Comscore Tracker

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhir

Siapa yang terbaik?

Setiap musimnya NBA selalu menghadirkan beberapa penghargaan individu untuk para pelaku basket NBA. Satu-satunya penghargaan yang ditujukan untuk seorang pelatih ialah NBA Coach of the Year yang diberikan pada pelatih terbaik musim tersebut.

Gregg Popovich, Don Nelson, dan Pat Riley masih menjadi pelatih dengan raihan gelar Coach of the Year terbanyak di NBA hingga saat ini dengan jumlah masing-masing 3 gelar. Lantas, siapa sajakah pelatih yang berhasil memenangkan gelar NBA Coach of the Year dalam 5 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. Steve Kerr (2016)

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhirinc.com

Gelaran NBA 2016 merupakan salah satu yang terbaik bagi Golden State Warriors. Di musim tersebut, Warriors berhasil mencetak sejarah dengan mencatatkan kemenangan terbaik di regular season dengan torehan 73 kemenangan dari 82 pertandingan.

Salah satu dalang di balik kesuksesan Warriors di musim tersebut adalah pelatih mereka, Steve Kerr. Dengan didukung para pemain hebat, seperti Kevin Durant, Stephen Curry, dan Klay Thompson, Steve Kerr mampu berjaya di tahun tersebut sekaligus mengantarkan Golden State Warriors menjuarai Western Conference.

Dengan performa hebat Warriors kala itu, Steve Kerr dianugrahi gelar NBA Coach of the Year untuk pertama kalinya sejak memulai karier kepelatihan di tahun 2014. Namun, sayang di akhir musim kesempurnaan Warriors dan Steve Kerr harus sedikit berkurang karena mereka gagal menjadi juara setelah dikalahkan Cleveland Cavaliers di laga final.

Baca Juga: 10 Pencetak Poin Terbanyak bagi Los Angeles Lakers di NBA, Legendaris

2. Mike D’Antoni (2017)

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhirthesportsrush.com

Sebelum melatih Houston Rockets, Mike D’Antoni merupakan pelatih yang sudah kenyang pengalaman. Total ada 7 tim yang sudah ia latih sebelum bergabung dengan Houston Rockets di tahun 2016. Dengan pengalamannya tersebut, Mike D’Antoni tidak perlu waktu yang lama untuk mengubah tim asal Texas ini.

Dengan taktik small ball-nya, Mike D’Antoni berhasil membawa Houston Rockets finish di posisi ketiga Western Conference dengan torehan 55 kemenangan dari 82 laga di tahun keduanya melatih. Dengan torehan tersebut, Mike D’Antoni dianugrahi gelar NBA Coach of the Year tahun 2017 karena keberhasilannya dalam meningkatkan performa Houston Rockets secara instan. Namun, di babak playoff, mereka harus kalah di babak semifinal conference oleh San Antonio Spurs dengan skor 4-2.

3. Dwane Casey (2018)

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhirthestar.com

Setelah 7 musim melatih Toronto Raptors, Dwane Casey akhirnya dapat meraih gelar NBA Coach of the Year pertamanya. Pada tahun 2018, Casey berhasil membawa Raptors menjadi juara di Eastern Conference dengan torehan 59 kemenangan dari 82 laga.

Namun, di babak playoff Casey dan Raptors harus kalah dari Cleveland Cavaliers di babak Conference semifinal dengan skor 4-0. Pada tahun tersebut jugalah, kerja sama Dwane Casey bersama Raptors berakhir karena di tahun berikutnya Casey sudah resmi menukangi Detroit Pistons.

4. Mike Budenholzer (2019) 

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhircbssports.com

Pengalaman 17 tahun menjadi asisten dari Gregg Popovich di San Antonio Spurs menjadikan Mike Budenholzer sebagai seorang pelatih yang hebat. Sebelum bergabung bersama Milwaukee Bucks tahun 2018, Mike sudah pernah memenangkan NBA Coach of The Year bersama Atlanta Hawks tahun 2015.

Pada tahun 2019 Mike Budenholzer akhirnya berhasil meraih gelar keduanya sebagai NBA Coach of The Year bersama Milwaukee Bucks. Kehebatan Mike dalam mengombinasikan pemain dan mengeksploitasi kehebatan Giannis Antetokounmpo dinilai sebagai kekuatannya kala itu.

Pada tahun tersebut Mike berhasil membawa Bucks finish di posisi pertama Eastern Conference dengan torehan 60 kemenangan. Namun, di babak playoff, Mike dan Milwaukee Bucks harus kalah di babak Confernce Finals oleh Toronto Raptors yang menjadi juara musim tersebut.

5. Nick Nurse (2020) 

5 Pelatih yang Memenangkan NBA Coach of the Year 5 Tahun Terakhirtsn.ca/The Canadian Press

Semusim setelah membawa Toronto Raptors menjuarai NBA, Nick Nurse akhirnya terpilih sebagai NBA Coach of The Year. Sebelum melatih Raptors, Nurse tidak pernah sekali pun melatih tim NBA. Ia lebih banyak melatih tim-tim bola basket di Eropa dan tim di G-League.

Dengan catatan 53 kemenangan dari 82 pertandingan, Nick Nurse berhasil membawa Raptors menjadi runner-up di Eastern Conference. Namun, sayang di tahun 2020 Nurse justru gagal membawa Raptors menjadi juara karena di babak Conference Semifinals Raptors harus kalah dari Boston Celtics dengan skor tipis 4-3.

 

Itulah 5 pelatih yang memenangkan gelar NBA Coach of the Year dalam 5 tahun terakhir. Dengan performa Utah Jazz yang mengejutkan musim ini, akankah Quinn Snyder menjadi nama berikutnya? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 10 Pelatih NBA dengan Jumlah Pertandingan Terbanyak Sepanjang Sejarah

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya