Comscore Tracker

Menebak 4 Calon Lawan Eko Roni Saputra Berikutnya

Jago-jago semua, nih!

Usai cetak rekor kemenangan tercepat di divisi flyweight ONE Championship pada Agustus 2021 lalu, kiprah Eko Roni Saputra kerap dinantikan para penggemar MMA Tanah Air. Tak jarang, setiap unggahan di media sosial dibanjiri pertanyaan kapan ia kembali bertanding.

Petarung kelahiran Samarinda ini mengaku belum mendapat tawaran resmi kapan dan siapa lawan yang akan ia hadapi selanjutnya. Namun, ia menargetkan untuk kembali berlaga awal tahun depan.

Ia bahkan bertekad untuk menembus peringkat lima besar ONE Championship demi mendekatkan langkahnya ke jalur juara. Apalagi namanya kian melambung usai mengalahkan petarung China, Liu Peng Shuai, hanya dalam waktu 10 detik. Hasil itu melengkapi catatan lima kemenangan beruntunnya.

Jika ingin menembus lima besar divisi flyweight, maka lawan yang ia hadapi pun harus memiliki rekor ciamik. Berikut adalah empat lawan potensial bagi Eko saat kembali berlaga di ONE: 

1. Chan Rothana

Menebak 4 Calon Lawan Eko Roni Saputra Berikutnyapetarung MMA asal Kamboja Chan Rothana (dok. ONE Championship)

Chan Rothana sejauh ini menjadi mimpi buruk bagi petarung yang mewakili Indonesia di pentas global ONE Championship. Dua juara OnePride, Rudy Agustian dan Abro Fernandes, telah menjadi saksi betapa berbahayanya petarung asal Kamboja ini.

Dengan rekor 215-18 dalam Kun Khmer—seni bela diri tradisional Kamboja—Rothana memiliki kemampuan striking mumpuni yang membuatnya jadi salah satu nama mengerikan di divisi flyweight

Jika nanti Eko dihadapkan pada petarung 35 tahun ini, maka ada motivasi ganda baginya untuk memenangi laga. Raihan positif bukan hanya akan melambungkan namanya, tetapi juga menjadi balasan manis atas dua kekalahan kompatriotnya.

2. Gurdarshan Mangat

Menebak 4 Calon Lawan Eko Roni Saputra BerikutnyaPetarung berdarah India/Kanada, Gurdarshan Mangat, melayangkan tendangan kepada Abro Fernandes. (dok. ONE Championship)

Saat ditanya siapa lawan yang ingin dihadapi, Eko Roni menyebut nama Gurdarshan "Saint Lion" Mangat, petarung Kanada berdarah India. Ia adalah salah satu atlet veteran di divisi flyweight saat ini.

Mangat saat ini memiliki rekor 16-3 dalam MMA dan bisa menjadi batu loncatan yang bagus bagi karier Eko Roni jika berhasil memenangi laga. Kemenangan atas petarung 34 tahun ini juga bisa menjadi bukti kesiapannya menembus papan atas divisi flyweight.

Selain itu, Mangat juga pernah mengalahkan Abro. Hal ini, tentu bisa menjadi motivasi tambahan bagi sang putra daerah kelahiran Samarinda.

Baca Juga: 5 Petarung ONE Championship yang Cocok Jadi Aktor

3. Yodkaikaew Fairtex

Menebak 4 Calon Lawan Eko Roni Saputra BerikutnyaPetarung Thailand Yodkaikaew Fairtex merayakan kemenangan. (dok. ONE Championship)

Sama seperti halnya Eko Roni, Yodkaikaew "Y2K" Fairtex juga menjadi buah bibir berkat torehan ciamiknya. Petarung Thailand ini telah menjalani empat laga di ONE dengan torehan tiga kemenangan.

Selain itu, ia memiliki dasar yang kuat dalam muay thai. Terbukti, sebelum terjun ke dunia MMA, ia telah mengoleksi 60 kemenangan dari 87 laga dalam seni delapan tungkai.

Kemenangan atas sesama bintang yang tengah naik daun bukan hanya membuat nama Eko Roni semakin dikenal, tetapi juga menaikkan gengsi atlet Indonesia di kancah persaingan seni bela diri Asia Tenggara. 

4. Reece McLaren

Menebak 4 Calon Lawan Eko Roni Saputra BerikutnyaPetarung Australia Reece McLaren berpose di dalam arena laga. (dok. ONE Championship)

Dari empat nama yang ada, Reece "Lightning" McLaren mungkin jadi calon yang paling berat. Tidak seperti tiga nama lain, ia saat ini berada di peringkat lima besar divisi flyweight—target yang ingin dicapai Eko Roni tahun depan.

Jika ingin mendobrak ke lima besar, maka menjadi logis jika Eko perlu menggusur seseorang dari peringkat tersebut. Namun, petarung Australia ini bukan lawan yang mudah.

Ia telah lebih dahulu terjun ke dunia MMA profesional dan telah menyandang sabuk hitam BJJ. Dengan rekor 13-7, serta kemampuan menyihir elite dalam ranah grappling, McLaren akan menjadi ujian berat bagi Eko Roni.

5. Cara Menyaksikan ONE: NEXTGEN III

https://www.youtube.com/embed/lD1H-XQMiiw

ONE Championship akan menayangkan ONE: NEXTGEN III pada Jumat, 26 November, mulai pukul 19.30 WIB. Ajang ini akan menampilkan enam laga bela diri dalam disiplin kickboxing, muay thai, dan MMA.

Baca Juga: Pukulan Eko Roni atas Petarung China Jadi KO Terbaik ONE Championship

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya