Comscore Tracker

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu Tangkis

Ada "Pengantin Olimpiade", lho!

Berita tentang atlet bulu tangkis memang selalu menarik untuk diperbincangkan. Mulai dari prestasi, kemampuan saat berlaga, hingga kehidupan pribadi gak pernah luput jadi sorotan layaknya seorang publik figur. Terlebih untuk urusan pasangan, publik jadi serbaingin tahu dengan siapa seorang pemain bulu tangkis idola mereka menikah.

Menariknya, sederet atlet ada yang menikah dengan sesama pemain bulu tangkis juga, lho. Penasaran siapa saja mereka? Keep scrolling!

1. Susi Susanti dan Alan Budikusuma

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisSusi Susanti dan Alan Budikusuma (instagram.com/susisusantiofficial)

Susi Susanti dan Alan Budikusuma adalah mantan atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia di nomor tunggal. Usai sama-sama menyabet gelar juara di turnamen bergengsi dunia, Olimpiade Barcelona tahun 1992, Susi Susanti dan Alan Budikusuma menikah pada tahun 1996.

Kala itu keduanya bahkan sampai dapat julukan "Pengantin Olimpiade", lho. Kini Susi dan Alan sudah dikaruniai seorang putri dan dua orang putra yang telah beranjak dewasa. Namun, sayangnya tidak ada yang mengikuti jejak pasangan atlet legendaris ini untuk terjun ke dunia olahraga bulu tangkis.

2. Hermawan Susanto dan Sarwendah Kusumawardhani

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisHermawan Susanto dan Sarwendah Kusumawardhani (dok. indosport.com)

Lahir dan tumbuh dari keluarga atlet, nama Hermawan Susanto pasti sudah gak asing lagi di telinga pencinta bulu tangkis tanah air. Atlet era '90-an yang masih satu angkatan dengan Alan Budikusuma ini merupakan peraih medali perunggu di nomor tunggal putra Olimpiade Barcelona 1992.

Sama dengan rekan sejawatnya, Hermawan Susanto juga menikahi mantan atlet bulu tangkis tunggal putri, Sarwendah Kusumawardhani. Keduanya memiliki seorang putra bernama Andrew Susanto yang sempat terjun jadi atlet bulu tangkis junior.

3. Joko Suprianto dan Zelin Rosiana

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisJoko Suprianto dan Zelin Rosiana (dok. pbdjarum.org | dok. bwfbadminton.com)

Pasangan berikutnya masih datang dari legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto. Mantan juara dunia IBF 1993 ini kemudian menikahi mantam atlet bulu tangkis ganda putri Indonesia, Zelin Rosiana pada tahun 1999.

Meski kini sudah gantung raket, Joko Suprianto pernah tercatat menjadi pelatih di Pelatnas PBSI untuk atlet tunggal putra pada tahun 2000-an. Kini Joko Suprianto dan Zelin Rosiana mendidik anak kembar mereka yang ternyata memiliki ketertarikan di dunia bulu tangkis.

4. Lin Dan dan Xie Xinfang

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisLin Dan dan Xie Xinfang (dok. 360badminton.com)

Giliran atlet asal Tiongkok yang juga menikah dengan sesama pemain bulu tangkis. Ada Lin Dan dan Xie Xinfang yang sama-sama merupakan atlet andalan Negeri Tirai Bambu. Keduanya sempat membuat dunia gempar usai mengumumkan kisah cinta mereka ke publik di All England 2007.

Pada 2009, Xie Xinfang memutuskan gantung raket untuk mendukung karier Lin Dan dan keduanya resmi menikah setahun kemudian. Menanti cukup lama, akhirnya pasangan ini dikaruniai seorang putra pada tahun 2016 yang diberi nama Lin Xiaoyu.

5. Lee Chong Wei dan Wong Mew Choo

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisLee Chong Wei dan Wong Mew Choo (instagram.com/leechongweiofficial)

Pasangan pebulu tangkis berikutnya datang dari atlet asal Malaysia, Lee Chong Wei dan Wong Mew Choo. Lee Chong Wei yang merupakan rival abadi Lin Dan dan pernah menduduki rangking nomor satu dunia ini menikahi Wong Mew Choo yang adalah atlet tunggal putri Malaysia pada tahun 2012 silam.

Setelah menikah, Wong Mew Choo memutuskan gantung raket dan setia mendukung Lee Chong Wei hingga pensiun pada 2019 lalu. Keduanya kini aktif dalam kegiatan sosial dan membesarkan kedua anaknya, Lee Kingston dan Lee Terrance.

6. Christopher Adcock dan Gabrielle Adcock

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisChristopher Adcock dan Gabrielle Adcock (instagram.com/adcock_chris)

Definisi berjuang bersama di lapangan dan mengarungi bahtera kehidupan bersama tampaknya pantas disematkan untuk pasangan ganda campuran Inggris, Christopher Adcock dan Gabrielle Adcock. Sejak ditandemkan dan resmi debut di kejuaraan dunia BWF pada 2010, Chris dan Gabby sudah menorehkan banyak prestasi.

Mulai dari Dubai World Superseries Finals 2015, Dubai World Superseries Finals 2016, hingga sederet kemenangan di kejuaraan Eropa menjadikan duo Adcock ini sebagai pasangan ganda elite di Eropa. Sayanganya, kini pasangan yang menikah pada 2013 tersebut telah memutuskan untuk gantung raket. 

Baca Juga: 6 Film Bertema Bulu Tangkis, Penuh Haru dan Perjuangan tanpa Henti

7. Parupalli Kashyap dan Saina Nehwal

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisParupalli Kashyap dan Saina Nehwal (instagram.com/nehwalsaina)

Dua atlet asal India ini juga merupakan pasangan suami istri yang sama-sama berkarier sebagai pemain bulu tangkis. Parupalli Kashyap adalah pebulu tangkis di nomor tunggal putra, sedangkan Saina Nehwal juga terjun di normor tunggal putri meski pernah bermain di ganda campuran.

Keduanya resmi menikah pada Desember 2018 lalu dalam sebuah upacara pribadi dengan undangan terbatas. Hal ini disebabkan hubungan asmara mereka yang sempat disembunyikan karena alasan perbedaan komunitas, Haryana dan Hyderabad, yang memang masih cukup tabu di India.

8. Chen Long dan Wang Shixian

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisChen Long dan Wang Shixian (instagram.com/chenoong_wangshixianfc)

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Chen Long, ternyata juga punya kisah asmara yang romantis dengan sesama atlet bulu tangkis. Menjalin hubungan selama 10 tahun lamanya, Chen Long akhirnya menikahi mantan atlet tunggal putri ranking satu dunia andalan Tiongkok, Wang Shixian, pada 2017 silam.

Chen Long yang kini menempati rangking enam dunia tersebut telah dikaruniai seorang putra yang berusia dua tahun. Sempat mengaku payah soal urusan ganti popok, Chen Long berkata bahwa putranya sama sekali belum paham tentang betapa garangnnya dia di lapangan. 

9. Hong Wei dan Zhao Yunlei

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu Tangkishttps://www.instagram.com/p/Bjfrni-An4G/?utm_medium=copy_link (instagram.com/badmintalk_com)

Bisa dibilang kisah asmara Zhao Yunlei cukup penuh liku. Sempat menjalin cinta dengan mantan rekan tandemnya di ganda campuran, Zhang Nan, hubungan tersebut diwarnai isu perselingkuhan yang menyeret nama rekannya di ganda putri, Tian Qing.

Usai meraih medali emas di Olimpiade London 2012 dan Asian Games 2014 bersama Zhang Nan dan mundur dari Olimpiade Rio 2016 saat berpasangan dengan Tian Qing, Zhao Yunlei memutuskan pensiun. Menariknya, dia justru kembali menemukan cinta sejati pada atlet ganda putra, Hong Wei. Mereka kemudian menikah pada 2018 dan fokus menjadi pelatih bulu tangkis di klub berbeda.

10. Zhang Nan dan Tian Qing

Setelah sempat menjadi rekan tandem di ganda campuran dan menjalin asmara di luar lapangan bersama Zhao Yunlei, Zhang Nan mantap menikahi Tian Qing pada akhir 2018 silam. Tian Qing sendiri sebenarnya adalah mantan rekan Zhao Yunlei di ganda putri.

Jadi, gak heran kalau kisah asmara ketiga atlet tersebut mencuri perhatian dunia. Kisah tinggal masa lalu, rumah tangga Zhang Nan dan Tian Qing makin bahagia setelah dikaruniai seorang anak pada 2020 lalu.

11. Andrei Adistia dan Maria Febe

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisAndrei Adistia dan Maria Febe (instagram.com/mariafebe13)

Kisah cinlok mewarnai kebersamaan Andrei Adistia dan Maria Febe. Berawal dari ketertarikan saat menonton pertandingan, atlet yang kala itu beda klub, PB Djarum Jakarta dan Kudus, makin dekat saat sama-sama menghuni Pelatnas pada 2010 silam.

Lama pacaran, keduanya sempat putus pada 2015 karena Andrei berada di Kanada dan Febe menjadi pelatih di Malaysia. Namanya jodoh, pada 2017 mereka kembali dipertemukan hingga akhirnya Andrei mengajak Febe menikah pada tahun yang sama. Kini kebahagiaan mereka makin lengkap dengan kehadiran seorang putri pada Desember 2020 lalu.

12. Son Wan Ho dan Sung Ji Hyun

12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu TangkisSon Wan Ho dan Sung Ji Hyun (instagram.com/jihyun_sung)

Son Wan Ho dan Sung Ji Hyun menambah daftar pasangan suami istri yang sama-sama menggeluti dunia bulu tangkis. Kisah asmara kedua atlet nomor tunggal asal Korea ini berawal dari perjodohan sesama rekan atlet, lho.

Kedekatan yang makin serius pun akhirnya berlabuh dengan mengucap janji suci pada tanggal cantik Desember 2020 lalu. Meski menikah dalam situasi pandemi, pembatasan yang ada sama sekali gak mengurangi kebahagiaan pasangan atlet tersebut.

 

Namanya juga jodoh, kalau bertemu dengan profesi yang sama tentu chemistry yang dirasakan bisa langsung klik. Jadi, gak heran kalau pasangan atlet bulu tangkis tadi bisa membangun hubungan sampai ke pernikahan.

Baca Juga: 10 Potret Manis Pernikahan Atlet Badminton Sung Ji Hyun dan Son Wan Ho

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya