Comscore Tracker

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhir

Deretan defender kelas atas

Penghargaan NBA Defensive Player of the Year atau yang biasa disingkat NBA DPOY merupakan penghargaan individu yang diberikan bagi pebasket yang memiliki kemampuan bertahan terbaik dalam semusim. Beberapa indikator penilaian, seperti rataan steals, blocks, dan rebounds sering kali menjadi aspek yang paling diperhatikan dalam memilih pemenang dalam penghargaan ini.

Sejak dimulai pada tahun 1983, Dikembe Mutombe dan Ben Wallace masih menjadi pebasket dengan jumlah gelar terbanyak dengan raihan masing-masing 4 gelar. Lantas, siapa sajakah pebasket yang berhasil memenangkan penghargaan NBA Defensive Player of the Year dalam 5 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. Kawhi Leonard (2016)

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhirforbes.com/gettyimages

Setelah berhasil meraih gelar NBA Defensive Player of the Year di musim sebelumnya, Kawhi Leonard kembali berhasil meraihnya pada tahun 2016. Kawhi Leonard yang kala itu membela San Antonio Spurs memang dikenal sebagai pemain yang sangat andal dalam bertahan.

Jika diperhatikan secara lebih cermat, ukuran tangan Kawhi memang lebih besar ketimbang para pemain NBA pada umumnya sehingga Kawhi Leonard mudah untuk melakukan steals yang banyak setiap tahunnya. Dengan rataan 6,8 RPG, 1,8 SPG, dan 1 BPG pada tahun 2016, Kawhi Leonard layak untuk meraih gelar NBA DPOY keduanya selama berkarier di NBA.

2. Draymond Green (2017)

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhirbasketballforever.com

Tahun 2017 menjadi tahun yang indah bagi seorang Draymond Green. Selain berhasil membawa Golden State Warriors juara, Draymond Green juga berhasil meraih gelar individu pertamanya, yakni sebagai NBA Defensive Player of the Year.

Di musim tersebut, Green berhasil mencatatkan rataan 7,9 RPG, 2 SPG, dan 1,4 BPG yang juga menjadikannya sebagai NBA steals leader tahun 2017. Dengan torehan tersebut, Green berhasil menyingkirkan Kawhi Leonard dan Rudy Gobert yang menjadi kandidat terkuat selain dirinya.

Baca Juga: Mengulas Sistem Babak Play-In di NBA 2020/21

3. Rudy Gobert (2018)

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhirinstagram.com/rudygobert27

Setelah hanya puas menjadi runner-up pada tahun 2017, Rudy Gobert akhirnya berhasil meraih penghargaan NBA DPOY pertamanya pada tahun 2018. Penampilan Gobert yang impresif dengan kemampuan blok yang luar biasa membuatnya dianggap sebagai defender terbaik yang pernah berlaga di NBA.

Pada musim 2017/2018, Gobert berhasil menorehkan 10,7 RPG, 0,8 SPG, dan 2,3 BPG yang membuatnya unggul jauh dengan persentase voting 89 persen dari pesaing terdekatnya, Joel Embiid dan Anthony Davis.

4. Rudy Gobert (2019)

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhirinstagram.com/rudygobert27

Lagi-lagi Rudy Gobert berhasil mengukuhkan dirinya sebagai salah satu defender terbaik di NBA. Gelar NBA Defensive Player of the Year berhasil kembali ia raih pada tahun 2019 dengan catatan 12,9 RPG, 0,8 SPG, dan 2,3 BPG.

Dalam hasil voting, Rudy Gobert berhasil meraih 65 persen suara dan berhasil mengungguli Giannis Antekounmpo serta Paul George yang berada di posisi kedua dan ketiga. Dengan torehan ini pula Rudy Gobert berhasil menyamai rekor pendahulunya di Utah Jazz, yakni Mark Eaton yang berhasil meraih 2 kali penghargaan NBA DPOY tahun 1985 dan 1989.

5. Giannis Antetokounmpo (2020)

5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhirnj.com

Penghargaan NBA Defensive Player of the Year akhirnya menjadi milik Giannis Antetokounmpo pada tahun 2020. Pada musim tersebut, Giannis berhasil mengungguli Anthony Davis dan Rudy Gobert dengan raihan 75 persen suara.

Gelar tersebut juga menjadi penyempurna gelar individu yang berhasil Giannis raih. Di tahun tersebut, secara bersamaan, Giannis berhasil meraih gelar NBA MVP yang menjadi gelar individu paling bergengsi bagi pebasket NBA.

 

Itulah 5 pemenang penghargaan NBA Defensive Player of the Year dalam 5 tahun terakhir. Musim ini persaingan menuju NBA Defensive Player of the Year semakin ketat. Beberapa nama seperti Ben Simmons, Rudy Gobert, Myles Turner, dan T.J. McConnell menjadi kandidat terkuat untuk bisa meraih penghargaan ini. Menurutmu siapakah yang akan mendapatkannya?

Baca Juga: Fakta Giannis, Peraih MVP di NBA yang Pernah Menjadi Pedagang Asongan

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya