10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBA

Pertama dan satu-satunya

Austria merupakan salah satu negara Eropa tengah yang terkenal dengan pegunungan Alpen dan wisata sejarahnya. Sepak bola, hoki es, dan ski merupakan olahraga yang paling populer dan diminati di Austria.

Sedangkan, olahraga bola basket masih kurang populer di Austria, sehingga tak heran jika timnas bola basket Austria memang jarang terdengar kiprahnya. Dalam sejarah penyelenggaraan NBA, hanya ada satu pebasket asal Austria yang pernah berlaga.

Dia adalah Jakob Poeltl, pemain basket berposisi center yang bermain untuk San Antonio Spurs. Jakob Poeltl merupakan center yang hebat, walaupun belum mencapai level bintang.

1. Jakob Poeltl lahir di Wina, Austria, pada 15 Oktober 1995. Saat ini usianya 26 tahun. Usia emas!

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBApotret Jakob Poeltl (instagram.com/jakob)

2. Jakob Poeltl terlebih dahulu bergabung dengan tim Utah Utes dari University of Utah bersama Kyle Kuzma dan Delon Wright

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl saat bermain untuk Utah Utes. (nstagram.com/jakob)

3. Dalam ajang NCAA, Jakob Poeltl mampu tampil hebat dan dianugerahi gelar Kareem Abdul-Jabbar Award 2016

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl bersama Derrick White dan Keldon Johnson. (instagram.com/jakob)

4. Menjelang NBA Draft 2016, bakat serta kemampuannya sempat dikomparasikan dengan Andrew Bogut dan Jonas Valanciunas

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl saat memblok lay up Joe Ingles. (instagram.com/jakob)

Baca Juga: 5 Pebasket NBA Terbaik yang Bernomor Punggung 2 di NBA 2021/2022

5. Pada NBA Draft 2016, Jakob Poeltl terpilih di urutan ke-9 oleh Toronto Raptors, tim yang sempat ia bela selama dua musim

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl pada ajang NBA Draft 2016 (nstagram.com/jakob)

6. Trade DeMar DeRozan dan Kawhi Leonard pada 2018 membuat Poeltl harus ikut pindah ke San Antonio Spurs

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl saat bermain untuk Toronto Raptors. (instagram.com/jakob)

7. Saat ini, ia merupakan pilihan utama pelatih Gregg Popovich untuk posisi center San Antonio Spurs

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl saat berseragam San Antonio Spurs. (instagram.com/jakob)

8. Meski belum berhasil menorehkan prestasi, Poeltl selalu menjadi andalan bagi timnas Austria

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBAJakob Poeltl saat bermain untuk timnas Austria. (fiba.basketball)

9. Poeltl merupakan pribadi yang senang bergaul. Ia dikenal memiliki hubungan bromance yang erat dengan Pascal Siakam dan Kyle Kuzma

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBApotret Jakob Poeltl bersama Pascal Siakam (instagram.com/jakob)

10. Soal cara berpakaian, center berpostur 216 cm ini lebih senang tampil simpel, tetapi fashionable. Setuju?

10 Potret Jakob Poeltl, Pebasket Austria Pertama dalam Sejarah NBApotret Jakob Poeltl (instagram.com/jakob)

Jakob Poeltl memang tidak terlalu bersinar jika dibandingkan dengan center utama tim NBA pada umumnya. Dengan kiprah Poeltl di NBA saat ini, bukan tidak mungkin akan ada pebasket Austria lain yang berlaga di NBA. Bagaimana pendapatmu tentang bola basket di Austria?

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya