5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!

Ada juga beberapa eks pemain NBA

Sama seperti NBA, EuroLeague pun memiliki penghargaan pemain terbaik tahunan atau yang biasa dikenal dengan MVP. Penghargaan ini telah ada sejak musim 2003/2004 dan telah dimenangi oleh 18 pemain berbeda. Itu tak termasuk dengan musim 2019/2020, di mana penghargaan MVP dan penghargaan lain ditiadakan dari EuroLeague akibat pandemik COVID-19.

Faktanya, 18 gelar juara tersebut didapatkan oleh 17 pemain berbeda. Dari catatan tersebut, lima pemain di antaranya merupakan pemain yang berposisi sebagai power forward. Lalu, siapa sajakah lima power forward yang pernah menjadi peraih EuroLeague MVP? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Andrei Kirilenko

5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!Andrei Kirilenko (fiba.basketball)

Power forward pertama yang meraih penghargaan EuroLeague MVP adalah Andrei Kirilenko. Pemain berjuluk AK-47 ini memenangi penghargaan tersebut pada 2011/2012 bersama CSKA Moscow. Kemampuannya dalam bertahan, mencetak poin, serta agresif di bawah rim merupakan kekuatannya.

Pemain asal Rusia ini mampu mengalahkan beberapa kandidat kuat pada musim tersebut, seperti Dimitris Diamantidis, Vassilis Spanoulis, dan Erazem Lorbek. Padahal, pada musim tersebut, ia baru kembali mencicipi EuroLeague setelah lama merantau ke NBA bersama Utah Jazz. Setelah musim 2011/2012, Kirilenko kembali ke NBA untuk bermain bersama Minnesota Timberwolves.

2. Nemanja Bjelica

5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!Nemanja Bjelica (euroleaguebasketball.net)

Nemanja Bjelica telah terpilih pada ajang NBA Draft 2010. Akan tetapi, ia lebih memilih untuk menundanya dan melanjutkan kariernya di EuroLeague hingga musim 2014/2015. Pemain asal Serbia ini menghabiskan rentang waktu 5 tahun (2010--2015) bersama Fenerbahce.

Pada musim terakhirnya di EuroLeague, Bjelica bermain sangat luar biasa. Ia sangat dominan di paint dan piawai dalam mencetak tiga angka. Tak heran jika ia terpilih sebagai EuroLeague MVP 2014/2015. Ia mengungguli Milos Teodosic, Vassilis Spanoulis, dan Felipe Reyes. Setelah musim 2014/2015, Bjelica pun berkarier di NBA.

Baca Juga: 5 Pemain yang Debut Masuk All-EuroLeague Team pada 2022/2023

3. Jan Vesely

5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!Jan Vesely (euroleaguebasketball.net)

Jan Vesely bisa disebut gagal ketika berkarier di NBA. Namun, kariernya di EuroLeague sangat luar biasa bersama beberapa tim yang pernah ia bela. Salah satunya ialah Fenerbahce, tim asal Turki yang dibela Vesely selama 6 tahun (2014--2022).

Pemain asal Republik Ceko ini berhasil meraih beragam penghargaan dan gelar juara, termasuk EuroLeague MVP pada 2019. Pada musim 2018/2019, Vesely menunjukan kualitasnya yang amat hebat. Tak heran jika ia bisa mengalahkan Will Clyburn, Nick Calathes, dan Kostas Sloukas dalam persaingan.

4. Nikola Mirotic

5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!Nikola Mirotic (fcbarcelona.com)

Keputusan untuk meninggalkan NBA dan bergabung dengan Barcelona di EuroLeague pada 2019 merupakan keputusan tepat bagi Nikola Mirotic. Sebab, Mirotic perlahan jadi pemain besar dan menjadi bintang Eropa seperti sekarang. Hal tersebut membuatnya sangat disegani.

Salah satu bukti kebintangan Mirotic adalah saat ia terpilih sebagai EuroLeague MVP 2021/2022. Pemain asal Spanyol ini unggul dari Mike James, Shane Larkin, dan Walter Tavares. Namun, ia dinilai layak mendapatkan penghargaan tersebut karena permainan imprsifnya di Barcelona.

5. Sasha Vezenkov

5 Power Forward yang Pernah Menjadi EuroLeague MVP, Vezenkov Terbaru!Sasha Vezenkov (euroleaguebasketball.net)

Power forward terbaru yang meraih penghargaan EuroLeague MVP adalah Aleksandar Vezenkov alias Sasha. Pria asal Hungaria ini tampil sangat hebat dengan catatan poin yang menonjol bersama Olympiacos Pireus pada musim 2022/2023. Sejauh ini, Vezenkov pun telah membawa Olympiacos ke babak semifinal EuroLeague 2022/2023.

Tak heran jika ia terpilih sebagai pemenang pemain terbaik tahunan EuroLeague. Untuk memenangkan penghargaan ini, Vezenkov berhasil mengalahkan beberapa nama potensial. Sebut saja Mike James, Johnathan Motley, Vasilije Micic, Kostas Sloukas, dan Mathias Lessort.

Semua power forward pemenang EuroLeague MVP pernah berlaga di NBA, kecuali Sasha Vezenkov. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah Sasha Vezenkov jika berlaga di NBA. Terlebih, Vezenkov berpeluang bermain di NBA karena Sacramento Kings tertarik kepada jasanya.

Baca Juga: 10 Potret Yam Madar, Peraih Penghargaan EuroLeague Rising Star 2023

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya