5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real Madrid

Bisakah mereka sukses bersama kapten baru? #IDNTimesSport

Setiap tim sepak bola pasti memiliki seorang kapten yang bertugas memimpin rekan-rekannya di lapangan. Peran kapten sangat vital bagi sebuah tim, karena ia juga harus bisa mengangkat mental dan semangat para pemain. Tak jarang, kesuksesan sebuah tim bahkan bisa ditentukan oleh siapa pemain yang menjadi kapten.

Nah, di musim panas ini, beberapa klub di liga top Eropa baru saja kehilangan kapten mereka. Ada yang pergi karena hijrah ke klub lain, ada juga yang pensiun. Ini dia lima klub yang baru kehilangan kaptennya sehingga menunjuk kapten baru.

1. Barcelona

5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real MadridSergio Busquets menjadi kapten Barcelona menggantikan Lionel Messi. (everythingbarca.com)

Pertama tentu Barcelona, yang baru saja kehilangan megabintang mereka Lionel Messi. Setelah dengan setia membela Barca sejak 2004, Messi akhirnya hijrah ke klub lain yaitu Paris Saint-Germain. Selain kehilangan pemain andalan, kepergian Messi juga berarti Barca harus kehilangan kapten mereka yang menjabat sejak 2018.

Untuk menggantikan Messi, Barca sudah menunjuk Sergio Busquets sebagai kapten baru. Busquets sangat pantas mendapat jabatan tersebut, karena selain merupakan gelandang andalan Barca, Busquets juga setia membela Barca sejak 2008. Plus, Busquets sudah berpengalaman jadi kapten Timnas Spanyol di Piala Eropa 2020 lalu.

2. Real Madrid

5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real MadridMarcelo menjadi kapten Real Madrid menggantikan Sergio Ramos. (thisdaylive.com)

Real Madrid sang rival abadi Barcelona juga terpaksa kehilangan kaptennya di bursa transfer musim panas ini. Sergio Ramos yang menjadi kapten sejak 2015 meninggalkan Madrid setelah kontraknya tak diperpanjang, dan kini ia bergabung dengan Messi di PSG. Selama 6 tahun menjabat kapten, Ramos sukses mempersembahkan 12 trofi bagi Madrid.

Setelah kepergian Ramos, Madrid pun menunjuk Marcelo untuk menjadi kapten utama mereka. Marcelo adalah pemain paling senior di skuad Madrid saat ini, karena bek asal Brasil itu sudah membela Los Blancos sejak 2007. Meski sudah jarang jadi andalan karena semakin tua, jiwa kepemimpinan Marcelo masih dibutuhkan oleh Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Tolak Tawaran Klub Besar Demi Klub yang Besarkan Namanya 

3. Olympique Lyon

5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real MadridLeo Dubois menjadi kapten Lyon menggantikan Memphis Depay. (getfootballnewsfrance.comfoot-national.com)

Sementara Olympique Lyon ditinggal kaptennya musim lalu, yaitu Memphis Depay yang memutuskan untuk hengkang ke Barcelona. Memphis membela Lyon sejak 2017 dan ia menerima jabatan kapten sejak November 2019. Selain jadi kapten, Memphis juga adalah andalan Lyon di lini depan.

Selama 4 musim di Lyon, Memphis mencetak 76 gol dan 55 assist dalam 178 laga di semua ajang. Kepergian Memphis pun memaksa Lyon untuk mengandalkan striker lain mulai musim ini. Sementara sebagai kapten, Lyon sudah menunjuk pengganti Memphis yaitu Leo Dubois, bek kanan yang membela Lyon sejak 2018.

4. Aston Villa

5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real MadridTyrone Mings jadi kapten Aston Villa menggantikan Jack Grealish. (skysports.com)

Aston Villa juga kehilangan kaptennya musim lalu, yaitu Jack Grealish yang dibeli Manchester City dengan harga luar biasa. Hal itu membuat Villa tak hanya kehilangan sosok pemimpin di lapangan, tapi juga pemain bintang mereka. Grealish memang adalah pemain kunci Villa musim lalu dengan 7 gol dan 12 assist dalam 27 laga.

Pemain yang ditunjuk sebagai kapten Villa musim ini adalah Tyrone Mings. Meski baru bergabung sejak 2019, Mings pantas mendapat jabatan tersebut karena sudah jadi pemain penting bagi Villa. Ia sudah tampil 93 laga di semua ajang, termasuk 37 kali di musim lalu. Menarik ditunggu apakah Mings bisa membawa Villa tampil sebagus musim lalu.

5. Leicester City

5 Klub Ini Ditinggal Kaptennya, Ada Barcelona dan Real MadridPeter Schmeichel jadi kapten Leicester City menggantikan Wes Morgan. (lcfc.com)

Terakhir, ada Leicester City, yang telah ditinggal kapten mereka sejak 2012 yaitu Wes Morgan. Namun bek asal Jamaika itu pergi bukan karena hengkang ke klub lain, melainkan pensiun karena sudah berusia 37 tahun. Morgan adalah kapten yang membawa Leicester juara Premier League 2015/16, serta meraih Piala FA musim lalu.

Mulai musim ini, Kasper Schmeichel akan jadi kapten Leicester. Kiper asal Denmark itu adalah pemain yang telah berseragam Leicester sejak 2011. Schmeichel sudah meraih trofi pertamanya sebagai kapten dengan membawa Leicester memenangi Community Shield 2021. Akankah ia sukses meraih trofi tambahan musim ini?

Kehilangan kapten bisa berujung kegagalan bagi sebuah tim. Namun itu juga bisa menjadi awal kesuksesan jika pemain yang menggantikannya bisa mengemban peran tersebut dengan baik. Menurutmu, klub mana yang bisa sukses musim ini dengan kapten barunya?

Baca Juga: 5 Pemain Ini Terancam dengan Hadirnya Pemain Baru Paris Saint-Germain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya