Comscore Tracker

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan Mourinho

Dua di antaranya dari Italia

Keberhasilan sebuah klub sepak bola untuk jadi juara liga domestik ditentukan oleh beberapa faktor. Selain penampilan para pemain, andil pelatih juga tak kalah penting. Maka seorang pelatih yang berhasil membawa tim asuhannya juara tentu patut dipuji. Apalagi jika ia berhasil menjadi juara tak hanya di satu liga, tapi beberapa liga berbeda.

Sepanjang sejarah, ada beberapa pelatih hebat yang berhasil melakukan itu. Mereka berhasil menaklukkan liga-liga di Eropa, termasuk yang berstatus liga top. Inilah enam pelatih di era modern yang berhasil menjadi juara di beberapa liga Eropa.

 1. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan MourinhoCarlo Ancelotti (instagram.com/mrancelotti)

Pertama ada Carlo Ancelotti, yang pantas dianggap salah satu pelatih terbaik dunia di era modern. Itu adalah predikat yang layak untuknya karena pelatih asal Italia ini sudah pernah menaklukkan hampir seluruh liga top Eropa. Ia sudah pernah jadi juara di Serie A, Premier League, Bundesliga, serta Ligue 1.

Satu-satunya liga top Eropa yang belum ia menangi adalah LaLiga Spanyol, tapi musim ini ia berpeluang melakukannya bersama Real Madrid. Ancelotti juga adalah salah satu pelatih yang sukses juara Liga Champions bersama dua klub berbeda. Secara total, ada 19 trofi yang pernah ia menangi sebagai pelatih sejauh ini. Luar biasa!

2. Jose Mourinho

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan MourinhoJose Mourinho (instagram.com/josemourinho)

Sama dengan Ancelotti, Jose Mourinho juga sudah pernah meraih trofi liga domestik di empat negara. Keempat negara itu adalah Inggris, Spanyol, Italia, dan negaranya sendiri yaitu Portugal. Mourinho belum memenangi Bundesliga Jerman maupun Ligue 1 Prancis karena sejauh ini memang belum pernah melatih di sana.

Selain itu, Mourinho juga tak kalah dari Ancelotti karena pernah membawa dua klub berbeda jadi juara Liga Champions. Sayangnya, karier Mourinho terbilang sedang menurun, dan trofi terakhir yang ia raih adalah Europa League 2016/17 bersama Manchester United. Kapan Mou bisa membawa timnya merebut gelar juara lagi?

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

3. Pep Guardiola

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan MourinhoPep Guardiola (90min.com)

Berikutnya ada Pep Guardiola, yang sejauh ini baru melatih 3 klub, tapi selalu berhasil menjuarai liga domestik bersama klub asuhannya minimal tiga kali. Periode tersukses Pep sejauh ini tentu adalah saat melatih Barcelona, yang berbuah 14 trofi hanya dalam 4 musim, termasuk sixtuple winners di musim pertamanya alias musim 2008/09.

Saat melatih Bayern Munchen dan Manchester City pun Pep selalu berhasil membawa timnya menguasai kancah domestik. Sayangnya, sejauh ini ia masih belum bisa memenangi Liga Champions bersama klub selain Barcelona. Bisakah ia melakukannya musim ini bersama City sekaligus menebus kegagalan di final musim lalu?

4. Louis van Gaal

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan MourinhoLouis van gaal (90min.com)

Sementara Louis van Gaal adalah pelatih asal Belanda yang pernah meraih gelar liga domestik di tiga liga berbeda, yaitu Spanyol, Jerman, dan Belanda. Ia khususnya sukses saat melatih Ajax Amsterdam pada 1991 hingga 1997, dengan berhasil mendapatkan 11 trofi, termasuk 3 Eredivisie dan 1 Liga Champions.

Setelah itu, Van Gaal sukses di Spanyol bersama Barcelona dengan meraih 5 trofi, lalu mendapatkan 3 trofi di Jerman bersama Bayern Munchen. Saat melatih Manchester United pun sebenarnya ia berhasil meraih Piala FA, meski gagal di Premier League. Saat ini, Van Gaal tengah menangani Timnas Belanda untuk ketiga kalinya selama melatih.

5. Giovanni Trapattoni

5 Pelatih yang Sukses Juara di Banyak Liga, Ada Pep dan MourinhoGiovanni Trapattoni (90min.com)

Selain Carlo Ancelotti, Italia memang dikenal sering menghasilkan pelatih berkualitas. Salah satunya adalah Giovanni Trapattoni. Melatih sejak 1974 hingga 2010, Trapattoni adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah Serie A. Ia meraih Scudetto sebanyak 7 kali, rekor terbanyak hingga kini, bersama dua klub yaitu Juventus dan Inter Milan.

Tak hanya di Italia, Trapattoni juga pernah juara di 3 liga lain. Ia menaklukkan Jerman bersama Bayern Munchen, Portugal bersama Banfica, dan jadi juara di Austria saat menangani Red Bull Salzburg. Plus, Trapattoni juga adalah pelatih pertama yang membawa Juventus juara Liga Champions pada musim 1984/85.


Lima pelatih di atas pernah membawa timnya jadi juara di lebih dari dua liga berbeda. Siapa lagi yang bisa menyusul jejak mereka?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Andrea Pirlo Sebagai Pelatih Juventus

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya