Comscore Tracker

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MU

Sudah lama tidak menjuarai liga #IDNTimesSport

Trofi liga domestik adalah trofi yang pasti jadi incaran klub-klub besar Eropa setiap musimnya. Meskipun trofi Liga Champions seringkali dianggap sebagai trofi paling bergengsi, tentu menaklukkan kancah domestik tidak kalah penting. Kebanggaan besar pasti dirasakan jika bisa menjadi yang terbaik mengalahkan para rival di negeri sendiri.

Sayangnya, saat ini beberapa klub sepak bola besar Eropa tengah merasakan puasa trofi liga domestik. Mereka memang tetap bisa meraih trofi dalam beberapa musim terakhir, tapi sudah cukup lama gagal di kancah liga. Inilah lima klub besar Eropa yang saat ini tengah puasa trofi liga domestik.

1. Manchester United (8 musim)

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MUManchester United (talksport.com)

Mulai dari yang paling "sebentar", ada Manchester United yang sudah puasa gelar liga dalam 8 musim terakhir. Trofi Premier League teranyar yang diraih The Red Devils didapat pada musim 2012/13, alias musim terakhir mereka dilatih oleh Sir Alex Ferguson. Setelah itu, praktis MU masih kesulitan mengembalikan kejayaan masa lalu mereka.

Dalam kurun waktu 8 musim tersebut, sebenarnya MU sempat meraih beberapa trofi lain, termasuk Piala FA, Piala Liga, dan Europa League. Tapi di liga, pencapaian terbaik mereka hanyalah dua kali jadi runner-up, termasuk musim lalu. Bisakah anak asuh Ole Gunnar Solskjaer akhirnya mengakhiri puasa trofi liga pada musim depan?

2. Borussia Dortmund (9 musim)

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MUBorussia Dortmund (bbc.co.uk)

Sementara di Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund sudah gagal jadi juara dalam 9 musim terakhir. Mereka tak bisa menggeser dominasi Bayern Munchen yang selalu berhasil jadi juara selama periode tersebut. Terakhir kali Dortmund sukses juara Bundesliga adalah pada musim 2011/12 saat mereka masih dilatih Jurgen Klopp.

Setelah itu, pencapaian terbaik yang bisa diraih Dortmund di Bundesliga adalah 5 kali jadi runner-up. Musim lalu, mereka hanya finis di posisi 3, menurun jika dibanding dua musim sebelumnya. Setelah kehilangan Jadon Sancho yang hijrah ke Manchester United, bisa jadi Dortmund bakal makin kesulitan menjegal Munchen dalam persaingan juara musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Pasangkan Trofi Liga Champions dengan Piala Eropa

3. AC Milan (10 musim)

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MUAC Milan (bbc.co.uk)

AC Milan juga sedang mengalami periode penurunan dalam beberapa musim terakhir. Trofi terakhir yang diraih klub berjuluk Rossoneri ini adalah Piala Super Italia pada 2016. Sedangkan di ajang liga domestik, Milan terakhir kali berjaya dan meraih Scudetto pada musim 2010/11, alias sekitar 10 tahun lalu.

Karena sudah lama tak juara, koleksi Scudetto mereka yang berjumlah 18 pun sudah tersalip oleh tetangganya Inter Milan, yang musim lalu meraih Scudetto ke-19. Menghadapi musim baru, Milan mendatangkan sejumlah pemain anyar seperti Fikayo Tomori, Olivier Giroud, dan kiper Mike Maignan. Mampukah membantu mereka meraih Scudetto dalam waktu dekat?

4. Olympique Lyonnais (13 musim)

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MUOlympique Lyon (tellerreport.com)

Di Ligue 1 Prancis, Olympique Lyonnais alias Lyon sebenarnya terkenal sebagai salah satu klub tersukses. Mereka sudah punya koleksi 7 trofi Liga Prancis, dan ketujuh trofi itu diraih secara beruntun! Itu terjadi pada musim 2001/02 hingga 2007/08, dan Lyon pun menjadi satu-satunya klub Prancis yang pernah juara liga 7 musim beruntun.

Sayangnya, sejak tahun 2008 mereka belum pernah juara lagi. Musim depan, Lyon harus bersaing dengan Paris Saint-Germain yang punya kekuatan finansial luar biasa. Sudah begitu, mereka baru saja kehilangan bintang mereka yaitu Memphis Depay. Maka bisa dibilang, Lyon masih akan sangat kesulitan mengakhiri puasa trofi liga mereka.

5. Arsenal (17 musim)

5 Klub Besar Eropa yang Tengah Puasa Trofi Liga Domestik, Termasuk MUArsenal (arsenal.com)

Inilah klub besar di liga top Eropa yang sedang mengalami puasa gelar liga domestik terlama. Arsenal terakhir kali menjuarai Premier League pada musim 2003/04. Kala itu mereka memenangi liga dengan sangat meyakinkan, yaitu secara invincible alias tak terkalahkan. Itu adalah prestasi yang tak bisa diraih klub Inggris lain hingga kini.

Ironisnya, itu ternyata jadi trofi Premier League terakhir Arsenal sampai sekarang. Sejak itu, sudah 17 musim dilalui The Gunners tanpa jadi juara. Malah, prestasi mereka di liga kini semakin menurun karena tak pernah masuk 4 besar dalam 5 musim terakhir. Kapan kira-kira puasa trofi Premier League yang dialami Arsenal akan berakhir?

Meski berpredikat klub besar, sebuah klub tetap bisa mengalami puasa trofi yang cukup lama, seperti 5 klub besar di atas. Adakah yang termasuk klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Klub Top di Liga Eropa yang Gagal Raih Trofi Musim 2020/2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya