6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun Ini

Kickboxer terbaik di muka bumi berlaga di ONE: FIRST STRIKE

ONE: FIRST STRIKE akan menjadi ajang kickboxing terbesar ONE Championship pada 2021 ini. Menampilkan 12 kickboxer terbaik di kelas bulu (featherweight) dan berat (heavyweight), gelaran ini akan ditayangkan live dari Singapore Indoor Stadium pada Jumat malam, 15 Oktober 2021 mulai pukul 19.30 WIB.

Ajang ini akan memuncak pada perebutan gelar juara dunia ONE Featherweight Kickboxing, sekaligus menandai dimulainya babak perempat final turnamen ONE Featherweight Kickboxing World Grand Prix.

Berikut ini adalah pratinjau dari enam laga yang akan tersaji.

1. Giorgio Petrosyan vs. Superbon

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniGiorgio Petrosyan (kiri) akan menghadapi Superbon dalam laga puncak ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Pada partai puncak, ada laga perebutan gelar juara dunia ONE Featherweight Kickboxing. Divisi tersebut saat ini memang belum bertuan, siapa pun pemenangnya akan menjadi raja perdana.

Giorgio “The Doctor” Petrosyan telah lama dianggap sebagai kickboxer terbaik sepanjang masa. Juara ONE Featherweight Kickboxing World Grand Prix 2019 ini memiliki catatan rekor yang nyaris sempurna, 104-2-2 (2 NC), dan tak terkalahkan selama tiga tahun berkiprah di ONE.

Namun, ia akan menghadapi jagoan dari Thailand dalam diri Superbon. Ia adalah juara KLF Kickboxing Tournament dengan rekor 111-34 dan 10 kemenangan beruntun, termasuk atas Sitthichai “Killer Kid” Sitsongpeenong.

2. Marat Griogorian vs. Andy Souwer

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniMarat Grigorian (kiri) akan menghadapi Andy Souwer di ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Pada laga pendukung utama, akan ada aksi dari Marat Grigorian, atlet yang dianggap sebagai kickboxer terbaik di muka bumi saat ini.

Grigorian, yang tiga kali juara dunia Glory Kickboxing, dikenal karena rajin mencetak KO. Contohnya, saat debut melawan Ivan Kondratev di ONE Desember lalu. Ia bangkit dari ketertinggalan setelah sempat tersungkur dan berbalik meraih KO pada ronde kedua.

Lawannya dalam babak perempat final turnamen adalah Andy “Souwer Power” Souwer, seorang ikon kicboxing dari Belanda yang memiliki motivasi ganda. Ia mengaku ingin mengerahkan segala kemampuan terbaiknya sebelum memutuskan pensiun dari olahraga yang telah membesarkan namanya ini. 

3. Sitthichai vs. Tayfun Ozcan

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniSitthichai (kiri) berhadapan dengan Tayfun Ozcan di ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Setelah sempat tertunda karena cedera, laga Tayfun “Turbine” Ozcan melawan Sitthichai “Killer Kid” Sitsongpeenong kini tinggal menunggu hitungan jam.

Sitthichai telah delapan kali menjadi juara dunia kickboxing dan muay thai. Ia pun dianggap sebagai salah satu petarung terbaik Thailand pada generasinya. Ia sesumbar jika Ozcan memiliki “dagu kaca”, yang bisa ia pecahkan lewat sekali pukulan.

Ucapan itu memicu reaksi dari sang lawan. Atlet yang mewakili Belanda dan Turki ini mengaku jika Sitthichai memang jadi ujian terberat dalam kariernya. Namun, ia yakin bisa melanjutkan kiprah ciamik selama empat tahun terakhir.

Sejak 2017, ia telah mengemas 12 kemenangan tanpa menelan kekalahan.

Baca Juga: Mengenal Bidadari MMA yang Tembus Semifinal Turnamen ONE Championship

4. Samy Sana vs. Chingiz Allazov

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniSamy Sana (kiri) akan menghadapi Chingiz Allazov di ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Samy “AK47” Sana dan Chingiz “Chinga” Allazov sama-sama ingin membuktikan kapasitas mereka sebagai raja kickboxing

Sana tampil mengejutkan di ONE Featherweight Kickboxing World Grand Prix 2019 dengan mengalahkan dua striker legendaris, Yodsanklai IWE Fairtex dan Dzhabar Askerov.

Namun, ia harus tunduk dari Petrosyan di partai final dalam laga senilai 1 juta dolar AS (Rp 1,4 miliar). Hasil itu memang meninggalkan rasa pahit, tetapi ia bertekad meraih penebusan malam nanti.

Allazov juga ingin menebus kekalahan dalam debutnya di ONE April lalu. Hasil itu menjadi kekalahan kelima dalam karier petarung asal Azerbaijan ini. Kemenangan atas Sana akan makin mengangkat namanya dan juga membawanya menembus semifinal.

5. Enriko Kehl vs. Davit Kiria

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniEnriko Kehl (kiri) menghadapi Davit Kira di ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Laga pertama dalam babak perempat final ONE Featherweight Kickboxing World Grand Prix malam nanti akan menampilkan Enriko “The Hurricane” Kehl dan Davit Kiria, dua petarung yang bisa jadi kuda hitam.

Pada Grand Prix 2019, Kehl tereliminasi di babak perempat final. Sejak saat itu, ia meraih tiga kemenangan beruntun termasuk atas Allazov. Striker berbahaya asal Jerman ini dikenal sebagai salah satu kickboxer dengan gaya tanding paling menarik.

Di sudut lain, Kiria bukanlah nama sembarangan. Meskipun ini akan jadi Grand Prix pertama baginya di ONE, ia adalah salah satu petarung terbaik dari Georgia dengan reputasi tinggi.

6. Rade Opacic vs. Patrick Schmid

6 Laga Hidup Mati di Ajang Kickboxing Terbesar Tahun IniRade Opacic (kiri) akan menghadapi Patrick Schmid di ONE: FIRST STRIKE. (dok. ONE Championship)

Pada partai pembuka, akan ada laga kickboxing kelas berat. Meski masih relatif muda, Rade Opacic telah menunjukkan kualitasnya sebagai petarung mengerikan.

Pria 24 tahun asal Serbia ini mencetak dua KO atas petarung veteran di ONE. Kini, ia bertekad melanjutkan kiprah manisnya saat menghadapi Patrick “Big Swiss” Schmid.

Petarung asal Swiss tersebut sedang mengincar kemenangan demi mendapat kesempatan bertanding dalam laga perebutan gelar. Dominasi atas atlet yang tengah naik daun seperti Opacic tentu akan memuluskan jalannya.

7. Cara Menyaksikan ONE: FIRST STRIKE

https://www.youtube.com/embed/u0ZVb4WpvO4

ONE: FIRST STRIKE dapat disaksikan live lewat Youtube pada Jumat, 15 Oktober 2021 mulai pukul 19.30 WIB. Ajang ini juga akan tayang di Kaskus TV, Vidio, dan MAXStream pada waktu yang sama.

Selain itu, SCTV akan menayangkannya mulai pukul 23.30 WIB pada hari yang sama.

Baca Juga: 6 Finisher Mengerikan dari Indonesia di ONE Championship

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya