Comscore Tracker

3 Wajah Baru Ramaikan Balapan MotoGP 2020, Siapa Saja?

Siap jatuhkan dominasi Marc Marquez

Jakarta, IDN Times – Balapan MotoGP musim 2020 akan mulai digelar 8 Maret mendatang. Banyak yang memprediksi balapan musim ini bakal lebih seru dari musim sebelumnya.

Sebab cukup banyak pembalap yang berpindah tim. Selain itu kehadiran Rookies juga diprediksi akan mengganggu dominasi Marc Marquez yang selama beberapa musim terakhir merajai sirkuit.

Nah berikut tiga rookie yang akan bertarung di balapan MotoGP musim 2020. Siapa saja mereka?

1. Alex Marquez: Juara Moto2 yang bergabung dengan Repsol Honda

3 Wajah Baru Ramaikan Balapan MotoGP 2020, Siapa Saja?Instagram/motogpindonesia

Alex Marquez adalah juara Moto2 musim 2019. Ia bergabung dengan tim Repsol Honda. Adik kandung Marc Marquez ini siap membidik gelar “Rookie of The Year”. Bahkan Alex bisa menjadi ancaman bagi Marc Marquez, kakaknya sendiri.

Alex memulai karier balap saat bergabung dengan tim FIM CEV Repsol pada kompetisi Tim Monlau tahun 2010 silam. Tahun 2012 menjadi awal namanya terkenal di dunia balap dengan menjadi wildcard tim Estrella Galicia.

Hebatnya, pada musim 2013, Alex Marquez tampil luar biasa dengan menempati posisi keempat setelah dikontrak semusim penuh oleh tim Estrella Galicia. Musim berikutnya menjadi musim terbaik Alex di Moto3 dengan menjadi juara dan naik kasta ke Moto2.

Penampilan Alex di Moto2 terbilang tak konsisten, bahkan baru pada musim 2019 Alex berhasil menjadi juara setelah 4 tahun berada di kelas Moto2. Mengendarai Kalex, musim 2019 menjadi pembuktian pria asal Spanyol tersebut dengan menjuarai Moto2.

Musim balap 2020, Alex bergabung dengan tim Repsol Honda. Ia berada satu tim dengan kakaknya. Ajang balap ini menjadi pembuktian dua bersaudara di MotoGP.   

Baca Juga: Wajah Lama di Tim Baru, Persaingan MotoGP 2020 Bakal Lebih Sengit

2. Identik dengan KTM, Brad Binder menjadi ancaman musim balap 2020

3 Wajah Baru Ramaikan Balapan MotoGP 2020, Siapa Saja?Intagram/bradbinder_41

Brad Binder, pria kelahiran Afrika Selatan, siap membuktikan diri di MotoGP 2020 dengan Red Bull KTM Racing. KTM sudah tak asing lagi bagi Binder. Sebab sejak memulai kariernya di Moto3, Brad Binder sudah bersama tim KTM.

Bersama Red Bull KTM Ajo, Binder berhasil menempati posisi keenam klasemen akhir Moto3. Pada musim berikutnya Binder tampil meroket dan menjadi juara Moto3 setelah 14 kali naik podium dan memperoleh 319 poin.

Pada 2017, Brad Binder tampil di Moto2. Sama seperti Alex Marquez, penampilan Binder pun tak langsung berjalan mulus. Bahkan musim pertamanya Brad Binder hanya menempati posisi kedelapan.

Penampilan terbaik Brad Binder terjadi saat dirinya berhasil menjadi runner up Moto2 di bawah Alex Marquez dan hanya berjarak 3 poin saja. Brad Binder digadang-gadang menjadi saingat berat mengarungi musim balap MotoGP 2020, karena Brad Binder sudah hafal dengan karakteristik motor KTM sehingga adaptasinya tidak begitu sulit.

3. Iker Lecuona, rookie termuda MotoGP 2020

3 Wajah Baru Ramaikan Balapan MotoGP 2020, Siapa Saja?twitter.com/LecuonaIker

Iker Lecuona mungkin tak sepopuler Alex dan Brad Binder. Bahkan Iker hanya menjadi pengganti Dominique Aegerter di CarXpert Interwetten. Dengan motor Kalex, Iker Lecuona belum bisa berbicara banyak di Moto2 bahkan musim perdana Iker sama sekali tak mendulang poin.

Iker Lecuona akan menjadi rookie termuda di MotoGP 2020 dan bergabung dengan tim Red Bull KTM Tech 3. Pembalap berusia 19 tahun ini tak dapat diremehkan, mengingat Fabio Quartararo pun masih muda namun tampil memukau bersama Petronas SRT.

Baca Juga: [FOTO] Tampil Lebih Segar, Ini Tampilan Baru Motor-motor MotoGP 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya