5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga Inggris

Semuanya terjadi sebelum era Premier League

Premier League 2021/22 adalah musim ke-30 kompetisi ini berjalan, sejak dimulai pada musim 1992/93. Selama 29 musim sebelumnya, ada banyak kisah kesuksesan tak hanya dari para pemain, tapi juga pelatih. Uniknya, ada satu statistik menarik yang terjadi, yaitu belum ada pelatih Inggris yang pernah menjuarai Premier League.

Tentu, ada banyak pelatih asal Inggris yang pernah meraih trofi Liga Inggris di masa lalu. Namun, itu semua terjadi sebelum era Premier League. Inilah lima pelatih asal Inggris terakhir yang berhasil meraih trofi Liga Inggris.

1. Howard Wilkinson

5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga InggrisHoward Wilkinson (leedsunited.com)

Inilah pelatih Inggris terakhir yang berhasil menjuarai Liga Inggris hingga kini. Howard Wilkinson berhasil mengantarkan Leeds United jadi kampiun Liga Inggris musim 1991/92, alias musim terakhir sebelum dimulainya era Premier League. Itu adalah satu-satunya trofi Liga Inggris yang pernah diraih Wilkinson.

Sementara bagi Leeds, trofi Liga Inggris tersebut adalah yang ketiga bagi mereka. Hebatnya, Leeds sebenarnya baru saja promosi ke divisi teratas dua musim sebelumnya, juga berkat kepemimpinan Wilkinson. Setelah juara liga, Wilkinson juga membawa Leeds memenangi Charity Shield, trofi terakhir mereka hingga kini.

2. Howard Kendall

5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga InggrisHoward Kendall (evertonfc.com)

Lima musim sebelum kesuksesan Wilkinson, Howard Kendall berhasil menjuarai Liga Inggris bersama Everton. Klub tetangga Liverpool itu dibawanya memenangi Liga Inggris 1984/85 dan 1986/87. Saat itu, Everton memang masih merupakan klub papan. Mereka bahkan tak pernah finis di luar empat besar selama 4 tahun beruntun dari 1985 hingga 1988.

Selain dua kali juara liga, Kendall juga sukses membawa The Toffees meraih 1 Piala FA, 1 Piala Winners, dan 3 Charity Shield. Selain Everton, Kendall juga pernah menangani beberapa klub lain tapi tak meraih prestasi berarti. Trofi musim 1986/87 sendiri adalah trofi liga ke-9 bagi Everton, sekaligus yang terakhir bagi mereka hingga kini.

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik di Tengah Ketatnya Liga Inggris Musim Ini

3. Joe Fagan

5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga InggrisJoe Fagan (liverpoolfc.com)

Selain oleh Everton, Liga Inggris di era 1980-an juga sangat didominasi oleh Liverpool. The Reds berhasil memenangi 6 trofi liga selama dekade tersebut, salah satunya bersama pelatih Joe Fagan. Fagan menangani Liverpool selama 2 tahun saja, dari 1983 hingga 1985, dan karier kepelatihannya pun hanya berlangsung selama 2 tahun tersebut.

Di musim pertamanya yaitu musim 1983/84, Fagan berhasil membawa The Reds meraih tiga trofi, yaitu Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Liga. Sayangnya, musim keduanya tak berbuah trofi, karena Liverpool hanya menjadi runner-up di 5 kompetisi. Setelah itu, Fagan mengumumkan dirinya pensiun, dan karier kepelatihannya yang singkat pun berakhir.

4. Bob Paisley

5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga InggrisBob Paisley (liverpoolfc.com)

Bob Paisley adalah salah satu pelatih Inggris terhebat, serta merupakan pelatih Liverpool tersukses sepanjang sejarah. Paisley hanya pernah menangani Liverpool saja sepanjang karier kepelatihannya dari 1974 hingga 1983, dan sebelumnya pun ia menjadi asisten pelatih The Reds.

Selama membesut Liverpool, Paisley berhasil membawa klub tersebut meraih dominasi luar biasa, tak hanya di kancah domestik tapi juga Eropa. Dalam 9 tahun, Liverpool dibawanya meraih 20 trofi. Rinciannya adalah 6 Liga Inggris, 3 Piala Liga, 6 Charity Shield, 3 Liga Champions, 1 Piala UEFA, dan 1 Piala Super UEFA.

Dengan demikian, Paisley punya torehan rata-rata 2,2 trofi per musim. Rasio tersebut hanya bisa dilampaui oleh Pep Guardiola, yang punya rata-rata 2,5 trofi per musim sejauh ini. Sementara secara individu, Paisley juga pernah 6 kali mendapat anugerah Football Manager of the Year. Lengkap!

5. Ron Saunders 

5 Pelatih Inggris Terakhir yang Berhasil Juarai Liga InggrisRon Saunders (avfc.co.uk)

Satu lagi pelatih yang termasuk di daftar ini adalah Ron Saunders, yang berhasil membawa Aston Villa juara Liga Inggris musim 1980/81. Saunders cukup lama menangani Villa, tepatnya sejak 1974 hingga 1982. Selain Villa, Saunders juga pernah melatih banyak klub Inggris lain, tapi hanya di Villa ia bisa meraih gelar bergengsi.

Secara total, Saunders mengantarkan Villa memenangi 4 trofi, yaitu 1 Liga Inggris, 2 Piala Liga, dan 1 Charity Shield. Bagi Villa sendiri, trofi Liga Inggris 1980/81 adalah yang ke-7 bagi mereka sepanjang sejarah.

Itulah lima pelatih Inggris terakhir yang berhasil membawa timnya menjuarai Liga Inggris. Kapan lagi ada pelatih Inggris yang bisa memenangi trofi liga di negaranya sendiri?

Baca Juga: 5 Pemain Top Belgia Berdarah Kongo yang Pernah Bermain di Liga Inggris

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya