5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022

Rudy Fernandez mengakhiri kariernya dengan gelar juara

Turnamen besar sering menjadi momen perpisahan yang indah bagi seorang atlet, termasuk para pemain basket profesional. Hal tersebut juga terjadi pada beberapa pemain yang pensiun setelah EuroBasket 2022.

Terdapat lima pemain yang pensiun dari timnas usai EuroBasket 2022. Siapa sajakah mereka? Mari simak ulasan berikut ini!

1. Worthy de Jong

5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022Worthy de Jong (fiba.basketball)

Worthy de Jong jadi pemain yang resmi pensiun pertama kali usai EuroBasket 2022. Tulang punggung Timnas Belanda ini pensiun pada usia 34 tahun setelah pertandingan kontra Finlandia pada babak penyisihan Grup D.

Worthy de Jong pensiun lebih cepat dari pemain lain karena Belanda tersingkir sejak penyisihan grup. Selama berkarier untuk negaranya, de Jong sukses melakoni 117 laga. Torehan tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan jumlah laga terbanyak ke-13 untuk Timnas Belanda.

2. Petteri Koponen

5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022Petteri Kopponen tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sebelum Lauri Markkanen, Petteri Koponen menjadi ikon bagi Timnas Finlandia. Pemain berposisi point guard ini menjadi pemain basket Finlandia pertama yang ikut NBA Draft.

Setelah membela Timnas Finlandia sejak 2007, Koponen akhirnya pensiun. Kebetulan Finlandia kalah pada babak delapan besar kontra Spanyol. Koponen yang pensiun pada usia 34 tahun ini memilih untuk fokus melanjutkan kariernya di level klub.

Baca Juga: Mengenal Willy Hernangomez, MVP EuroBasket 2022

3. Shawn Huff

5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022Shawn Huff (fiba.basketball)

Finlandia juga kehilangan legenda bola basket lain bersamaan dengan pensiunnya Petteri Koponen. Dia adalah Shawn Huff, small forward yang memilih untuk fokus membela Helsinki Seagulls.

Huff pensiun bersamaan dengan Petteri Koponen. Namun, Huff pensiun pada usia yang lebih tua, yakni 38 tahun. Selama EuroBasket 2022, Huff cukup diandalkan dengan menit bermain di atas rata-rata pemain Finlandia.

4. Bojan Bogdanovic

5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022Bojan Bogdanovic tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Sebelum turnamen EuroBasket 2022, Bojan Bogdanovic telah mengungkapkan keinginannya untuk pensiun dari Timnas Kroasia. Sama seperti kebanyakan nama dalam daftar ini, Bogdanovic juga memilih fokus dengan kariernya di klub.

Bojan Bogdanovic menjalani pertandingan terakhirnya bersama Kroasia pada babak enam belas besar EuroBasket 2022. Mereka kalah dari Finlandia dengan skor 86-94. Bogdanovic sendiri telah membela Kroasia sejak 2010.

5. Rudy Fernandez

5 Pemain yang Pensiun dari Timnas Usai EuroBasket 2022Rudy Fernandez tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Kapten Timnas Spanyol, Rudy Fernandez, sukses menciptakan perpisahan yang indah dalam karier internasionalnya. Fernandez berniat pensiun pada 2022 sejak 2020.

Rudy Fernandez telah membela Timnas Spanyol sejak 2004. Ia sukses mendapatkan banyak gelar juara, termasuk gelar juara EuroBasket 2022. Pemain Real Madrid Baloncesto ini pensiun dari bola basket internasional pada usia 37 tahun.

Meski telah memutuskan untuk pensiun dari timnas, para pemain ini belum resmi pensiun dari keseluruhan karier basketnya. Mereka memilih untuk fokus di tim yang saat ini mereka bela.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mengisi All-Star Five EuroBasket 2022

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya