Comscore Tracker

ONE Fight Night 5: Malykhin Pukul KO De Ridder di Ronde Pertama

Kini Malykhin punya dua sabuk emas

ONE Fight 5 berakhir dengan sejumlah kejutan. Digelar di Mall of Asia Arena di Manila, Filipina, Sabtu (3/12/2022), dua juara dunia berbeda nasib.

Di laga puncak, sang juara dunia interim ONE Heavyweight berhasil menekuk Reinier de Ridder dan merebut sabuk emas ONE Light Heavyweight. Sabuk itu melengkapi sabuk emas interim kelas berat miliknya. 

Di laga perebutan gelar lainnya, Kade Ruotolo berhasil mengalahkan Mattheus Gabriel untuk mempertahankan sabuk juara dunia ONE Lightweight Submission Grappling. Seperti apa keseruannya?

1. Anatoly Malykhin jadi juara dunia baru ONE Light Heavyweight

Pada ronde awal, Reinier de Ridder lebih dahulu membuka laga lewat tendangan rendah ke arah Anatoly Malykhin. Namun, agresivitas itu berhasil ditahan dan dibalas dengan serangkaian kombinasi pukulan yang memukul mundur sang juara bertahan.

Menyadari posisinya yang sulit, The Dutch Knight langsung menyarangkan upaya take-down yang berkali-kali dimentahkan bintang Rusia. Tak jarang De Ridder harus menebus upaya take-down yang gagal dengan bogem mentah Malykhin.

Alhasil, sejumlah tinju keras Sladkiy berhasil melukai De Ridder yang terhuyung sampai dinding arena. Menyadari kondisi lawannya yang sudah gontai, Malykhin segera melayangkan pukulan body shot dan hook kanan keras yang menjatuhkan sang mantan juara dunia dua divisi.

Malykhin pun segera menjatuhkan pukulan penutup kepada De Ridder yang terjatuh, sampai wasit Olivier Coste menghentikan laga pada menit 4:35 ronde pertama. Atas aksinya, Malykhin juga diganjar bonus penampilan spektakuler senilai 100 ribu dolar Amerika atau setara dengan Rp1,5 miliar.

Tak sampai situ, Malykhin mendapat status baru sebagai juara dunia dua divisi baru. Ia mempertajam rekor tak terkalahkannya menjadi 12-0.

2. Kade Ruotolo lanjut pertahankan gelar

ONE Fight Night 5: Malykhin Pukul KO De Ridder di Ronde PertamaKade Ruotolo pertahankan sabuk emas ONE Lightweight Submission Grappling dari Matheus Gabriel. (dok. ONE Championship)

Di laga pendukung utama, bintang muda Kade Ruotolo sukses dalam laga pertahanan sabuk emas ONE Lightweight Submission Grappling pertamanya kontra Matheus Gabriel. Dalam partai yang menampilkan kedua juara BJJ, Kade lebih dulu bermain agresif dan menjatuhkan Gabriel.

Sang penantang sempat beralih ke posisi bertahan dan memaksa Kade keluar dari zona aman. Berkali-kali Kade berusaha mencari celah dalam pertahanan Gabriel yang ulet, hingga ia berhasil mencuri kaki sang bintang Brasil dan berupaya menguncinya. Gabriel dapat bertahan dan keduanya kembali berdiri.

Setelahnya, berganti Gabriel yang bermain agresif dan memaksa Kade berada pada posisi bertahan di atas kanvas. Keduanya pun segera merangsek satu sama lain dalam pertukaran kuncian yang berakhir lewat bel penutup ronde.

Walau tak berakhir lewat kuncian, ketiga juri memberikan kemenangan lewat keputusan bulat (unanimous decision) kepada Kade. Ia telah mencatat sejarah sebagai juara dunia ADCC termuda pada usia 19 tahun.

Baca Juga: 3 Aksi Kocak Juara Dunia Interim ONE Heavyweight Anatoly Malykhin

3. Debut Roberto Soldic berakhir no contest

ONE Fight Night 5: Malykhin Pukul KO De Ridder di Ronde PertamaRoberto Soldic berhadapan dengan Murad Ramazanov dalam debut yang berakhir no contest. (dok. ONE Championship)

Sayang, laga besar antara Roberto Soldic dan Murad Ramazanov harus berakhir dengan no contest. Hal itu menodai debut sang juara dunia KSW dua divisi yang begitu dinanti.

Pada menit awal, sang atlet Kroasia berjuluk Robocop itu lebih dahulu bermain menekan. Namun, Ramazanov tak perlu waktu lama untuk melancarkan take-down dan membawa Soldic ke dinding arena.

Dalam posisi sulit, Soldic berusaha bertahan dan perlahan bangkit kembali di atas kedua kakinya. Dalam upayanya keluar dari cengkeraman sang bintang Dagestan, Ramazanov tak sengaja menendang area terlarang Soldic.

Dengan ekspresi kesakitan, Soldic pun langsung terbujur kaku di atas kanvas. Melihat kondisi sang bintang Kroasia yang mengerang kesakitan, laga harus diakhiri dengan hasil keputusan no contest.

4. Hasil lengkap ONE Fight Night 5

ONE Fight Night 5: Malykhin Pukul KO De Ridder di Ronde PertamaJasur Mirzamukhamedov bertukar pukulan dengan Oumar Kane di ONE Fight Night 5. (dok. ONE Championship)

Laga Utama ONE Fight Night 5

- Anatoly Malykhin menang atas Reinier de Ridder lewat KO pada menit 4:35 ronde pertama (Kejuaraan Dunia ONE Light Heavyweight - MMA).

- Kade Ruotolo menang atas Matheus Gabriel lewat keputusan bulat (Kejuaraan Dunia Lightweight Submission Grappling).

- Laga Roberto Soldic dan Murad Ramazanov dinyatakan No Contest (welterweight - MMA).

- Jackie Buntan menang atas Amber Kitchen lewat keputusan bulat (catchweight 130 lbs - Muay Thai).

- Lowen Tynanes menang atas Dae Sung Park lewat keputusan terbelah (lightweight - MMA).

Lead Card ONE Fight Night 5

- Edson Marques menang atas Eduard Folayang lewat TKO di menit 2:53 ronde kedua (lightweight - MMA).

- Tye Ruotolo menang atas Marat Gafurov lewat kuncian armbar di menit 5:09 ronde pertama (lightweight - Submission Grappling).

- Oumar Kane menang atas Jasur Mirzamukhamedov lewat keputusan bulat (heavyweight - MMA).

- Denice Zamboanga menang atas Lin Heqin lewat keputusan terbelah (atomweight wanita - MMA).

Baca Juga: 4 Fakta Anatoly Malykhin, Juara Dunia Interim Kelas Berat ONE

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya