3 Penyelesaian Kuncian Terbaik di ONE pada 2022

Penyelesaiannya bikin geleng-geleng kepala

Tahun 2022 berganti menjadi 2023. Tahun 2022 telah menjadi salah satu tahun yang menarik. Ada tiga penyelesaian kuncian terbaik di ONE pada tahun itu.

ONE Championship sendiri resmi menghadirkan disiplin baru submission grappling pada 2022. Walau terbilang baru, nyatanya tak sedikit penyelesaian dahsyat tercipta dalam durasi kurang dari setahun.

Berikut penyelesaian kuncian terbaik tahun lalu.

1. Reinier de Ridder jerat Vitaly Bigdash

https://www.youtube.com/embed/OvvkUDFRxvI

Di urutan pertama, ada kuncian inverted-triangle choke yang luar biasa dari grappler Belanda Reinier de Ridder. Bintang BJJ itu pun menunjukkan keahliannya saat mempertahankan sabuk emas ONE Middleweight dari mantan penguasa divisi Vitaly Bigdash di ONE 159.

Awalnya, Bigdash tampak hampir mengakhiri perjuangan De Ridder lewat kuncian guillotine-choke yang diraihnya dari posisi berdiri. Ketika De Ridder berhasil lepas, posisi mendadak terbalik 180 derajat.

De Ridder, yang awalnya mengincar lengan kiri Bigdash, berganti posisi secara ajaib dan mencekik leher lawannya dengan kedua kaki. Alhasil, laga harus dihentikan pada menit 3:29 ronde pertama.

2. Rodrigo Marello lipat kaki Ruslan Bagdasarian 

https://www.youtube.com/embed/WLSND0IIXos

Penyelesaian kuncian De Ridder mungkin adalah yang terbaik, tetapi aksi kuncian Rodrigo Marello jadi yang tercepat. Pemegang sabuk hitam BJJ elite itu beraksi dengan luar biasa dalam debut promosional yang dijalaninya di ONE 161.

Dihadapkan dengan kompetitor sambo kelas dunia, Ruslan Bagdasarian, sang atlet perwakilan Evolve MMA itu tak membuang waktu untuk meraih ankle lock kuat. Marello berhasil memaksa Bagdasarian menyerah dalam waktu 15 detik saja.

Raihan Marello itu menjadi penyelesaian tercepat dalam sejarah submission grappling ONE. Ia mencetak poin pertama bagi jiu-jitsu dalam persaingan keras dengan seni bela diri sambo dari Rusia.

Baca Juga: ONE Championship Rekrut 4 Petarung MMA Tak Terkalahkan

3. Bianca Basilio cekik Milena Sakumoto 

https://www.youtube.com/embed/qIOOS8mM3cs

Jika Marello berhasil mencetak penyelesaian tercepat dalam sejarah submission grappling ONE, maka aksi Bianca Masilio adalah yang tercepat di kalangan grappler perempuan. Sebagai juara dunia ADCC, Bianca Basilio memasuki laga submission grappling perempuan perdananya melawan sesama pemegang sabuk hitam, Milena Sakumoto, di ajang ONE 163.

Petarung legendaris Brasil itu segera mengamankan posisi di punggung Sakumoto dalam hitungan detik. Ia mengancamnya dengan kuncian leher. Hanya butuh waktu 42 detik bagi Basilio untuk memaksa lawannya menyerah.

4. ONE Championship gelar ajang perdana di AS

Setelah menggelar ajang di berbagai negara di Asia, ONE Championship akan mengunjungi Amerika Serikat lewat gelaran ONE Fight Night 10. Ada laga trilogi antrara Demetrious Johnson dan Adriano Moraes di sana.

Keduanya akan berebut gelar juara dunia ONE Flyweight. Mereka telah bertemu dua kali dengan skor imbang satu sama. Kemenangan mereka pun diwarnai serangan identik lewat lutut. ONE Fight Night 10 sendiri akan digelar di Denver, Colorado, pada 6 Mei 2023.

Baca Juga: 4 Kuncian Terbaik Reinier de Ridder di ONE Championship

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya