Comscore Tracker

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF Rank

The Minions masih di peringkat teratas

Ranking BWF memang masih cukup prestisius bagi sederet atlet di dunia olahraga tepok bulu. Pasalnya, ada gengsi tersendiri saat bisa masuk jajaran ranking tinggi dalam daftar peringkat BWF. Meski gak selalu merepresentasikan performa saat berlaga, sejumlah atlet dunia di peringkat teratas tetap disegani oleh lawan-lawannya, termasuk atlet Indonesia.

Namun, padatnya jadwal turnamen BWF di Eropa beberapa pekan lalu membuat sederet atlet dunia mundur, bahkan absen hingga mengalami perubahan peringkat. Menariknya, hingga gelaran Indonesia Badminton Festival di Nusa Dua, Bali, ternyata Indonesia masih punya cukup banyak wakil yang mampu bertahan di peringkat 10 besar ranking BWF, lho.

Penasaran siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang masih betah tempati top 10 BWF rank usai Indonesia Masters 2021? Check them out!

1. Anthony Sinisuka Ginting

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankAnthony Sinisuka Ginting (instagram.com/bwf.official)

Di nomor tunggal putra, nama Anthony Sinisuka Ginting masih mampu bertahan di top 10 ranking BWF. Dengan raihan 87.567 poin, Ginting betah menempati peringkat lima dunia meski mengalami cedera di babak 32 besar Denmark Open 2021 hingga terpaksa absen dari French Open 2021 dan Hylo Open 2021.

Sayangnya, meski sudah sembuh dari cedera, Ginting belum mampu menambah prestasi di rangkaian turnamen IBF 2021. Bahkan, di Indonesia Masters 2021, Ginting harus tumbang di babak 32 besar hingga dipastikan tidak lolos World Tour Finals 2021 Desember mendatang.

2. Jonatan Christie

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankJonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Gak cuma Ginting, Jonatan Christie yang mengalami cedera saat berlaga di semifinal Denmark Open 2021 juga masih masuk posisi 10 besar ranking BWF. Sayangnya, Jojo harus turun satu peringkat ranking ke-8 dunia dengan raihan 75.847 poin.

Senasib dengan Ginting, Jojo juga harus menelan kekalahan di Indonesia Masters 2021 di babak awal. Meski belum bisa masuk WTF 2021, Jojo masih berpotensi menambah gelar di Indonesia Open 2021 yang tengah berlangsung di Nusa Dua, Bali. Comeback stronger, Jojo!

3. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankKevin Sanjaya dan Marcus Gideon di Indonesia Masters 2021 (instagram.com/kevingideon.fc_)

Sepi prestasi usai Thomas Cup 2020, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sempat mengalami beberapa kekalahan di tur Eropa. Di French Open 2021, The Minions harus puas hanya jadi runner up setelah kalah dari ganda Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol, dalam dua gim langsung.

Barulah di Hylo Open 2021 Kevin/Marcus sukses menyabet gelar juara setelah mengalahkan juniornya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dengan skor 21-14 dan 21-19. Berlanjut ke IBF 2021 di Bali, dari ajang Indonesia Masters 2021, The Minions kembali harus puas menjadi runner up setelah kalah dramatis dari ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Namun, pencapaian di babak final tersebut membuat pasangan nomor satu dunia yang telah mengoleksi 108.327 poin ini berhasil menyegel satu tiket ke WTF 2021. Tengah berjuang merebut gelar di Indonesia Open 2021, yuk, dukung terus The Minions agar bisa naik podium juara lagi.

4. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankHendra Setiawan dan Mohammad Ahsan (instagram.com/hendrasansan)

Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih bertahan di ranking 2 dunia dengan koleksi 102.330 poin. Meski The Daddies, julukan untuk Hendra/Ahsan, belum mampu menambah koleksi gelar, raihan poin mereka masih belum mampu digeser ganda dunia lainnya.

Menariknya, baik Kojeng maupun Babah, masih memiliki daya juang yang terbilang tinggi. Di gelaran IBF 2021, The Daddies kini tengah berjuang di laga Indonesia Open 2021, nih. Keep fighting! BL Indonesia gak akan pernah berhenti dukung Kojeng dan Babah, kok.

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Keluarga The Daddies di Bali, Kompak Bikin Gemas!

5. Fajar Alfian/M. Rian Ardianto

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankFajar Alfian dan M. Rian Ardianto (instagram.com/fajarrian_ofc)

Masih dari nomor ganda putra, ada pasangan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto yang sempat jadi sorotan selama turnamen BWF di Eropa. FaJri kerap tampil atraktif dan menyuguhkan laga menarik hingga cukup membuat fans puas. Bahkan, sang pelatih, Herry IP, menilai kalau performa mereka sedang sangat baik.

Sayangnya, di Indonesia Masters 2021, FaJri belum mampu kembali menyuguhkan laga menarik karena harus mengakui keunggulan ganda Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan. Fajar/Rian pun harus kehilangan peluang masuk daftar kualifikasi WTF 2021.

6. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankGreysia Polii/Apriyani Rahayu, juara ganda putri Indonesia Masters 2020 (instagram.com/r.apriyanig)

Dari nomor ganda putri, Indonesia punya Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang masih bertahan tempati peringkat enam dunia. Greyap, sapaan akrab dari BL Indonesia, mengoleksi poin sebanyak 90.975. Sayang, di sisa tur Eropa, pasangan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 ini memutuskan mundur dan kembali ke Tanah Air demi fokus di IBF 2021.

Meski sempat melaju hingga babak perempat final Indonesia Masters 2021, Greys/Apri harus takluk oleh ganda Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, setelah berjuang lewat rubber game. Tapi gak perlu khawatir, Greyap dipastikan lolos kualifikasi WTF 2021 lewat jalur wild card.

7. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankPraveen Jordan dan Melati Daeva (instagram.com/jordan_praveen)

Indonesia juga masih punya wakil di nomor ganda campuran juga, lho. Meski masuk top 5 BWF rank, Praveen Jordan/Melati Daeva si "Honey Couple" ini harus mengalami penurunan peringkat dengan raihan 93.949 poin. Pramel harus bertukar posisi dengan pasangan ganda asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Namun, sejak tur Eropa hingga Indonesia Masters 2021, Pramel masih saja tersandung rumor keretakan komunikasi. Sempat bikin kecewa pelatih hingga terlontar ultimatum keluar Pelatnas, Pramel menjanjikan perubahan performa di Indonesia Open 2021. Semoga "Honey Couple" kembali mesra di lapangan dan menyuguhkan semangat juang di setiap laga.

8. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Masih Bertahan di Top 10 BWF RankHafiz Faizal dan Gloria Widjaja (instagram.com/ge_widjaja)

Mengisi slot terakhir top 10 ranking BWF di nomor ganda campuran, atlet Indonesia masih menempatkan wakilnya. Dengan raihan 65.941 poin, ada pasangan ganda Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, nih.

Meski masih harus mengakui keunggulan sederet lawan di tur Eropa dan Indonesia Masters 2021, Hafiz/Gloria sukses mengobarkan semangat di hati BL Indonesia. Yuk, dukung HafGlo di Indonesia Open 2021!

 

Deretan nama di atas menjadi atlet kebanggaan Indonesia yang selalu berjuang memberikan prestasi terbaik untuk Tanah Air. Bahkan, masih ada nama-nama lain yang terus naik peringkat dan gak kalah bikin bangga!

Baca Juga: 10 Pesona Gloria Emanuelle Widjaja, Atlet Bulutangkis Berprestasi

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya