Comscore Tracker

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhir

Siapa yang terbaik?

Penghargaan NBA Rookie of the Year merupakan sebuah penghargaan yang diberikan bagi pebasket rookie atau pendatang baru yang memiliki performa terbaik dalam semusim. Penghargaan ini biasanya dimenangkan oleh pemain berusia muda walaupun tidak menutup kemungkinan pemain usia tua dapat juga memenangkannya, tetapi dengan catatan pemain tersebut baru pertama kali berlaga di NBA.

Tidak seperti penghargaan lain yang bisa dimenangkan berkali-kali, penghargaan ini justru hanya bisa dimenangkan sekali melalui satu kali kesempatan, yakni pada tahun pertama. Lantas, siapa sajakah pebasket yang berhasil memenangkan penghargaan NBA Rookie of the Year dalam 5 tahun terakhir? Berikut kami sajikan daftar lengkapnya, check this out!

1. Karl-Anthony Towns (2016) 

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhirchatsports.com

NBA Rookie of the Year tahun 2016 menjadi milik pemain Minnesota Timberwolves asal Republik Dominika, Karl-Anthony Towns. Pemain yang berposisi sebagai center ini merupakan draft pertama pada gelaran NBA Draft tahun 2015.

Performanya sebagai rookie sangatlah membuktikan bahwa dirinya pantas di-draft di urutan pertama. Dengan rataan 18,3 PPG, 10,5 RPG, dan 2 APG, Karl-Anthony Towns berhasil memborong penghargaan NBA Rookies of the Months selama 6 bulan berturut-turut di Western Conference sebelum akhirnya dinobatkan sebagai NBA Rookie of the Year di akhir regular season 2016.

2. Malcolm Brogdon (2017) 

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhirbehindthebuckpass.com

Pada musim 2016/2017, secara mengejutkan, NBA menobatkan Malcolm Brogdon sebagai pemenang NBA Rookie of the Year 2017. Padahal, di tahun tersebut Brogdon tidak pernah sekali pun meraih penghargaan Rookie of the Month.

Dengan persaingan yang sangat ketat, Malcolm Brogdon akhirnya mampu melampaui Joel Embiid dan Dario Saric yang berada di posisi terdekat. Walaupun secara statistik Malcolm Brogdon kalah saing dari dua nama tersebut, perannya sebagai pemain kunci di tim Milwaukee Bucks berhasil membawanya meraih gelar NBA Rookie of the Year 2017.

Ada sebuah fakta menarik dari kemenangan Brogdon tersebut. Malcolm Brogdon menjadi satu-satunya pemain yang di-draft pada second round picks dan mampu memenangkan Rookie of the Year di NBA era modern.

Baca Juga: 5 Peraih Gelar NBA Most Improved Player dalam 5 Tahun Terakhir

3. Ben Simmons (2018) 

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhircbssports.com

Setelah kegagalan dua pemain Philadelphia 76ers, Dario Saric dan Joel Embiid, dalam meraih penghargaan NBA Rookie of the Year 2017, Sixers akhirnya berhasil meraihnya di tangan Ben Simmons. Sama seperti Karl-Anthony Towns, Ben Simmons juga merupakan draft pertama pada NBA Draft tahun 2016.

Tahun 2018 seharusnya menjadi tahun kedua bagi Ben Simmons berlaga di NBA. Namun, karena alasan cedera panjang, Simmons pun baru merasakan tahun rookie-nya di NBA pada musim 2017/2018. Dengan rataan 15,8 PPG, 8,1 RPG, dan 8,2 APG, Ben Simmons akhirnya mampu meraih penghargaan NBA Rookie of the Year 2018 setelah mengalahkan Donovan Mitchell dan Jayson Tatum yang berada di posisi terdekat.

4. Luka Doncic (2019) 

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhirdallasnews.com

Setelah 4 tahun bermain bersama Real Madrid Baloncesto di Eropa, Luka Doncic akhirnya masuk ke NBA pada gelaran NBA Draft tahun 2018. Di tahun pertamanya bermain di NBA, Luka Doncic langsung tampil bersinar dan mampu meraih penghargaan NBA Rookie of the Year 2019.

Permainan impresifnya membuat Ia disebut-sebut sebagai salah satu pemain Eropa terbaik yang pernah bermain di NBA. Dengan rataan 21,2 PPG, 7,8 RPG, dan 6 APG, Luka Doncic akhirnya mampu meraih penghargaan pertamanya di NBA tersebut setelah menang tipis atas Trae Young yang ada di posisi kedua.

5. Ja Morant (2020) 

5 Peraih Penghargaan NBA Rookie of The Year dalam 5 Tahun Terakhirslamonline.com

Hingga saat ini, Ja Morant masih menjadi pemegang gelar NBA Rookie of the Year terbaru NBA. Musim lalu Ja Morant berhasil menang tipis dari Kendrick Nunn yang berada di posisi runner-up NBA Rookie of the Year 2020.

Perannya yang sangat sentral di tim Memphis Grizzlies menjadi pertimbangan mengapa akhirnya Ja Morant dinobatkan sebagai pemenang. Pick kedua NBA Draft tahun 2019 ini berhasil meraih rataan 17,8 PPG, 3,9 RPG, dan 7,3 APG yang membawanya berhasil meraih gelar tersebut.

 

Itulah 5 pebasket yang berhasil memenangkan penghargaan NBA Rookie of the Year dalam 5 tahun terakhir. Di musim ini sudah ada 3 nama yang menjadi kandidat peraih penghargaan NBA Rookie of the Year, yakni LaMelo Ball, Tyrese Haliburton, dan Anthony Edwards. Menurutmu, siapakah yang layak mendapatkannya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Penghargaan NBA DPOY dalam 5 Tahun Terakhir

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya udah di-acc. Horeee!!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya