Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan Publik

Sempat bikin gempar publik internasional #IDNTimesSport

Popularitas para atlet bulu tangkis memang makin mendunia, terlebih dalam hal pencapaian prestasi. Tak hanya itu, menariknya lagi kehidupan pribadi di luar lapangan pun kerap jadi sorotan publik.

Bahkan, beberapa nama atet bulu tangkis dunia pernah memiliki skandal yang bikin geger Badminton Lovers di hampir seluruh dunia.

Tuai kontoversi, berikut 5 skandal atlet bulu tangkis yang mencuat ke publik dan sempat menggemparkan dunia.

1. Lee Chong Wei

Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan PublikLee Chong Wei (instagram.com/leechongweiofficial)

Lee Chong Wei merupakan salah satu atlet senior Malaysia yang sudah memutuskan gantung raket sejak 2019 lalu. Sempat jadi pebulu tangkis yang disegani atlet dunia, ternyata Lee Chong Wei pernah tidak lolos tes doping untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2014 di Denmark.

Hasil tes urin Lee Chong Wei terbukti mengandung zat dexamethason yang tergolong sebagai zat terlarang. Bukan berniat curang, Lee Chong Wei mengonsumsi obat tersebut karena sedang menjalani perawatan akibat cedera paha.

Sayangnya, fakta tersebut tidak lantas membuatnya terlepas dari dispensasi. Sesuai aturan BWF, akhirnya Lee Chong Wei dihukum larangan bertanding selama 8 bulan.

2. Lin Dan

Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan PublikLin Dan (instagram.com/thereallindan)

Atlet tunggal putra asal China yang juga rival abadi Lee Chong Wei, Lin Dan, ternyata sempat terseret skandal yang bikin geger dunia bulu tangkis.

Peraih medali emas Olimpiade London 2012 itu pernah ketahuan berselingkuh dengan seorang model bernama Zhao Yaqi. Mereka tertangkap basah tengah menikmati waktu berdua pada 2016.

Foto-foto Lin Dan dan Zhao Yaqi pun tersebar luas di media sosial dan keduanya mendapat banjir kritikan dari publik. Bahkan, hubungan terlarang tersebut terjadi saat istri Lin Dan, Xie Xingfang, tengah mengandung anak pertama mereka. Lin Dan pun meminta maaf secara terbuka kepada publik dan sang istri.

Baca Juga: 12 Pasangan Atlet yang Menikah dengan Sesama Pemain Bulu Tangkis

3. Kento Momota

Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan PublikKento Momota (instagram.com/momota_kento)

Jadi atlet tunggal putra nomor 1 dunia ternyata gak membuat Kento Momota bebas dari pemberitaan tentang skandal. Pada 2016 lalu, Momota pernah kedapatan mengunjungi tempat judi ilegal di Tokyo bersama rekannya.

Alhasil, atlet andalan Jepang tersebut dilarang tampil di Olimpiade Rio dan dihukum larangan bermain hingga akhir 2017. Masih pada tahun yang sama, Momota juga terciduk sedang bermesraan dengan perempuan penghibur di tempat karaoke.

Tak berhenti di situ, Momota juga sempat kepergok tengah berada dalam satu kamar bersama atlet ganda putri, Yuki Fukushima. Mengaku hanya mengobrol, kedua atlet tersebut pun terbebas dari hukuman. 

4. Zhang Nan dan Zhao Yunlei

Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan PublikZhao Yunlei dan Zhang Nan (bwfbadminton.com)

Kisah kedua atlet andalan China yang pernah jadi rekan tandem di ganda campuran sekaligus menjalin asmara di luar lapangan ini cukup menyita perhatian publik.

Hitungan tahun bersama dan sempat merencanakan pernikahan, hubungan Zhao Yunlei dan Zhang Nan justru kandas karena kasus perselingkuhan.

Zhang Nan diberitakan berselingkuh dengan Tian Qing yang saat itu menjadi pasangan Zhao Yunlei di ganda putri. Akibat skandal tersebut, performa ganda campuran China tersebut pun menurun hingga berbuntut pada Zhao Yunlei yang pensiun usai Olimpiade Rio 2016 lalu,

Menariknya lagi 2 tahun berselang, Zhao Yunlei mengumumkan kabar pernikahan dengan atlet ganda putra China, Hong Wei. Tak lama, Zhang Nan dan Tian Qing pun menyusul untuk meresmikan hubungan sebagai suami istri.

5. Jonatan Christie

Bikin Gempar, 5 Skandal Atlet Bulu Tangkis yang Tuai Sorotan PublikJonatan Christie (instagram.com/jonatanchristieofficial)

Atlet tunggal putra Indonesia yang kini menempati rangking 7 dunia ini ternyata juga pernah tersandung skandal. Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, sempat menghebohkan Badminton Lovers saat diduga jadi sosok dalam video tidak senonoh pada 2019 lalu.

Sempat viral di jagat maya, beberapa warganet menyimpulkan bahwa sosok dalam video tersebut benar Jojo. Bahkan setelah pihak keluaga membantah dan muncul klarifikasi dari pihak yang menyebarkan, masih saja ada yang meyakini video tersebut bukan rekayasa.

Para atlet kini memang menjelma menjadi sosok publik figur yang setiap pemberitaannya akan disorot. Jadi, gak heran kalau berita negatif sekecil apa pun akan menjadi skandal yang menuai kontroversi.

Baca Juga: 8 Atlet Bulu Tangkis Indonesia yang Pernah Sumbang Emas di Olimpiade

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya