4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE Championship

Salah satu grappler terbaik di dunia MMA

Reinier de Ridder dikenal sebagai salah satu petarung paling dominan dalam dunia MMA.  Memiliki rekor 16-0, sang atlet berjuluk The Dutch Knight belum tersentuh kekalahan.

Berkarier di ONE Championship sejak awal 2019, De Ridder juga telah mengantongi tujuh kemenangan beruntun. Kemenangan itu diraihnya dengan meyakinkan atas banyak nama besar, seperti juara dunia divisi terdahulu.

Berikut empat kuncian terbaik Reinier de Ridder di ONE Championship!

1. Kunci Fan Rong lewat teknik d'arce dalam debut

4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE ChampionshipReinier de Ridder sukses menekuk Fan Rong dalam debutnya di ONE: HERO'S ASCENT. (dok. ONE Championship)

Reinier de Ridder berhasil membuat debut impresif di ONE dengan menaklukkan Fan Rong di divisi middleweight pada Januari 2019 di Filipina. Berhadapan dengan atlet dari China, De Ridder langsung membawa lawannya ke bawah lewat single leg take-down pada awal ronde pembuka.

Melihat Rong di atas kanvas, sang grappler Belanda tak menyia-nyiakan momen untuk melancarkan kuncian. Dalam hitungan detik, De Ridder berhasil memasukkan kuncian d'arce yang memaksa lawannya menyerah pada menit 1:15 ronde pertama. Dari situ, karier De Ridder di MMA kian menanjak.

2. Lengserkan Aung La N Sang lewat teknik rear-naked choke

4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE ChampionshipReinier de Ridder mencekik leher Aung La N Sang di ONE: INSIDE THE MATRIX (dok. ONE Championship)

Laga terbaik Reinier de Ridder berikutnya juga terjadi saat menghadapi mantan juara dunia dua divisi Aung La N Sang, dalam laga Kejuaraan Dunia ONE Middleweight di ONE: INSIDE THE MATRIX pada 2020. Berada dalam posisi tak diunggulkan, dengan mengejutkan The Dutch Knight berhasil menahan agresivitas sang atlet dari Myanmar dan menjatuhkannya.

Di atas kanvas, Aung La pun langsung jadi santapan sang grappler. Dengan lihai, De Ridder berhasil mencari celah dalam pertahanan Aung La dan menguncinya. Mendapati kerasnya cekikan De Ridder, Aung La pun menyerah pada menit 3:26 ronde pertama.

Baca Juga: Islam Makhachev Tebar Pujian kepada ONE Championship 

3. Paksa Kiamrian Abbasov menyerah lewat kuncian 

4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE ChampionshipReinier de Ridder mencekik leher Kiamrian Abbasov di ONE: FULL CIRCLE. (dok. ONE Championship)

Rekam jejak Reinier de Ridder sebagai penakluk juara dunia kian teruji setelah sukses mendominasi mantan juara dunia ONE Welterweight Kiamrian Abbasov di ONE: FULL CIRCLE pada awal 2022. Menghadapi Abbasov yang naik satu divisi ke kelas middleweight, De Ridder tak mendapat kesulitan berarti.

Dengan postur yang jauh lebih unggul, The Dutch Knight berhasil menahan hampir semua agresi sang bintang Kirgistan. Puncaknya, De Ridder mengunci Abbasov yang sudah kelelahan pada detik 57 ronde ketiga lewat kuncian arm-triangle choke. Sang bintang Belanda pun kembali mempertahankan gelarnya.

4. Buat Vitaly Bigdash tertidur lewat kuncian inverted triangle

4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE ChampionshipReinier de Ridder mencekik leher Vitaly Bigdash di ONE 159 (dok. ONE Championship)

Usai laga pertahanan gelar middleweight pertama, berikutnya Reinier de Ridder kembali mendapat tantangan dari mantan juara dunia ONE Middleweight Vitaly Bigdash. Pada menit awal, sang bintang Rusia sempat mengancam lewat upaya kuncian guillotine.

Berkat jam terbang yang tinggi di atas matras, De Ridder berhasil lolos dari posisi sulit. Mendapati mangsanya lolos, Bigdash kembali mengejar De Ridder di atas matras. Namun, dengan lihai, sang bintang Belanda balik mengunci Bigdash lewat teknik inverted triangle dan menidurkannya pada menit 3:29 ronde pertama.

5. Reinier de Ridder akan hadapi Anatoly Malykhin di ONE Fight Night 5

https://www.youtube.com/embed/sDox3SXHXAY

Pada 3 Desember 2022 mendatang, Reinier de Ridder akan mendapat tantangan besar dalam laga pertahanan sabuk juara dunia ONE Light Heavyweight pertamanya. Juara interim kelas berat Anatoly Malykhin akan turun satu divisi demi mengalahkan sang grappler Belanda.

Memiliki raihan profesional 11-0, kedua atlet tak terkalahkan ini akan saling beradu untuk membuktikan diri sebagai yang terbaik di puncak ONE Fight Night 5 di Manila, Filipina. ONE Fight Night 5 dapat disaksikan live pada Sabtu pagi (3/12/2022) lewat Vidio, Maxstream, Kaskus TV dan Netverse mulai pukul 08.00 WIB. Selain itu, Net TV akan menayangkan siaran tunda pada Minggu (4/12/2022) malam mulai pukul 23.30 WIB.

Baca Juga: Duel Raksasa MMA Tak Terkalahkan Puncaki ONE Fight Night 5

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya