5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade Tokyo

Siapakah yang akan jadi juara?

Menorehkan prestasi di Gelaran Olimpiade telah dianggap sebagai pencapaian terbesar yang bisa didapatkan oleh seorang pebasket profesional. Bahkan jika dibandingkan dengan FIBA World Cup, medali Olimpiade masih tetap dianggap lebih prestis.

Sehingga tak heran jika di ajang Olimpiade, setiap negara peserta menyiapkan susunan pemain terbaik dari negaranya guna membantu mereka menjadi juara. Lantas negara mana sajakah yang paling dijagokan akan meraih medali emas cabang olahraga basket putra di Olimpiade Tokyo 2020? Berikut kami sajikan daftar dan ulasannya, check this out!

1. Spanyol

5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade TokyoTimnas Basket Spanyol (nba.com)

Keberhasilan Spanyol menyabet gelar juara FIBA World Cup 2019 menjadi alasan negara ini masuk kandidat kuat peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Spanyol dianggap memiliki komposisi pemain hebat dan seimbang di setiap posisinya.

Para pemain-pemain yang merumput di NBA, seperti Marc Gasol, Ricky Rubio dan Willy Hernangomez jelas akan menjadi tumpuan timnas Matador. Belum lagi pemain-pemian hebat yang berlaga di Eropa seperti Alex Abrines, Rudy Fernandez dan Victor Claver juga dianggap sebagai senjata lain yang dimiliki timnas Spanyol.

2. Amerika Serikat

5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade TokyoTimnas Basket Amerika Serikat (ca.nba.com)

Gagal total di FIBA World Cup 2019, bukan berarti Amerika Serikat bisa disingkirkan dari persaingan juara. Penggemar bola basket pasti setuju jika Amerika Serikat selalu menjadi raja di cabang olahraga ini. Amerika Serikat masih memegang rekor sebagai negara yang paling banyak mengumpulkan medali emas Olimpiade cabang olahraga basket putra, dengan total 14 medali emas dari 19 kesempatan.

Untuk Olimpiade Tokyo tahun ini, Amerika Serikat memang tidak diperkuat beberapa pemain bintang seperti, Stephen Curry, LeBron James ataupun Kyrie Irving. Meskipun nama-nama tersebut tidak ikut serta, namun pemain-pemain top jelas akan menghiasi roster Amerika Serikat.

Pemain-pemain bintang seperti, Devin Booker, Kevin Durant, Damian Lillard dan Jayson Tatum dipercaya akan menjadi tulang punggung tim Amerika Serikat di Tokyo nanti.

Baca Juga: 5 Sprinter Pria Calon Peraih Medali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

3. Prancis

5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade TokyoTimnas Basket Prancis (vtb-league.com)

Saat ini Prancis dikenal sebagai salah satu kekuatan besar bola basket di Eropa. Alasannya jelas, karena kini Prancis diperkuat banyak pemain hebat seperti, Rudy Gobert, Evan Fournier, Nicolas Batum dan Nando de Colo. Pada FIBA World Cup 2 tahun lalu, Prancis menduduki peringkat ketiga setelah mengalahkan Australia.

Secara historis, Prancis memang belum pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade. Namun negara satu ini, tercatat telah 2 kali meraih medali perak pada ajang Olimpiade tepatnya pada Olimpiade London 1948 dan Olimpiade Sydney 2000

4. Argentina

5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade TokyoTimnas Basket Argentina (olympics.nbcsports.com)

Selain Amerika Serikat, Argentina merupakan salah satu negara aktif yang telah berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade. Hal tersebut terjadi pada gelaran Olimpiade Athena 2004, setelah mereka berhasil mengalahkan Italia di babak final.

Walaupun hal tersebut merupakan cerita lama, namun kini Argentina juga memiliki kekuatan dan komposisi pemain yang hebat. Nama-nama besar seperti Facundo Campazzo, Luis Scola, Nicolas Brussino dan Leandro Bolmaro dipercaya siap tampil mengejutkan, seperti kala mereka menjadi runner-up di FIBA World Cup 2019.

5. Australia

5 Negara yang Dijagokan Raih Emas Basket di Olimpiade TokyoTimnas Basket Australia (pickandroll.com.au)

Australia memang tidak pernah sama sekali meraih medali di ajang Olimpiade. Namun hal ini bukan berarti Australia patut diremehkan dari persaingan. Tim berjuluk the boomers ini memiliki komposisi pemain hebat yang didominasi pemain yang berlaga di NBA.

Patty Mills dari San Antonio Spurs, Aron Baynes dari Toronto Raptors, Matisse Thybulle dari Philadelphia 76ers dan Joe Ingles dari Utah Jazz dipercaya akan memimpin skuad Australia di Tokyo nanti. Walaupun tidak diperkuat salah satu bintangnya, Ben Simmons, tetapi dengan skuad saat ini Australia cukup ditakuti.

Karena performanya, lima negara di atas yang dijagokan dapat meraih medali emas cabang olahraga bola basket putra di Olimpiade Tokyo 2020. Dari kelima nama tersebut, siapa jagoanmu?

Baca Juga: Jelang Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Angkat Besi Uganda Menghilang

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya