Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun IBL 2021

Jadi gelar ke-11 di IBL

Jakarta, IDN Times - Satria Muda Pertamina berhasil meraih gelar juara Indonesian Basketball League (IBL) Pertamax 2021 setelah mengalahkan Pelita Jaya Bakrie di pertandingan final dengan skor 60-68. 

Kemenangan pada musim 2021 ini menjadi gelar ke-11 bagi Satria Muda Pertamina di ajang IBL. Sejak 2018, tim asuhan Milos Pejic tersebut meraih juara musim berturut-turut selama 4 tahun hingga 2021.

1. Ditunggu Timnas untuk Piala Asia 2021

Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun IBL 2021Point Guard Satria Muda Pertamina, Hardianus, membawa gelar individual Most Valuable Player (MVP) Final. (Dok. Pertamina)

Sepanjang pertandingan, kedua tim menampilkan permainan yang ketat dan menghibur. Satria Muda Pertamina yang bermain secara kolektif mampu mengungguli Pelita Jaya Bakrie melalui permainan yang padu pada paruh kedua pertandingan. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut menyaksikan pertandingan tersebut.

Gelar juara ini menjadi gelar juara perdana bagi Milos Pejic, pelatih Satria Muda Pertamina asal Serbia yang bergabung sejak 2020 lalu. Milos menjadi pelatih asing pertama yang membawa Satria Muda jadi kampiun

Selain gelar juara, point guard Satria Muda Pertamina, Hardianus, juga membawa gelar individual Most Valuable Player (MVP) Final.

Selepas final IBL, para pemain akan diliburkan sejenak sebelum memulai persiapan musim 2022. Beberapa pemain juga segera bergabung dengan tim nasional Indonesia untuk pemusatan latihan menjelang kualifikasi Piala Asia 2021. 

Baca Juga: Satria Muda Pertamina Juara IBL 2021

2. Kerja sama dengan Pertamina sejak 2016

Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun IBL 2021Satria Muda Juara IBL 2021. (Dok. IBL)

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan, Satria Muda dan Pertamina menjalin kerja sama sejak 2016. Ia berharap, dukungan dari Pertamina bisa menjadi bagian dari upaya memajukan olahraga basket di Tanah Air. 

“Dukungan Pertamina terhadap Satria Muda merupakan bagian dari memajukan olahraga basket di Tanah Air. Dengan majunya olahraga basket diharapkan akan melahirkan atlet-atlet berprestasi yang akan membawa harum nama Indonesia di kancah olahraga dunia,” ujar Fajriyah.

3. Pembinaan olahraga basket sejak usia dini

Kalahkan Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jadi Kampiun IBL 2021Satria Muda Juara IBL 2021. (Dok. IBL)

Sebagai informasi, Satria Muda berdiri pada 28 Oktober 1993. Tim yang berada di bawah naungan PT Indonesia Sport Venture ini mengusung slogan Juara Indonesia – Indonesia Juara. Tim ini juga membawa nama Indonesia juara di kancah internasional dengan menjuarai SEABA Champions Cup pada 2008. 

Selain itu, Satria Muda Pertamina juga turut serta dalam perkembangan bola basket nasional. Komitmen ini ditunjukkan dengan mendirikan sekolah basket, Indonesia Basketball Academy untuk usia 7-18 tahun. (WEB)

Baca Juga: Cara Jadi Mitra Pertashop Pertamina, Ada Pelatihannya

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya