Comscore Tracker

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022

Pelatih senior dengan segudang pengalaman

Pengalaman dan rekam jejak yang baik sering kali menjadi patokan tim NBA untuk merekrut seorang pelatih. Pelatih senior dengan segudang pengalaman dipercaya lebih mudah menghadapi masalah ataupun memberikan strategi terbaik untuk tim agar bisa mengatasi berbagai keadaan.

Pengalaman yang panjang berbanding lurus dengan usia yang makin tua. Berikut ini kami sajikan deretan lima pelatih tertua dengan pengalaman mumpuni di NBA 2021/2022. Check this out!

1. Gregg Popovich

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022Gregg Popovich (nba.com)

Gregg Popovich menjadi pelatih tertua di NBA saat ini. Popovich kini telah berusia 72 tahun. Musim ini telah memasuki musim ke-26 bagi dirinya menjabat sebagai pelatih San Antonio Spurs.

Popovich memulai karier kepelatihan sebagai asisten pelatih pada 1988 untuk San Antonio Spurs. Sempat menjadi asisten pelatih di Golden State Warriors selama 2 musim, Popovich akhirnya ditunjuk sebagai kepala pelatih Spurs pada 1996.

Untuk urusan gelar juara, Popovich tidak perlu diragukan lagi. Popovich merupakan pelatih legendaris San Antonio Spurs yang berhasil memborong 5 gelar juara NBA dan meraih 3 kali gelar NBA Coach of the Year. Kini ia juga menjabat sebagai presiden Spurs.

2. Alvin Gentry

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022Alvin Gentry (nba.com)

Pada 6 Oktober 2021, Sacramento Kings menunjuk Alvin Gentry sebagai pelatih interim menggantikan Luke Walton. Dengan hal tersebut, Gentry layak masuk ke dalam daftar ini, karena dirinya telah berusia 67 tahun.

Karier kepelatihannya dimulai pada 1980 sebagai asisten pelatih Baylor University. Kariernya sebagai pelatih tim NBA sendiri baru dimulai pada 1988 ketika bergabung ke tim kepelatihan San Antonio Spurs.

Secara pengalaman, Gentry lebih sering menjabat sebagai asisten pelatih ataupun associate head coach. Hanya Miami Heat, Detroit Pistons, Phoenix Suns, dan New Orleans Pelicans yang pernah menjadikannya sebagai kepala pelatih secara utuh.

Baca Juga: Kisah Tragis di Balik Kesuksesan Shaun Livingston di NBA

3. Dwane Casey

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022Dwane Casey (thestar.com)

Setelah melatih tim kampus dan beberapa tim Jepang, Dwane Casey akhirnya memulai kariernya di NBA sebagai pelatih. Pria berusia 64 tahun ini pertama kali menjadi asisten pelatih Seattle Supersonics yang saat ini telah berganti nama menjadi Oklahoma City Thunder.

Barulah pada 2005, ia ditunjuk sebagai kepala pelatih Minnesota Timberwolves. Sebagai seorang kepala pelatih, ia memang tidak pernah meraih gelar juara. Namun, penghargaan NBA Coach of the Year 2018 saat melatih Toronto Raptors pantas untuk Casey banggakan. Saat ini, ia merupakan pelatih Detroit Pistons.

4. Tom Thibodeau

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022Tom Thibodeau (nba.com)

Dalam 2 musim terakhir, Tom Thibodeau berhasil mengangkat performa New York Knicks yang sempat terpuruk. Keberhasilan tersebut cukup beralasan. Thibodeau merupakan pelatih dengan segudang pengalaman.

Pelatih berusia 63 tahun ini telah berada di NBA sejak 1989. Ia memulai karier sebagai asisten pelatih Minnesota Timberwolves. Sempat menjadi asisten pelatih di beberapa tim, Thibodeau akhirnya menjabat sebagai kepala pelatih pada 2010 untuk Chicago Bulls.

Selain Chicago Bulls dan New York Knicks, Thibodeau juga pernah melatih Minnesota Timberwolves dengan jabatan yang sama. Sejauh ini, ia berhasil menyabet gelar NBA Coach of the Year dua kali yakni pada 2011 dan 2021.

5. Rick Carlisle

Rick Carlisle dan Deretan Pelatih Tertua di NBA 2021/2022Rick Carlisle (skysports.com)

Di antara nama lain dalam daftar ini, Rick Carlisle menjadi satu-satunya pelatih tertua yang pernah bermain di NBA. Setelah pensiun sebagai pemain pada 1989, ia langsung menjabat asisten pelatih New Jersey Nets.

Carlisle juga pernah melatih Portland Trail Blazers dan Indiana Pacers dengan jabatan tersebut. Kariernya sebagai kepala pelatih dimulai pada 2001, ketika ditunjuk sebagai pelatih Detroit Pistons. Di sanalah ia berhasil meraih penghargaan NBA Coach of the Year 2002.

Meski begitu, gelar juara baru Carlisle dapatkan kala melatih Dallas Mavericks pada 2011. Musim ini, ia baru saja ditunjuk sebagai pelatih Indiana Pacers, tim yang juga pernah ia latih di antara tahun 2003—2007.

Itulah lima pelatih tertua di NBA 2021/2022. Pengalaman memang sangat dibutuhkan bagi sebuah tim agar bisa tampil maksimal. Namun, strategi yang hebat dengan komposisi pemain yang tepat justru lebih dibutuhkan tim NBA saat ini. Menurutmu, bagaimana?

Baca Juga: 10 Fakta Tim Duncan, Mantan Atlet Renang yang Jadi Legenda NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Penulis udah lulus kuliah nih, IDN Media ga minat hire gitu?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya