019. Musim ini Chris Boucher menjadi andalan Nick Nurse di posisi center, menyusul kepergian Serge Ibaka dan Marc Gasol di awal musim dari Toronto Raptors.

6. Kendrick Nunn

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirdetroitnews.com

Tidak terpilih di gelaran NBA Draft tahun 2018 bukan akhir dari karier seorang Kendrick Nunn. Sempat bermain di G-League bersama Santa Cruz Warriors pada musim 2018/2019, Nunn akhirnya bergabung dengan Miami Heat dengan status debutan atau rookie pada tahun 2019.

Bersama Miami Heat, Nunn berhasil tampil impresif dan membawa Miami melaju ke babak final NBA sebelum akhirnya dikalahkan LA Lakers pada tahun 2019. Pengaruh besarnya terhadap tim dengan penampilan ciamiknya di tahun tersebut juga berhasil menjadikannya sebagai runner-up Rookie of The Year tahun 2020.

7. Duncan Robinson

7 Pemain Undrafted Terbaik dalam 5 Edisi NBA Draft Terakhirtheathletic.com/gettyimages

Sama seperti Kendrick Nunn, Duncan Robinson juga merupakan alumni G-League yang gagal terpilih di NBA Draft tahun 2018. Sejak tahun 2019, Duncan mulai bermain secara reguler di roster utama tim Miami Heat.

Duncan berhasil menjadi shooter andalan bagi Miami Heat bersama dua pemain muda lain, yakni Tyler Herro dan Kendrick Nunn. Ketiganya berhasil bahu membahu menjadi elemen penting di posisi backcourts tim Miami Heat dalam mencapai keberhasilannya untuk menyentuh babak final NBA musim lalu.

 

Itulah 7 pemain undrafted terbaik dalam 5 edisi terakhir NBA Draft. Walaupun tidak terpilih dalam NBA Draft, hal tersebut bukanlah akhir bagi seorang pebasket profesional. Dengan kerja keras dan kegigihan, para pemain ini akhirnya bisa bangkit dan sukses seperti sekarang. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 10 Pebasket NBA dengan Steals Terbanyak Sepanjang Sejarah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya