Dobrak Stigma, Priscilla Bangga Kibarkan Merah Putih di Panggung Dunia

Sempat banyak yang mencibir kiprahnya sebagai petarung MMA 

Seni bela diri campuran atau MMA memang kerap didominasi kaum adam. Namun, kiprah Priscilla Hertati Lumban Gaol menepis stigma tersebut.

Petarung harapan Indonesia ini mampu memberi kebanggaan pada Tanah Air berkat torehan kemenangan di ONE Championship. Ia telah tujuh kali mengibarkan Merah Putih di pentas global dalam 10 laga terakhirnya.

Perjalanannya menuju skena MMA global penuh perjuangan, yang ditandai dengan banyaknya cibiran tentang karier yang ia tempuh. Namun, hal itu juga yang memotivasinya menjadi seniman bela diri ternama. Berikut adalah lima fakta terkait seniman bela diri berusia 33 tahun tersebut.

1. Awalnya pemalu

Priscilla memang dikenal lewat pukulan dan tendangan tajam saat berlaga. Ia tak takut menghadapi siapa pun lawan di depannya. Namun, citra itu sangat jauh jika dibandingkan dengan dirinya yang dulu.

"Bela diri membuat saya lebih berani bicara. Dulu saya pemalu, pendiam, dan kini saya bisa menjaga diri sendiri, jadi lebih pede," tutur Priscilla.

Berkat MMA, Priscilla mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri. Setiap kepalan tinju yang ia layangkan seolah berbicara di atas arena.

2. Sempat ditentang orangtua

Dobrak Stigma, Priscilla Bangga Kibarkan Merah Putih di Panggung DuniaPriscilla Hertati Lumban Gaol didampingi Gadis Ring saat merayakan kemenangan. (dok. ONE Championship)

Faktanya, perjalanannya tidak selalu mulus. Ada berbagai rintangan hingga penolakan tentang mimpinya menjadi seniman bela diri.

Priscilla harus berjuang untuk meyakinkan orang terdekat tentang pilihan karier yang ia jalani. Ia bahkan harus menunggu hingga 13 tahun sebelum sang ibunda hadir di bangku penonton untuk menyaksikan sang putri kesayangan berlaga.

“Untuk semua perempuan Indonesia di luar sana, jangan ragu untuk mengejar karier sebagai atlet ataupun juara. Yang perlu dilakukan apa pun pilihannya adalah tetap disiplin dan berlatih keras. Saya percaya mereka akan mencapai target masing-masing,” ujar Priscilla setelah meraih kemenangan di Istora Senayan, Jakarta, pada 2019 silam.

Baca Juga: Mengenal Bidadari MMA yang Tembus Semifinal Turnamen ONE Championship

3. Berawal dari wushu

Dobrak Stigma, Priscilla Bangga Kibarkan Merah Putih di Panggung DuniaPriscilla Hertati Lumban Gaol melayangkan tendangan pada atlet India Puja Tomar. (dok. ONE Championship)

Petarung 33 tahun itu menceritakan awal perkenalannya dengan bela diri. Ia mengenal bela diri dari sang kakak. Meski awalnya diminta untuk belajar tinju, Priscilla justru punya minat lain.

Perempuan kelahiran Dolok Sanggul, Sumatra Utara, itu memilih untuk menekuni wushu, hingga merambah cabang lainnya, seperti pencak silat, muay thai, kickboxing, dan jiu jitsu.

"Saya ikut PON tiga kali, kejuaraan (wushu) dunia dua kali, Asian Games satu kali. Ini modal saya sampai bisa masuk ONE Championship," tutur Priscilla, yang meraih medali perunggu kejuaraan wushu dunia di Kuala Lumpur pada 2013 silam.

4. Bangkit dari kekalahan 

Dobrak Stigma, Priscilla Bangga Kibarkan Merah Putih di Panggung DuniaAksi Priscilla Hertati Lumban Gaol saat berjalan menuju arena. (dok. ONE Championship)

Saat awal bergabung dengan ONE Championship, Priscilla mengalami cobaan berat setelah kalah dua kali berturut-turut. Tak patah semangat, ia berhasil bangkit dan menebusnya dengan tiga kemenangan beruntun.

Bahkan, pada 2018, Priscilla menjadi petarung tersibuk di ONE dengan menjalani enam laga. Ia pun meraih lima kemenangan sepanjang tahun tersebut.

5. Menjadi seorang ibu 

Dobrak Stigma, Priscilla Bangga Kibarkan Merah Putih di Panggung DuniaGaya Priscilla dalam foto pre-wedding bersama suami. (dok. ONE Championship)

Priscilla menjalani tahun istimewa pada 2021 ini. Ia dikaruniai seorang putri dari buah pernikahannya dengan Teguh Wartana.

Namun, statusnya sebagai seorang ibu tetap tak menyurutkan semangatnya untuk melanjutkan kiprah dalam MMA. Terlebih sang suami juga merangkap pelatih yang sejalan dengan semangat Priscilla.

“Memiliki bayi semakin memotivasi saya untuk kembali ke Circle ONE Championship. Ada banyak petarung perempuan yang memiliki anak dan mampu menjadikan seni bela diri campuran sebagai kariernya. Hal itu menginspirasi dan memotivasi saya," tegas Priscilla.

Baca Juga: 6 Finisher Mengerikan dari Indonesia di ONE Championship

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya