Hampir Setengah Juta, Penonton Persija Terbanyak di ASEAN

Kalau urusan fanatisme, Indonesia nomor satu

Kalau ada pertanyaan negara mana di Asia Tenggara yang memiliki suporter paling gila? Jawabannya pastilah Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari antusiasme penonton yang datang langsung ke stadion. Fox Sport Asia, Sabtu (28/12) baru saja klub dengan jumlah penonton terbanyak selama musim 2019 di Asia Tenggara. Hasilnya, klub ibu kota, Persija Jakarta menduduki posisi teratas. 

1. Ada hampir setengah juta tiket yang terjual selama Persija main

Berdasarkan data Fox Sport Asia tersebut, jumlah penonton total yang datang ke stadion saat Persija bermain adalah 413.152. Atau jika dirata-rata, tiap pertandingan ada 24 .303 penonton. Jumlah terbanyak adalah saat Persija menjamu PSM pada final Piala Indonesia, yaitu 70.306 orang. Hal ini tentu menjadi catatan positif mengingat Persija justru terdampar di posisi 10 musim lalu.

2. PSS Sleman dan Bali United menguntit di posisi dua dan tiga

Posisi dua dan tiga masih menjadi milik klub Indonesia. PSS Sleman menduduki runner up dengan rerata penonton 18.909 di stadion Maguwoharjo. Meski berstatus tim promosi, PSS sendiri mampu merangsek ke papan atas. Dukungan Brigata Curva Sud dan Slemania pun menjadi tambahan energi bagi para pemain. Adapun Bali United memiliki rerata penonton 16.945 tiap pertandingan.

Baca Juga: Mengenal Zahra Muzdalifah, Srikandi Andalan Persija dan Timnas

3. Persebaya dengan Boneknya berada di urutan empat

Hampir Setengah Juta, Penonton Persija Terbanyak di ASEANInstagram.com/officialpersebaya

Pendukung klub ini memang tak perlu diragukan fanatismenya. Saat Persebaya main di Gelora Bung Tomo, para pendukung dipastikan akan memenuhi semua kursi yang ada. Tak hanya saat lagi home, Bonek juga selalu hadir. Berdasarkan data Fox Sport Asia, Persebaya memiliki rerata jumlah pendukung 16.472 per pertandingan.

Sayang, di akhir kompetisi mereka harus terusir lantaran ricuh. Di bawah Persebaya ada Persib dengan 15.071 penonton per pertandingan. Satu lagi klub Indonesia yang masuk 10 besar jumlah penonton terbanyak adalah Arema FC.

4. Hanya ada empat klub non-Indonesia yang masuk dalam 10 besar

Hampir Setengah Juta, Penonton Persija Terbanyak di ASEANInstagram.com/officialjohor

Uniknya dari 10 besar klub dengan jumlah penonton terbanyak, hanya ada 4 yang berasal dari luar Indonesia. Pertama adalah Nam Dinh asal Vietnam dengan rerata penonton 15.000, disusul Buriram United Thailand dengan 13.558 orang. Semetara Nakhon Ratchasima FC dan raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim berada di posisi 9 dan 10.

5. Harus bangga karena rangking Liga Indonesia tak sebaik Vietnam dan Thailand

Hampir Setengah Juta, Penonton Persija Terbanyak di ASEANInstagram.com/baliunitedfc

Rilis ini seharunya membuat kita berbangga. Maklum, dengan kesemrawutan penyelenggaraan liga, Indonesia masih menjadi nomor satu untuk urusan fanatisme suporter. Ditambah lagi, rangking liga Indonesia juga tak sebaik Thailand, Vietnam, atau bahkan Malaysia. Sebagai perbandingan, berikut adalah rangking liga di Asia Tenggara. 

Rangking liga di Asia berdasarkan Asian Footbal Confederation (AFC):

- Thailand (8)

- Filipina (13)

- Vietnam (16)

- Malaysia (18)

- Singapura (19)

- Myanmar (27)

- Indonesia (28)

- Kamboja (31)

- Laos (35)

Baca Juga: Marko Simic Perpanjang Kontrak 3 Tahun di Persija

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya