10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi Turki

Gagal di NBA, tapi bersinar di EuroLeague

Amerika Serikat terkenal sebagai negara yang menjadi rumah ribuan pebasket hebat. Saking banyaknya, pebasket asal Amerika Serikat justru lebih memilih untuk membela negara lain di level internasional.

Salah satu pemain terbaik asal Amerika Serikat yang kini dinaturalisasi oleh negara lain adalah Shane Larkin. Pemain yang berposisi sebagai point guard ini kini memiliki kewarganegaraan Turki. Mari mengenal sosok pemain produktif satu ini lewat ulasan berikut.

1. Shane Larkin lahir di Saint Charles, Iowa, Amerika Serikat, pada 2 Oktober 1992. Saat ini, usianya telah menginjak 30 tahun 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin (instagram.com/shanelarkin)

2. Sebelum menjadi pebasket profesional, Shane Larkin pernah menjadi bagian dari tim Miami Hurricane di University of Miami 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin sedang berlatih di kandang Miami Hurricane. (instagram.com/shanelarkin)

3. Karier profesionalnya dimulai pada 2013 setelah ia terpilih di urutan ke-18 oleh Atlanta Hawks pada NBA Draft 2013 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin dengan bendera Turki. (instagram.com/shanelarkin)

4. Akan tetapi, ia justru ditukar ke Dallas Mavericks. Ia hanya bertahan semusim bersama tim asal Texas tersebut 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin dengan bendera Turki. (instagram.com/shanelarkin)

5. Bisa dibilang karier Larkin di NBA tak terlalu baik. Ia pun tak terlalu menonjol kala membela New York Knicks dan Brooklyn Nets

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin saat berseragam Brooklyn Nets. (nba.com)

Baca Juga: 10 Fakta Cam Thomas, Bintang Muda Brooklyn Nets yang Naik Daun

6. Oleh karena itu, Shane Larkin memutuskan untuk melanjutkan karier di EuroLeague. Pada 2016, ia bergabung dengan Baskonia

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin saat berseragam Baskonia. (nba.com)

7. Penampilan Larkin justru meningkat pesat di Eropa. Ia pun kembali mendapat kontrak selama semusim dari Boston Celtics (2016/2017) 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin saat berseragam Anadolu Efes. (instagram.com/shanelarkin)

8. Namun, sepertinya Larkin memang ditakdirkan untuk berkarier di EuroLeague. Ia pulang ke Eropa untuk bergabung dengan Anadolu Efes pada 2018

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin saat berseragam Anadolu Efes. (instagram.com/shanelarkin)

9. Sejak itu, nama Shane Larkin meningkat pesat. Ia sukses dapatkan sederet prestasi bersama tim asal Turki tersebut 

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin dengan trofi EuroLeague. (instagram.com/shanelarkin)

10. Berkat kehebatannya tersebut, ia mendapatkan tawaran naturalisasi dari Turki sejak Februari 2020. Berhasil bersinar!

10 Potret Shane Larkin, Pemain Produktif yang Dinaturalisasi TurkiShane Larkin tampil di gelaran EuroBasket 2022. (fiba.basketball)

Faktanya, Shane Larkin merupakan pencetak poin terbanyak selama satu pertandingan dalam sejarah EuroLeague. Ia melakukannya pada 29 November 2019 ketika mencetak 49 poin kala melawan Bayern Munich.

Baca Juga: 6 Pemain NBA yang Baru Sekali Ikut NBA All-Star pada 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya