Comscore Tracker

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerika

Ratu baru cabang olahraga renang #IDNTimesSport #Tokyo2020

Renang merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, renang juga diketahui sebagai salah satu cabang olahraga dengan yang menawarkan kesempatan untuk memenangkan medali terbanyak.

Di cabang olahraga ini, Amerika Serikat dikenal sebagai negara dengan 'perampok' medali emas terbanyak di setiap helatan olimpiade. Salah satu perenang unggulan mereka adalah Katie Ledecky, sang ratu renang Amerika. Ledecky juga merupakan penyumbang medali emasi di Rio 2016 lalu. 

Ceritanya sedikit berbeda di Olimpiade Tokyo 2020. Seorang Katie Ledecky yang melegenda mampu ditumbangkan oleh atlet Australia bernama Ariarne Titmus. Lalu, siapakah Ariarne Titmus ini hingga mendapat julukan sang "Terminator"? Yuk, cek faktanya!

1. Ariarne Titmus lahir di Tasmania, Australia pada 7 September 2000

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret masa kecil Ariarne Titmus bersama keluarga (instagram.com/ariarnetitmus_)

2. Ayahnya bernama Steve Titmus yang berprofesi sebagai seorang jurnalis ternama

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Steve Titmus, ayah Ariarne (instagram.com/stevetitmus2)

3. Pada 2005, Ariarne Titmus dan keluarganya pindah dari Tasmania ke Queensland

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus dan anjingnya (Instagram.com/ariarnetitmus_)

Baca Juga: Gagal Raih Perunggu Olimpiade Tokyo, Ahsan/Hendra Pensiun?

4. Dia memulai karir renangnya saat berusia 7 tahun

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus (Instagram.com/ariarnetitmus_)

5. Kesuksesannya di usia muda membuat Ariarne dijuluki "Terminator" oleh banyak media

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus (instagram.com/ariarnetitmus_)

6. Atlet dengan tinggi 1,77 meter ini merupakan anggota dari tim Cali Condors, St Peters Western dan pelatihnya saat ini adalah Dean Boxall

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus dan sang pelatih (instagram.com/ariarnetitmus_)

Baca Juga: Cerita Vidya dan Zohri Perdana Ikut Olimpiade, Bidik Prestasi di Paris

7. Pada 2018, Ariarne Titmus berhasil menyabet medali emas di Commonwealth Games, Pan Pacific Championships serta World Championships

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus meraih medali emas di World Championships 18 (instagram.com/ariarnetitmus_)

8. Selain sebagai perenang perorangan, Ariarne juga merupakan atlet beregu renang putri di nomor 4 x 200 m freestyle

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus dan tim (instagram.com/ariarnetitmus_)

9. Di Olimpiade Tokyo 2020, Ariarne Titmus persembahkan medali emas di nomor 200 m gaya bebas dan 400 m gaya bebas, perak di 800 m gaya bebas, serta 4x200 m gaya bebas relay

9 Fakta 'Terminator', Titmus si Penumbang Ratu Renang Amerikapotret Ariarne Titmus bersama medali emas olimpiade (instagram.com/ariarnetitmus_)

Nah, itu dia 9 fakta-fakta peraih emas cabang olahraga renang di Olimpiade Tokyo 2020 ini. Jadi makin tidak sabar menantikan perjalanan karir Titmus selanjutnya. Apakah bisa melegenda seperti sang ratu renang Katie Ledecky? 

Baca Juga: Sahabatan, Kunci Greysia dan Apriyani Bisa Tembus Final Olimpiade 

Nindi Wijaya Photo Writer Nindi Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya