5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!

Pindah dengan berbagai alasan

NBA terus melakukan inovasi dan ekspansi untuk memperkenalkan kompetisi mereka. Sejak tahun 2002, jumlah tim NBA tidak pernah beranjak dari angka 30. Dengan berbagai alasan, beberapa tim NBA melakukan sebuah hal besar dengan berpindah markas dari kota satu ke kota lainnya.

Perpindahan markas bagi tim NBA bukanlah hal yang aneh di abad 20. Namun, beberapa tim justru melakukannya setalah era '80-an. Tim NBA mana sajakah yang tercatat melakukan perpindahan markas dari kota satu ke kota lain? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Brooklyn Nets (2012)

5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!Brooklyn Nets (nba.com)

Brooklyn Nets menjadi tim terakhir yang melakukan perpindahan markas di NBA. Brooklyn Nets sendiri berdiri pada tahun 1967 dengan nama New Jersey Americans. Selama berpuluh-puluh tahun, mereka tetap bermarkas di negara bagian New Jersey meski sempat pindah ke kota New York pada 1968.

Pada tahun 2012, Brooklyn Nets melakukan gebrakan besar dengan memindahkan markasnya ke kota Brooklyn, New York. Pasar yang lebih besar konon jadi alasan Nets memindahkan franchise-nya ke kota Brooklyn.

2. Oklahoma City Thunder (2008)

5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!Oklahoma City Thunder (nba.com)

Tim Seattle SuperSonics yang berdiri pada tahun 1967 menjadi cikal bakal tim yang kini dikenal dengan nama Oklahoma City Thunder. Perpindahan yang terjadi dari Kota Seattle, Washington, ke kota Oklahoma ini terjadi pada tahun 2008.

Hal ini terjadi karena adanya perpindahan investor di tubuh tim Seattle SuperSonics dahulu. Setelah membeli saham SuperSonics pada 2006, Clay Bennett sebagai pemilik baru akhirnya merealisasikan perpindahan ke Kota Oklahoma pada tahun 2008.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang di-Draft Oklahoma City dalam 30 Tahun Terakhir

3. New Orleans Pelicans (2007)

5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!New Orleans Pelicans (nba.com)

New Orleans Pelicans terhitung sebagai tim termuda di NBA. Tim yang kini bermarkas di kota New Orleans, Louisiana, ini berdiri pada tahun 2002 dengan nama New Orleans Hornets di kota yang sama dengan markasnya sekarang.

Selama dua tahun, Pelicans pernah merelokasi homebase mereka ke kota Oklahoma. Hal tersebut terjadi karena kota New Orleans terdampak bencana badai Katrina yang terjadi pada 2005. Setelah kota New Orleans kembali aman, Pelicans kembali pulang ke kota asalnya pada tahun 2007.

4. Memphis Grizzlies (2002)

5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!Memphis Grizzlies (nba.com)

Bersama Toronto Raptors, Memphis Grizzlies didirikan sebagai bentuk ekspansi pasar NBA ke negara Kanada. Grizzlies berdiri pada tahun 1995 dan pertama kali bermarkas di kota Vancouver, Kanada.

Pada 26 Maret 2001, pihak Grizzlies mengajukan perpindahan markas ke kota Memphis Tennesse. Permintaan tersebut akhirnya terwujud pada tahun 2002. Perpindahan ini disebut-sebut dipengaruhi karena nama Grizzlies yang erat kaitannya dengan budaya Kota Memphis.

5. Sacramento Kings (1985)

5 Tim NBA yang Terakhir Kali Berpindah Kota, Ada Brooklyn Nets!Sacramento Kings (nba.com)

Sacramento Kings merupakan salah satu tim legendaris di NBA. Mereka berdiri pada tahun 1923 dengan nama Ronchester Seagrams. Dalam sejarahnya, Sacramento Kings telah berpindah tim dan berganti nama sebanyak delapan kali. Termasuk dengan perpindahan markas pada tahun 1985.

Sebelumnya mereka bermarkas di kota Kansas dengan nama Kansas City Kings. Dengan segala pertimbangan, kota Sacramento di California akhirnya dipilih sebagai markas baru mereka.

 

Perpindahan markas bukanlah sebuah hal yang mudah untuk diwujudkan tim NBA. Selain melihat atmosfer pasar di kota tersebut, tim-tim NBA yang berpindah markas juga memperhatikan sejarah di kota mereka sebelumnya.

Baca Juga: Sacramento Kings Gagal Masuk Playoff NBA dalam 16 Musim Beruntun

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya