5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepang

Cukup bikin geleng-geleng deh!

Siapa sih yang gak tahu dengan olahraga gulat yang satu ini? Yup! Sumo adalah salah satu olahraga yang berasal dari Negeri Sakura, Jepang yang kini sudah banyak juga diselenggarakan oleh negara-negara lainnya.

Jika kebanyakan olahraga mengharuskan atletnya untuk menjaga porsi tubuhnya, sumo malah mengharuskan para pemainnya yang disebut dengan pegulat sumo untuk menggemukkan badannya hingga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar.

Dan bahkan semakin besar badan pegulat sumo, maka akan semakin besar pula peluang pegulat tersebut untuk menjuarai pertandingan.

Di balik olahraga yang dikenal memiliki teknik utama saling dorong satu sama lain untuk memperebutkan gelar juara ini, yuk kenali beberapa fakta seputar olahraga sumo di bawah ini!

1. Menjadi salah satu olahraga yang sudah ada sejak zaman prasejarah

5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangscorum.id

Sumo diketahui sudah ada sejak abad ke 8. Pada zaman itu, sumo dikenal dengan nama sumai. Sumo di masa sekarang disinyalir lebih manusiawi dibandingkan pada awal diciptakannya dahulu. Konon, pada masa itu para pegulat sumo bertanding hingga bahkan lawannya akan  mati karena terlalu banyak menggunakan kekerasan fisik.

2. Awal mulanya merupakan salah satu bagian ritual keagamaan

5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangbedroomfurniture.club

Menjadi salah satu olahraga tertua di dunia, sumo ternyata awal mulanya merupakan salah satu kegiatan yang digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat Jepang yang dikenal berkeyakinan agama shinto.

Pada masa itu, pertandingan sumo dikatakan sebagai pertandingan antara manusia dan juga dewa shinto, serta wasit pertandingan dikatakan sebagai pendeta shinto.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Ramen, Makanan Jepang yang Mendunia

3. Ritual unik sebelum memulai pertandingan

5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangartforia.com

Sumo juga dikenal menjadi salah satu olahraga yang memiliki ritual unik di dalamnya. Seperti menaburkan garam pada ring pertandingan dan juga kegiatan pegulat yang menghentak-hentakkan kaki ke tanah sebelum terjadinya pertandingan, dengan tujuan untuk mengusir bala atau gangguan.

4. Serangkaian peraturan rumit yang mengikat pegulat profesional

5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangpicture-worl.org

Menjadi pegulat sumo profesional ternyata memiliki beberapa aturan yang telah ditetapkan oleh pihak asosiasi dan harus ditaati.

Dimulai dari harus mengenakan pakaian tradisional Jepang yang disesuaikan dengan tingkatan kelas para pegulatnya, hingga tatanan rambut pegulat yang harus panjang dan ditata dengan bentuk konde di atasnya.

5. Melarang adanya keterlibatan wanita

5 Fakta Menarik Seputar Olahraga Sumo Kebanggaan Orang Jepangtwitter.com/Metropolis Magazine

Sumo menjadi salah satu olahraga yang melarang adanya keterlibatan wanita dalam pertandingannya. Baik untuk menjadi salah satu pegulat, maupun sekadar menonton. 

Masyarakat Jepang percaya bahwa wanita dapat membuat dewi persembahan menjadi cemburu. Namun, seiring perkembangannya, ada beberapa pertandingan sumo yang kini telah memperbolehkan wanita untuk turut berpartisipasi di dalamnya.

Duh, ternyata menjadi pegulat sumo cukup menyulitkan ya. Gimana nih, setelah melihat beberapa fakta tentang sumo di atas, tertarik untuk mencoba menjadi pegulat sumo atau hanya sekadar melihat pertandingannya?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Zorbing, Olahraga Ekstrem di Dalam Bola Besar

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya