Comscore Tracker

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di Eropa

Kesuksesan mereka turut mengangkat nama Asia

Korea Selatan adalah negara Asia yang sekarang lebih dikenal dengan industri hiburannya yang mendunia. Akan tetapi, negara ini juga cukup disegani di bidang olahraga, salah satunya sepak bola. Timnas Korea Selatan adalah salah satu tim terbaik di Asia, dan bahkan pernah mencapai prestasi hebat dengan menjadi semifinalis Piala Dunia 2002.

Selain itu, Korea Selatan juga pernah menghasilkan banyak pemain yang bisa bermain di liga-liga Eropa. Beberapa dari mereka sukses tampil luar biasa di Eropa, bahkan ada yang berhasil meraih trofi bergengsi. Dari semua pemain Korea Selatan yang pernah bermain di Eropa sejak dulu hingga sekarang, inilah 6 nama yang pantas disebut terbaik.

1. Park Ji Sung 

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaPark Ji Sung (tribuna.com)

Pertama tentu ada Park Ji Sung, salah satu pemain Asia tersukses yang pernah main di Eropa. Selama berkarier, Park pernah membela 3 klub Eropa, yaitu PSV Eindhoven di Eredivisie Belanda, serta Manchester United dan Queens Park Rangers di Premier League.

Jika berbicara statistik, Park yang berposisi gelandang memang tak punya catatan gol atau assist yang istimewa. Tapi soal raihan trofi, Park adalah salah satu yang terbaik. Ia berhasil meraih 4 trofi selama 2 musim membela PSV, termasuk 2 trofi Eredivisie.

Gemilang di PSV, Park kemudian diboyong Manchester United, dan ia meraih sukses yang lebih besar. Total 13 trofi ia raih bersama MU, termasuk 4 Premier League dan 1 Liga Champions. Koleksi trofi Park di Eropa sepertinya bakal sangat sulit disamai oleh pemain Asia lain.

2. Ki Sung Yueng

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaKi Sung Yueng (bleacherreport.net)

Premier League juga pernah dijajal oleh Ki Sung Yueng. Pemain berposisi gelandang ini bermain di Premier League selama sekitar 8,5 musim dengan membela Swansea City, Sunderland, dan Newcastle United. Secara total, Ki bermain 187 kali di Premier League, sehingga menjadi pemain Korea Selatan dengan jumlah laga terbanyak kedua di Inggris.

Selain itu, Ki juga pernah membela Glasgow Celtic di Liga Skotlandia dan Real Mallorca di LaLiga Spanyol. Maka secara keseluruhan, Ki berkarier di Eropa selama 11 tahun. Ki juga sempat meraih 3 trofi selama di Eropa, yaitu 2 trofi bersama Celtic dan 1 trofi bersama Swansea. Kini, Ki sudah kembali ke negaranya dan membela FC Seoul sejak 2020.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Musim Ini bermain di Premier League

3. Lee Young Pyo

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaLee Young Pyo (goal.com)

Ada pula Lee Young Pyo, pemain berposisi bek kiri yang pernah main bareng Park Ji Sung di PSV Einhoven. Ketika Park dibeli MU, Lee juga hijrah ke Inggris karena diboyong Tottenham Hotspur. Selain itu, Lee juga pernah menjajal Bundesliga Jerman dengan membela Borussia Dortmund.

PSV jadi klub yang paling sering dibela Lee, yaitu 117 kali dalam 2 musim. Sementara di Tottenham ia bermain 3 musim tapi hanya tampil 92 kali di semua ajang. Lee sukses meraih 4 trofi bersama PSV dan 1 trofi bareng Spurs. Sementara di Dortmund, ia hanya main semusim, tampil 22 kali, dan tidak meraih trofi.

4. Koo Ja Cheol

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaKoo Ja Cheol (bild.de)

Bundesliga Jerman adalah salah satu liga top Eropa yang cukup sering dihuni pemain asal Korea Selatan. Selain Lee Young Pyo, ada pula nama Koo Ja Cheol, gelandang yang pernah main di Jerman selama sekitar 8,5 tahun. Koo pernah membela 3 klub Bundesliga yaitu VfL Wolfsburg, Mainz 05, serta Augsburg.

Secara total, Koo bermain 211 kali di Bundesliga, sehingga jadi salah satu pemain Asia dengan penampilan terbanyak. Meski tak meraih trofi, nama Koo pernah terangkat karena sukses mencetak hattrick di Bundesliga musim 2015/16. Saat ini, Koo sudah meninggalkan Jerman dan bermain di Liga Qatar bersama Al-Khor SC.

5. Cha Bum Kun

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaCha Bum Kun (marca.com)

Bahkan sejak era 70an pun, sudah ada pemain Korea Selatan yang main di Eropa dan cukup berprestasi. Ia ada Cha Bum Kun, penyerang yang bermain di Bundesliga Jerman sejak 1976 hingga 1989. Ada 3 klub Bundesliga yang pernah dibela Cha, yaitu Darmstadt 98, Eintracht Frankfurt, dan Bayer Leverkusen.

Cha mencatat total 369 penampilan bersama ketiga klub, dan jumlah golnya pun cukup membanggakan yaitu 119 gol. Itu termasuk 98 gol di Bundesliga, sehingga Cha tercatat sebagai pemain Asia dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Liga Jerman.

Soal raihan trofi pun Cha boleh berbangga. Ia sukses meraih trofi Piala UEFA bersama Frankfurt dan Leverkusen, plus 1 trofi DFB Pokal dengan Frankfurt. Cha juga sukses di level timnas dengan catatan 58 gol sehingga menjadi top skor sepanjang masa Timnas Korea Selatan.

6. Heung Min Son

6 Pemain Korea Selatan Terbaik yang Pernah Berlaga di EropaHeung Min Son (planetfootball.com)

Nama yang satu ini pasti dikenal fans sepak bola era modern, terutama pencinta Premier League. Heung Min Son sering dianggap pesepak bola Asia terbaik saat ini, dan hal itu wajar karena prestasi yang ia raih. Son kini tercatat sebagai pemain Asia dengan penampilan dan gol terbanyak di Premier League.

Per 1 Oktober 2021, ia sudah tampil 202 kali di Premier League dengan catatan 73 gol dan 43 assist. Meski belum meraih trofi, Son juga pernah membawa Tottenham melangkah ke final Liga Champions untuk pertama kali, serta ke final Piala Liga musim lalu.

Sebelum di Premier League, Son bermain di Bundesliga selama 5 musim, dan disana pun ia cukup sukses. Son pernah membela Hamburg SV dan Bayer Leverkusen, dan secara total mencatat 41 gol dalam 135 penampilan di Bundesliga. Sudah berusia 29 tahun, bisakah suatu saat nanti Son menyempurnakan kariernya di Eropa dengan meraih trofi?


Enam pemain di atas pantas disebut sebagai pemain Korea Selatan terbaik yang pernah bermain di Eropa. Meski tak semuanya populer atau berhasil meraih trofi, tapi pencapaian mereka selama tampil di Eropa sungguh membanggakan. Menurutmu, siapa yang paling menonjol di antara mereka?

Baca Juga: 11 Pemain Asia yang Pernah Mencetak Hattrick di Eropa, Son Terbanyak

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya