Comscore Tracker

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhir

Pemain dengan peningkatan level yang signifikan

Penghargaan NBA Most Improved Player merupakan penghargaan yang diberikan bagi seorang pemain yang mengalami peningkatan kualitas yang signifikan pada musim tersebut. Sejak dimenangkan oleh Alvin Robertson musim 1986, tidak pernah ada sekali pun pemain yang mendapatkan gelar ini sebanyak 2 kali atau lebih.

Lantas, siapa sajakah pebasket yang berhasil memenangkan gelar NBA Most Improved Player dalam 5 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. CJ McCollum (2016)

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhirnypost.com/gettyimages

Penghargaan NBA Most Improved Player tahun 2016 adalah milik CJ McCollum. Pada musim tersebut, McCollum berhasil tampil sangat menonjol dengan torehan 20,8 PPG, 3,2 RPG, dan 4,3 APG. Tahun tersebut merupakan tahun ketiganya berada di NBA sejak di-draft pada tahun 2013 di urutan kesepuluh.

Sebagai perbandingan, pada musim 2015, CJ McCollum hanya mampu mencetak rataan 6,8 PPG, 1,5 RPG, dan 1 APG. Hal ini tentu saja menjadi peningkatan yang sangat signifikan bagi karier McCollum. Sejak musim tersebut, McCollum sudah dianggap sebagai tandem yang cukup sepadan untuk menemani seorang Damian Lillard di Portland Trail Blazers.

2. Giannis Antetokounmpo (2017)

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhirnj.com

Sebelum dikenal sebagai pemain berkaliber bintang seperti sekarang, Giannis Antetokounmpo dulunya hanya seorang pemain biasa yang tidak diunggulkan. Di musim 2016, rataan statistik Giannis bisa dibilang biasa saja, yakni 16,9 PPG, 7,7 RPG, dan 4,3 APG.

Namun, pada musim 2017, torehannya benar-benar meningkat. Pemain berjuluk The Greek Freak ini berhasil menorehkan 22,9 PPG, 8,8 RPG, dan 5,4 APG serta berhasil meraih penghargaan NBA Most Improved Player. Sejak tahun itulah peningkatan performa Giannis semakin menggila.

Sejak tahun 2017, ia tidak pernah absen sekali pun dari gelaran NBA All-Star Game dan rataan poinnya selalu di atas angka 20. Tidak hanya itu, raihan 2 gelar NBA MVP musim 2019 dan 2020 berhasil menjadi bukti dari peningkatan karier yang konsisten dari pemain andalan Timnas Yunani dan Milwaukee Bucks ini.

Baca Juga: Eastern Conference NBA Ketat, Kejutan Bisa Terjadi

3. Victor Oladipo (2018)

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhirthescore.com

Victor Oladipo merupakan pemain yang di-draft di urutan kedua pada gelaran NBA Draft tahun 2013. Sejak di-draft, performa statistiknya hanya stuck di rataan pemain NBA pada umumnya. Selain itu, ia juga sering dibekap cedera yang jelas mengganggu penampilannya di lapangan.

Namun, pada tahun 2018, Victor Oladipo membuktikan bahwa dirinya pantas untuk di-draft di urutan kedua kala itu. Pada musim 2018, Oladipo yang baru pindah ke Indiana Pacers seakan-akan mendapatkan energi baru untuk tampil beringas. Dengan rataan 23,1 PPG, 5,2 RPG, dan 4,3 APG, Oladipo berhasil meraih gelar NBA Most Improved Player tahun 2018.

4. Pascal Siakam (2019)

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhirsportsnet.ca

Sebenarnya, tidak akan ada yang menyangka bahwa seorang pemuda asal Kamerun bernama Pascal Siakam akan sehebat dan sedominan sekarang. Musim 2018/2019 menjadi titik balik dari kehebatan pemain yang berposisi sebagai power forward ini.

Di musim tersebut, ia berhasil mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan rataan 15,2 PPG, 6,9 RPG, dan 2,8 APG, Pascal Siakam mampu tampil hebat dan menjadi salah satu aktor penting kala Toronto Raptors menjuarai NBA tahun 2019. Pada musim tersebut juga, Pascal Siakam dinobatkan sebagai NBA Most Improved Player.

5. Brandon Ingram (2020)

5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhirthesportsrush.com

Persaingan dalam meraih NBA Most Improved Player tahun 2020 benar-benar ketat. Nama-nama besar seperti Luka Doncic, Trae Young, Brandon Ingram, hingga Bam Adebayo ada dalam daftar ini.

Namun, gelar NBA Most Improved Player 2020 akhirnya dimenangkan oleh Brandon Ingram yang berhasil mencatatkan rataan 25,9 PPG, 7,4 RPG, dan 4 APG pada musim tersebut. Hal ini sangat beralasan karena di musim sebelumnya Brandon Ingram hanya mampu mencetak 18,3 PPG, 5,1 RPG, dan 3 APG pada saat berseragam LA Lakers. Di musim tersebut juga untuk pertama kalinya Ingram terpilih sebagai bagian dari NBA All-Star Game.

 

Itulah 5 pebasket yang berhasil memenangkan penghargaan NBA Most Improved Player dalam 5 tahun terakhir. Menurutmu, siapakah yang akan meraihnya tahun ini?

Baca Juga: Resep dari Para Legenda NBA untuk Hentikan Luka Doncic

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya