Comscore Tracker

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago Berbisnis

Pandai melihat masa depan juga ini namanya! #IDNTimesSport

Bicara soal dunia bulu tangkis, Indonesia memiliki banyak sekali atlet-atlet dengan berbagai prestasi yang membanggakan di kancah internasional. Torehan gelar yang berhasil mereka bawa pulang membuat atlet-altet bulu tangkis Indonesia selalu ditakuti oleh lawan-lawanya di setiap turnamen.

Namun siapa sangka dibalik kehebatannya dalam bermain bulu tangkis, mereka juga piawai dalam melihat peluang bisnis untuk menambah pundi-pundi masing-masing.

Berikut deretan 5 atlet bulu tangkis Indonesia dengan bisnis yang dijalaninya.

1. Jonatan Christie

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago BerbisnisJonatan Christie mengenakan kaos brand miliknya. (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Jonatan Christie atau biasa disapa Jojo merupakan salah satu pemain bulu tangkis spesialis tunggal putra andalan Indonesia. Berbekal torehan prestasi dan ketenaran namanya, Jojo kemudian memutuskan untuk ikut terjun ke dunia bisnis. Peraih medali emas Asian Games 2018 ini memiliki bisnis clothing line dengan nama Satoe-Noesa.

Satoe-Noesa didirikan oleh kawan baik Jonatan sebelum akhirnya di awal tahun 2018 ia ikut bergabung untuk menjalankan dan membangunnya bersama-sama. Bisnis ini memproduksi berbagai baju, hoodie, hingga tumbler dengan desain tulisan bernuansa keindahan Indonesia seperti yang digambarkan oleh nama brand tersebut.

Tak jarang Jonatan Christie mempromosikan produk-produk Satoe-Noesa melalui akun Instagram miliknya. Jojo juga kerap menjualnya ketika ada bulu tangkis di Indonesia dengan membuka booth disekitar venue pertandingan.

2. Kevin Sanjaya Sukamuljo

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago BerbisnisKevin Sanjaya sedang memegang produk susu Vinion. (instagram.com/kevin_sanjaya)

Siapa yang tidak kenal dengan "Si Tangan Petir". Ya, Kevin Sanjaya Sukamuljo. Julukan yang didapatnya ini memang menggambarkan kehebatan permainan bulu tangkis Kevin Sanjaya dengan karakter super gesit dan lincah. Dibalik kehebatannya di lapangan, nyatanya pasangan Marcus Gideon di kategori ganda putra ini juga pandai dalam berbisnis.

Pemain asal klub PB Djarum Kudus ini memiliki bisnis minuman susu bubble yang diberi nama Vinion. Nama Vinion sendiri terinspirasi dari julukannya bersama sang partner di atas lapangan, "The Minions". Kevin juga kerap memasarkan Vinion melalui Instagram pribadinya.

Baca Juga: Jadwal Tanding Atlet Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade 2020

3. Muhammad Rian Ardianto

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago BerbisnisMuhammad Rian Ardianto bergaya layaknya model (instagram.com/rianardianto)

Pemain asal klub PB Jaya Raya Jakarta ini merupakan spesialis ganda putra Indonesia. Bersama pasangannya, Fajar Alvian, Ia sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan tingkat internasional. Tak hanya fokus di bulu tangkis, Rian juga merambah ke dunia bisnis dengan mendirikan unit bisnis clothing line.

Bisnis yang dijalani pemain kelahiran 13 Februari 1996 ini bernama KRALL dan memiliki arti kata raja. Melalui aparelnya ini, Muhammad Rian Ardianto memproduksi jaket hoodie. Selama pandemi, Rian juga merilis produk masker.

Rian juga memiliki bisnis cafe yang didirikan bersama Fajar Alvian dengan nama Fajri Coffee. Semoga kolaborasi bisnis mereka ini sama suksesnya dengan kiprah mereka di atas lapangan, ya! 

4. Marcus Fernaldi Gideon

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago BerbisnisPotret Marcus Fernaldi Gideon saat tidak bertanding (instagram.com/marcusfernaldig)

Tak ingin kalah dengan pasangannya di nomor bulu tangkis ganda putra, Kevin Sanjaya,  Marcus Fernaldi Gideon juga memiliki beberapa lini bisnis yang sedang dijalankan.

Bisnis yang teranyar yang baru saja dirilis oleh Marcus Gideon adalah Gideon Badminton Hall. Gor ini terletak di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Gor ini memiliki empat lapangan VIP dan enam lapangan reguler yang disewakan untuk umum. Selain itu, Marcus juga membuka akademi badminton di gor tersebut.

Tak hanya itu, Marcus juga tercatat masih memiliki beberapa lini bisnis lainnya seperti cafe, restoran, dan toko olahraga.

5. Mohammad Ahsan

5 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Juga Jago BerbisnisPotret Mohammad Ahsan ketika tidak bermain bulu tangkis (instagram.com/king.chayra)

Nama Mohammad Ahsan pasti sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta bulu tangkis. Pemain yang terkenal dengan smash kencangnya ini sudah sejak kecil menekuni bulu tangkis sehingga membuatnya menjadi pemain hebat dunia. 

Selain sukses di bulu tangkis, Ahsan juga terbukti sukses dalam membangun bisnis. Saat ini atlet yang berpasangan dengan Hendra Setiawan di nomor ganda putra tersebut memiliki bisnis villa yang disewakan untuk umum dengan nama King Villa. Villa ini berada di kawasan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Itulah sederet bisnis yang dimiliki pemain bulu tangkis tanah air. Semoga para atlet ini bisa terus berkiprah di kancah bulu tangkis dunia dan terus mengharumkan nama Indonesia, ya!

Nisfi Amalia Photo Writer Nisfi Amalia

Let's write!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya