Perjuangan Berliku Linda Darrow ke ONE Championship

Sempat tidak makan nasi 2 tahun

Linda Darrow menjadi srikandi MMA Indonesia terbaru yang bergabung dengan ONE. Ia meniti kariernya dari titik terendah.

Di skena MMA tanah air, nama Linda Darrow bukanlah pendatang baru. Dijuluki The Arrow, atlet asal Jambi itu sukses merajai divisi strawweight perempuan di promotor lokal.

Bergabung dengan ONE Championship, atlet perwakilan HAN Fighting Academy itu pun ingin menjajal panggung MMA global. Ia berniat mengibarkan Merah Putih di panggung tertinggi.

1. Debut hadapi bintang Brasil 

Setelah bergabung dengan ONE pada akhir 2022 lalu, Linda Darrow akan segera turun tanding pada 25 Februari 2023 ini. Ia mesti berhadapan dengan bintang Brasil, Victoria Souza, di ONE Fight Night 7.

Lawan Linda mendatang sempat debut di ONE, tetapi harus menelan kekalahan dari mendiang Victoria Lee. Memiliki raihan rekor profesional 6-1 di MMA, Souza bisa menjadi ujian awal bagi Linda di divisi atomweight.

2. Hadapi masa sulit saat krisis moneter 1998

Lahir dari keluarga sederhana, Linda Darrow pernah berada di titik terendah saat berumur 10 tahun. Ketika kriris moneter terjadi di Indonesia pada 1998, ia pernah sampai tak makan nasi bertahun-tahun.

Ayahnya yang merupakan pensiunan TNI mengalami kesulitan untuk menghidupi sang ibu, saudara, dan anak-anaknya sekaligus. Alhasil, Darrow harus bertahan hidup dengan berbagai cara.

"Tahun 98 waktu krismon, tahu sendiri, kan, gak kerja gak makan. Saat itu seperti tertempa, kalau mau jadi orang yang kuat harus commit, mandiri, berjiwa besar, harus usaha," kenang Darrow.

"Pernah juga di era itu kita gak makan nasi sampai 2 tahun, jadi kita makan umbi-umbian. Di rumah saya, kan, masih perkebunan Sumatra, di belakang ada tanaman liar ubi pisang," sambungnya.

Baca Juga: Linda Darrow Resmi Gabung ONE Championship

3. Jalani banyak pekerjaan untuk bertahan hidup

Pada tahun-tahun sulit itu, Linda Darrow memulai latihan bela diri walau di tingkat amatir. Pertama kali terpapar bela diri pada umur 6 tahun, ia tetap menekuninya di tengah jadwal kerja yang serabutan.

"Pada usia 6 tahun, saya sudah masuk ke lingkungan olahraga, saya sudah di-support orangtua saya untuk bela diri. Karate, judo, kempo, dan tinju juga," ingat Darrow.

"Di usia 10—11 tahun itu saya punya saudara, Mama basic penyanyi TVRI waktu dulu. Saya latihan sama Mama, ternyata saya punya jiwa seni. Saya jadi biduan tahun 2012-an sampai SMU," sambungnya.

Bagi Darrow, tiap hari adalah momen untuk bertahan hidup. Ia pun tetap melakoni pekerjaan sampai hari Minggu demi penghasilan tambahan.

4. Siap kibarkan Merah Putih di ONE Championship

Perjuangan Linda Darrow di MMA telah membawanya menjadi ratu divisi strawweight di promotor lokal. Tak berhenti sampai situ, The Arrow juga siap mengibarkan Merah Putih lebih jauh di ONE Championship.

Dalam karier profesionalnya, hampir semua laga Darrow berakhir cepat pada ronde pertama. Hanya ada satu kemenangan yang diraih lewat keputusan juri atau decision.

Ia pun belum terkalahkan di MMA dengan raihan 6-0. Terlepas dari resumenya yang impresif, Darrow juga ingin mengenalkan potensi atlet perempuan MMA Indonesia di panggung global.

5. Cara menonton Linda Darrow di ONE Fight Night 7

Linda Darrow tidak menjadi satu-satunya perwakilan Merah Putih yang tanding di ONE Fight Night 7. Bersama dengan Eko Roni Saputra dan Adrian Mattheis, ia akan menunjukkan kehebatan MMA tanah air di panggung global.

Aksi Linda dan yang lainnya bisa ditonton di Facebook dan Youtube resmi ONE Championship serta Netverse.id. Selain itu, aksinya juga akan disiarkan tunda melalui NET TV pada malam harinya.

Baca Juga: 5 Reaksi Haru Atlet ONE Championship saat Dapat Bonus Nyaris Semiliar

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya