5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWF

Mulai dari level junior sampai senior

Turnamen resmi bulu tangkis dunia yang selama ini berlangsung berada di bawah naungan BWF. Biasanya, sudah ada jadwal kejuaraan yang dibuat oleh federasi untuk berbagai level.

Mulai dari level junior sampai senior, sederet even dunia bergengsi yang ada dikelompokkan dalam format tertentu di struktur turnamen BWF. Berikut beberapa format kejuaraan bulu tangkis dunia dalam struktur turnamen BWF.

Ada turnamen tunggal dan beregu juga, lho! Simak penjabarannya berikut ini, ya!

1. BWF Major Events

5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWFpotret Indonesia juara Thomas Cup 2020 (instagram.com/badminton.ina)

Masuk dalam turnamen grade satu, BWF Major Events biasanya didominasi oleh turnamen beregu yang terbilang sangat bergengsi. Di antaranya ada Thomas Cup, Uber Cup, Sudirman Cup, dan Suhandinata Cup untuk level junior.

Selain turnamen beregu, ada juga kejuaraan tunggal di Major Events, mulai dari Olympiade, World Championships, Eye Level Cups untuk level junior, dan World Senior Championships.

Menariknya, semua turnamen ini berlabel no prize money yang hanya memperebutkan gelar dan trofi. Namun, gengsi dari turnamen Major Events mampu menjadikan sang juara diakui dan disegani oleh dunia olahraga bulu tangkis seantero jagad.

2. HSBC BWF World Tour

5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWFpotret Viktor Axelsen (instagram.com/bwf.official)

HSBC BWF World Tour masuk kategori turnamen grade dua di lima level teratas. Di level satu, ada World Tour Final, level dua World Tour Super 1000, level tiga World Tour Super 750, level empat World Tour Super 500, dan level lima ada World Tour Super 300. 

Kelima level grade dua BWF World Tour ini sudah mulai ada money prize yang terbilang besar, lho. Tentunya juga gelar prestisius dan medali yang gak kalah membanggakan bagi para juara masing-masing turnamen.

Baca Juga: Ini 3 Turnamen Bulu Tangkis di Awal Januari 2022, Indonesia Mundur!

3. BWF Tour

5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWFpotret Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari (instagram.com/pitha_4)

Masih dalam kejuaraan bulu tangkis grade dua, di struktur turnamen BWF juga masuk turnamen dari level enam. Ada BWF Tour Super 100 yang lengkap dengan gelar juara, medali, dan money prize.

Biasanya, turnamen Super 100 lebih banyak diikuti oleh atlet dengan peringkat BWF yang belum terlalu tinggi. Even ini sekaligus jadi ajang untuk mendongkrak peringkat di BWF lewat prestasi yang berhasil diraih.

4. Continental Level

5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWFpotret Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin juara Malaysia International Series 2019 (instagram.com/daniel.marthin)

Continental Level merupakan format turnamen BWF yang masuk dalam kategori grade tiga. Dalam struktur kejuaraan ini, ada tiga format turnamen yang ikut dijadwalkan oleh BWF.

Di antaranya, International Challenge, International Series, dan Future Series. Meski masuk grade tiga, tapi turnamen dalam Continental Level juga memperebutkan money prize, nih!

5. BWF Junior Tournaments

5 Format Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia yang Masuk Struktur Turnamen BWFpotret Putri Kusuma Wardani (instagram.com/putri.k.w20)

Meski dalam Major Events juga terdapat turnamen untuk level junior, tapi BWF secara khusus membuat format Junior Tournaments.

Kejuaraan yang masuk dalam format ini di antaranya adalah Junior International Grand Prix, Junior International Challenge, Junior International Series, dan Junior Future Series. Gak cuma gelar, Junior Tournaments juga menjanjikan money prize, lho.

Format dalam struktur turnamen BWF tadi masih menjadi acuan pengelompokkan dan pelaksanaan sederet kejuaraan bulu tangkis level dunia. Gak mengherankan kalau makin banyak bintang lapangan baru di dunia bulu tangkis yang bersinar dan siap bikin badminton lovers bangga.

Apakah kamu sudah tidak sabar untuk menyaksikan sederet agenda turnamen BWF di tahun 2022 ini?

Baca Juga: 8 Bintang Muda Bulu Tangkis Prospektif di 2022 Versi BWF

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya