7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020

#ANGPOIN Kira-kira apa saja ya?

Buat kalian pecinta olahraga, tentunya akan sangat menantikan event olahraga terbesar di dunia yang diselenggarakan 4 tahun sekali ini. Kali ini giliran Tokyo, Jepang yang akan menyelenggarakan olimpiade musim panas ke-XXXII.

Event besar ini rencananya akan digelar 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Tentunya banyak hal menarik dalam penyelenggaraan olimpiade musim panas kali ini. Apa saja yang menarik di perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang?

1. Kota Tokyo

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020azamaraclubcruises.co.uk

Suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jepang, terkhusus untuk warga Tokyo. Pada tahun 2020 mendatang, kota mereka akan menjadi tempat perhelatan ajang olahraga terbesar, Olimpiade Tokyo 2020.

Bagi Tokyo sendiri, ini merupakan yang kedua kali olimpiade diselenggarakan di sini setelah tahun 1964. Sejarah juga mencatat kota Tokyo sebagai satu-satunya kota di Asia yang menyelenggarakan olimpiade sebanyak dua kali. 

2. Teknologi tinggi

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020qz.com

Negara Jepang terkenal dengan berbagai teknologi yang mereka gunakan sehari-hari seperti asisten rumah tangga, pelayan restoran, penerima tamu di hotel, dan lain-lain. Tentunya, teknologi canggih yang lain juga akan digunakan dalam perhelatan olimpiade kali ini, mulai dari upacara pembukaan, perlombaan, hingga upacara penutupan. Olahraga yang dipadukan dengan teknologi akan membuat event ini menjadi spektakuler dan tidak terlupakan.

3. Proyek sky canvas

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020edgy.app

Bukan Jepang namanya jika tidak memiliki inovasi dan terobosan unik. Nampaknya pihak penyelenggara tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini, mereka ingin memberikan yang terbaik. Yang menarik perhatian adalah akan ditampilkannya hujan meteor buatan pada pembukaan Olimpiade Tokyo nanti.

Proyek hujan meteor ini diberi nama Sky Canvas oleh perusahaan yang dilibatkan bernama Star-ALE. Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat menarik. Wah, gak sabar nih!

Baca Juga: 3 Inovasi Unik Ini Bakal Curi Perhatian di Olimpiade Tokyo 2020

4. Cabang olahraga baru

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020euronews.com

Dalam penyelenggaraan olimpiade kali ini, akan bertambah 5 cabang olahraga dari olimpiade sebelumnya yang diselenggarakan di Rio de Janeiro tahun 2016. Cabang olahraga tambahan yang akan dipertandingkan meliputi karate, bisbol, selancar, skateball, dan sports climbing.

Hal ini telah diputuskan dalam sidang Komite Olimpiade Internasional di Swis pada 2 Juli 2016. Adanya cabang olahraga tambahan akan membuat olimpiade ini akan semakin ramai dan seru.

5. Medali dari limbah elektronik

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020news.nationalgeographic.com

Pihak penyelenggara akan membuat medali olimpiade 2020 dari barang-barang elekronik bekas. Hal ini mendapat dukungan positif dari berbagai kalangan seperti para atlet nasional maupun internasional, seperti yang dikatakan Komite Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Lebih dari 5 juta juta ponsel tak terpakai dari toko NTT Docomo juga turut ambil bagian dalam program ini. Menarik untuk menanti bagaimana desain medali olimpiade yang terbuat dari barang elektronik bekas ini.

6. Maskot

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020en.wikipedia.org

Pada event olimpiade musim panas 2020, pihak penyelenggara memperkenalkan Miraitowa sebagai maskot olimpiade serta Someity sebagai maskot paralimpiade. Miraitowa merupakan sosok berwarna biru-putih, namanya berasal dari bahasa Jepang 'Mirai' dan 'Towa' yang berarti masa depan dan keabadian.

Nama Someity diambil dari bunga sakura Someiyoshino, oleh pihak penyelenggara secara pengucapan terdengar seperti 'So Mighty'  yang berarti sangat kuat.

7. Relawan

7 Fakta Menarik Seputar Olimpiade Tokyo 2020tokyo2020.org

Relawan sangat berperan penting dalam penyelenggaraan suatu event, tidak terkecuali pada Olimpiade Tokyo 2020. Penyelenggara Olimpiade Tokyo mengatakan pihaknya akan merekrut 80.000 relawan yang akan ditempatkan di sejumlah departemen. Para relawan ini akan mengambil peran seperti manajemen lapangan, medis, pendamping atlet dan tamu, serta masih banyak lagi.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Olimpiade Tokyo 2020. Semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu ya. Jangan lupa juga untuk mendukung atlet Indonesia yang akan berjuang di sana.

Baca Juga: [BREAKING] Lalu Muhammad Zohri Lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo!

Mutahassin Bilhaq Photo Verified Writer Mutahassin Bilhaq

Just Do It

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya