5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!

Agresif atau brilian?

Di Sirkuit Buriram, Thailand, Marc Marquez mengunci gelar Juara Dunia MotoGP 2019. Gelar ini merupakan yang kedelapan bagi Marquez sejak pertama kali terjun MotoGP pada 2008. Namanya pun masuk enam legenda MotoGP yang telah menyabet setidaknya delapan gelar juara dunia, termasuk Valentino Rossi dan Giacomo Agostini.

Meski kerap disebut agresif, tak dapat dimungkiri bahwa The Baby Alien telah membukukan prestasi yang sulit diimbangi pembalap lain. Berikut ini beberapa capaian mencengangkan Marquez lainnya.

1. Pembalap termuda yang mengikuti 200 Grand Prix

5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!instagram.com/motogp

Seri Aragon GP yang berlangsung pada 20 September 2019 lalu menjadi saksi balapan ke-200 yang telah dilakoni pembalap bernama lengkap Marc Marquez Alenta ini. Ia juga tercatat sebagai pembalap termuda yang meraih rekor ini.

Prestasi ini menjadi semakin manis ketika Marquez berhasil juara dan "Marcha Real" pun dikumandangkan di podium Aragon.

2. Kemenangan terbanyak dalam satu musim

5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!motogp.com

Bisa dikatakan, MotoGP 2014 merupakan salah satu musim tersukses Marc Marquez. Ia berhasil menjuarai 13 dari total 18 seri dengan raihan 362 poin. Pembalap berkebangsaan Spanyol ini pun menutup musim 2014 dengan kemenangan manis di GP Valencia.

Jika Marquez dapat memenangi 4 seri sisa di musim ini, ia akan kembali meraih 13 kemenangan dan menyamai rekornya sendiri.

Baca Juga: 4 Fakta Seru di Balik Kemenangan Marc Marquez di Phillip Island

3. Tak terkalahkan di Sachsenring

5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!Selebrasi Marc Marquez usai menjuarai balapan di Valencia. Twitter.com/marcmarquez93

Di sirkuit Jerman ini, pembalap dengan motor bernomor 93 ini telah membukukan 10 kemenangan berturut-turut sejak masih berlaga di kelas 125cc pada 2010. Hingga race di Sachsenring yang berlangsung awal Juli lalu, Marquez masih konsisten merajai sirkuit sepanjang 3.671 kilometer ini.

Kira-kira sampai kapankah Marquez sanggup mempertahankan singgasananya di Sachsenring?

4. Crash tercepat

5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!Instagram.com/marcmarquez93

Dikenal sebagai pembalap yang kerap menimbulkan kontroversi karena gaya balap yang terbilang agresif, tak jarang Marquez terjatuh saat menggeber Honda RC213V miliknya. Bahkan, sebelum dinobatkan sebagai Juara Dunia 2019, Marquez sempat terjatuh di sesi latihan Buriram pada Jumat (4/10).

Lebih mencengangkan lagi, pada tahun 2013 Marquez mencatat rekor crash tercepat saat melaju kencang hingga mencapai  337,9 km/jam. Namun rekor ini terpatahkan oleh Michele Pirro yang terjatuh setelah melaju dengan kecepatan 350 km/jam pada 2017. 

5. Pembalap termuda yang raih gelar Juara Dunia MotoGP

5 Capaian Luar Biasa Marc Marquez Sepanjang Hidupnya Jadi Pembalap!motogp.com

Dari berbagai pencapaiannya, salah satu yang paling wah ialah saat Marquez berhasil menjadi juara dunia di musim pertamanya di kelas premier MotoGP pada 2013. The Baby Alien meraih gelar ini di usia 20 tahun 266 hari.

Tak heran, kakak kandung pembalap Alex Marquez ini memiliki banyak kesempatan untuk menambah koleksi gelar juara dunia di tahun-tahun berikutnya.

Agresif atau brilian? Pastinya, berbagai capaian Marc Marquez layak membuatnya disebut sebagai salah satu legenda MotoGP.

Baca Juga: MotoGP Valencia: Tak Terbendung, Marc Marquez Kembali Berjaya!

Nabila Erdita Photo Writer Nabila Erdita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya