DPR Dukung Diplomasi Erick Thohir ke FIFA untuk Piala Dunia U-20!

Anggota DPR harap tuan rumah Indonesia tak diganti

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Sudomo mendukung Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melakukan diplomasi dengan petinggi FIFA, terkait polemik Piala Dunia U-20. Bramantyo berharap, posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tidak diganti.

“Saya mendorong segala macam stakeholders persepakbolaan Indonesia seperti Ketum PSSI untuk bisa mencari titik tengah atas isu ini, dengan salah satu caranya meyakinkan FIFA kembali agar posisi tuan rumah tetap di Indonesia dan memperkuat kredibilitas Indonesia sebagai tuan rumah yang bisa dipercaya,” ujar Bramantyo dalam keterangannya, Rabu (29/3/2023).

1. Pertemuan Erick Thohir dengan FIFA akan berdampak besar

DPR Dukung Diplomasi Erick Thohir ke FIFA untuk Piala Dunia U-20!Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menggelar agenda Sarasean dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) di Jakarta, MInggu (19/3/2023) (Dok. PSSI)

Bramantyo mengatakan, pertemuan Erick Thohir dengan FIFA akan berdampak besar terhadap persepakbolaan Indonesia. Terlebih, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 merupakan hal yang bisa berdampak positif bagi suatu negara.

“Terutama pada pemilihan tuan rumah pada event olahraga besar lainnya seperti Piala Dunia senior nantinya,” kata dia.

Bramantyo meminta kepada semua pihak untuk tidak mencampuradukkan sepakbola dengan politik.

“Pembatalan drawing undian piala dunia U-20 amat disayangkan harus terjadi. Indonesia seharusnya memisahkan ranah politik dengan ranah dunia olahraga,” kata dia.

Baca Juga: Pertemuan Erick Thohir dengan FIFA Ternyata Digelar di Doha

2. Erick Thohir dapat instruksi langsung dari Presiden Jokowi untuk bertemu FIFA

DPR Dukung Diplomasi Erick Thohir ke FIFA untuk Piala Dunia U-20!Menteri BUMN Erick Thohir (Dok. IDN Times)

Erick mendapatkan tugas khusus dari Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo, untuk menyelesaikan persoalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, FIFA membatalkan pelaksanaan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali pada 31 Maret 2023 lantaran isu penolakan Israel yang merebak.

Mantan Presiden Inter Milan ini mengakui permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini bukanlah masalah kecil, tetapi dirinya memastikan akan berusaha semaksimal mungkin demi menyelamatkan sepak bola Indonesia ke depan.

"Saya dapat instruksi untuk segera ke dan berdiplomasi mencari solusi untuk sepak bola Indonesia. Ini hal yang tidak mudah," ujar Erick di sela-sela pertandingan uji coba Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot, Bekasi pada Selasa, 28 Maret 2023.

3. Erick minta doa kepada masyarakat Indonesia

DPR Dukung Diplomasi Erick Thohir ke FIFA untuk Piala Dunia U-20!Menteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Erick Thohir pun meminta seluruh masyarakat Indonesia agar mendoakan pengurus PSSI demi menyelamatkan harga diri bangsa, dan menyelamatkan sepak bola Indonesia.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin. Mohon doa untuk kami semua yang memang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik bagi bangsa dan rakyat Indonesia. Saya harap ada doa dari seluruh masyarakat," imbuhnya.

Baca Juga: Akan Bertemu Petinggi FIFA, Erick Thohir Minta Doa Masyarakat RI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya