Comscore Tracker

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari Asia

Terdapat pemain Juventus, Milan, hingga Inter

Liga Italia Serie A akhir-akhir ini sering dianggap sebagai liga yang sudah menurun kualitasnya. Memang, jika dibanding dengan era 90-an hingga awal 2000-an, prestasi klub-klub Serie A di Eropa saat ini sudah tak terlalu impresif. Jumlah pemain sepak bola kelas dunia yang bermain di liga ini pun tak sebanyak dulu lagi.

Akan tetapi, tentu masih ada sejumlah pemain hebat yang bisa kita temui di Serie A. Beberapa dari mereka bahkan dipercaya menjadi kapten bagi timnas negaranya, tentu karena kualitas yang mereka miliki. Siapa saja? Inilah delapan nama di antaranya.

1. Giorgio Chiellini (Italia)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaGiorgio Chiellini (instagram.com/giorgiochiellini)

Salah satu kapten timnas yang saat ini main di Serie A tentu adalah kapten Timnas Italia sendiri, yaitu Giorgio Chiellini. Chiellini baru saja mencatat prestasi gemilang tahun ini dengan membawa Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

Tak hanya itu, Gli Azzurri juga sempat mencatat rekor tak terkalahkan dalam 37 laga, sebelum akhirnya patah oleh Spanyol di semifinal Nations League 2020/21 sekitar sepekan lalu. Uniknya, kekalahan itu terjadi pada saat Chiellini tak menjabat sebagai kapten karena ia baru masuk di babak kedua.

2. Simon Kjaer (Denmark)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaSimon Kjaer (talksport.com)

Selain Italia, salah satu tim yang tampil impresif pada Piala Erop 2020 lalu adalah Denmark. Kebetulan Denmark juga memiliki kapten yang bermain di Serie A, yaitu Simon Kjaer.

Bek AC Milan ini sudah dipercaya menjadi kapten negaranya sejak 2016. Hasilnya, Denmark mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2018 serta semifinal Piala Eropa 2020. Ia juga sudah meloloskan Denmark ke Piala Dunia 2022 karena berhasil menyapu bersih 8 partai awal di babak kualifikasi.

Baca Juga: Tak Cuma Jago Kandang, 6 Pelatih Italia yang Pernah Juara di Liga Lain

3. Edin Dzeko (Bosnia & Herzegovina)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaEdin Dzeko (instagram.com/ed_dzeko)

Berikutnya ada Edin Dzeko, striker anyar Inter Milan yang merupakan kapten dari Timnas Bosnia & Herzegovina. Pemain berusia 35 tahun ini sudah mengenakan ban kapten sejak tahun 2014.

Selain jadi kapten, Dzeko juga saat ini memegang dua rekor di Timnas Bosnia, yaitu caps terbanyak dengan 118 caps serta gol terbanyak dengan 60 gol. Sayangnya sejauh ini ia belum bisa memimpin rekan-rekannya di timnas meraih prestasi.

4. Henrikh Mkhitaryan (Armenia)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaHenrikh Mkhitaryan (tribuna.com)

Ada pula Henrikh Mkhitaryan, gelandang AS Roma yang dipercaya menjadi kapten negaranya yaitu Armenia. Mkhitaryan bisa dibilang adalah pemain paling berkualitas di skuad Armenia saat ini. Ia juga adalah top skor sepanjang masa Armenia dengan 31 gol dalam 93 laga sejauh ini.

Karena itu, wajar jika Mkhitaryan mendapatkan tanggung jawab sebagai kapten timnas. Sejauh ini, Mkhitaryan belum berhasil membawa Armenia lolos ke turnamen mayor. Namun saat ini Armenia masih berpeluang lolos ke Piala Dunia 2022, dan itu akan jadi debut mereka jika berhasil.

5. Diego Godin (Uruguay)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaDiego Godin (instagram.com/diegogodin)

Beralih ke negara Amerika Selatan, ada Diego Godin, bek senior Uruguay yang saat ini membela Cagliari. Sebelum itu, Godin juga pernah bermain untuk dua klub besar yaitu Inter Milan dan Atletico Madrid.

Berusia 35 tahun, Godin sudah menjabat kapten Timnas Uruguay sejak Piala Dunia 2014. Godin belum pernah membawa negaranya meraih trofi sebagai kapten, tapi ia pernah mengangkat trofi Copa America 2011. Godin juga adalah pemain dengan caps terbanyak sepanjang masa bagi Uruguay, yaitu 151 caps sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain La Liga Spanyol yang Dibeli Mahal oleh Klub Liga Super China

6. David Ospina (Kolombia)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaDavid Ospina (instagram.com/d_ospina1)

Kolombia juga memiliki kapten yang saat ini bermain di Serie A, yaitu David Ospina. Ospina adalah kiper yang membela Napoli sejak 2018. Bersama Napoli, Ospina belum benar menancapkan kukunya sebagai kiper utama, karena ia kerap dipasang bergantian dengan Alex Meret.

Namun bersama timnas, Ospina nyaris tak tergantikan. Ia sejauh ini sudah punya koleksi 119 caps, alias rekor caps terbanyak sepanjang sejarah Timnas Kolombia. Karena itu, Ospina pun dipercaya jadi kapten sejak 2019. Pada Copa America 2021, Ospina berhasil membawa negaranya merebut tempat ketiga.

7. Kalidou Koulibaly (Senegal)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaKalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Napoli juga memiliki pemain yang saat ini menjadi kapten salah satu negara Afrika, yaitu Kalidou Koulibaly. Koulibaly adalah bek tangguh yang saat ini menjabat kapten Timnas Senegal. Ia mendapat tanggung jawab tersebut sejak 2019.

Koulibaly belum pernah membawa negaranya meraih trofi. Namun saat ini Timnas Senegal sedang tampil sempurna di kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan menyapu bersih 4 laga awal. Jika bisa lolos, Senegal bakal tampil di dua edisi Piala Dunia secara beruntun untuk pertama kalinya.

8. Maya Yoshida (Jepang)

8 Pemain Serie A yang Menjadi Kapten Timnas, Ada yang dari AsiaMaya Yoshida (instagram.com/mayayoshida22)

Terakhir, ada negara Asia yang kaptennya bermain di Serie A, yaitu Jepang. Adalah Maya Yoshida, bek tengah Sampdoria, yang saat ini menjadi kapten Tim Samurai Biru. Yoshida mendapat jabatan tersebut sejak 2018.

Yoshida sejauh ini sudah mencatat 111 caps bersama timnas, sehingga masuk sepuluh besar pemain Jepang dengan caps terbanyak. Untuk ukuran bek tengah, jumlah golnya bagi timnas pun cukup banyak, yaitu 11 gol. Saat ini, Yoshida sedang berjuang meloloskan negaranya ke Piala Dunia 2022.

Itulah delapan pemain Serie A yang saat ini menjadi kapten dari timnas negaranya. Kualitas serta jiwa kepemimpinan yang mereka miliki tentu bakal membuat persaingan di Serie A semakin sengit dan menarik untuk diikuti.

Baca Juga: 5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum Donnarumma

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya