5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub Lain

Tiga di antaranya berposisi kiper

Skuad Arsenal pada 2022/2023 berisi beberapa pemain lulusan akademi. Misalnya Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Emile Smith-Rowe, dan Reiss Nelson. Hebatnya, para pemain tersebut turut andil membawa Arsenal memuncaki klasemen sementara English Premier League (EPL).

Hal itu menjadi bukti bahwa para lulusan akademi Arsenal memiliki kualitas mumpuni. Namun, banyak pula dari mereka yang tidak dipertahankan The Gunners. Lima pemain berikut ini adalah jebolan akademi Arsenal terakhir yang dilepas ke klub lain.

1. Emiliano Martinez

5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub LainEmiliano Martinez memegang trofi juara dan Golden Glove Piala Dunia 2022. (instagram.com/emi_martinez26)

Pada 2020/2021, Arsenal melepas dua kiper lulusan akademi mereka. Salah satunya Emiliano Martinez. Ia mulai menembus tim senior Arsenal pada 2012. Namun, Martinez kesulitan mendapat kesempatan tampil dan lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Hingga 2020, Martinez hanya mencatat 38 penampilan bersama Arsenal di semua ajang. Ia pun hengkang ke Aston Villa demi mendapat lebih banyak menit bermain. Keputusan itu terbukti tepat karena ia sukses jadi kiper utama The Villans dan akhirnya diandalkan Timnas Argentina.

Martinez kemudian jadi pahlawan Argentina saat juara Copa America 2021 dan Piala Dunia 2022. Ia bahkan terpilih jadi kiper terbaik FIFA pada 2022. Semua capaian itu mungkin tak akan didapat Martinez jika memilih tetap bertahan di Arsenal.

2. Matt Macey

5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub LainMatt Macey (arsenal.com)

Matt Macey juga sudah cukup lama lulus dari akademi Arsenal, yaitu pada 2014. Namun, nasib Macey di Arsenal bahkan lebih buruk dari Martinez. Selama sekitar 7 tahun, kiper asal Inggris ini hanya mendapat dua kesempatan tampil bersama tim senior.

Macey pun dilepas ke klub Skotlandia, Hibernian, secara gratis pada Januari 2021. Meski sukses jadi andalan, ia hanya bertahan semusim di Hibernian. Saat ini, Macey sudah kembali ke Inggris dan tengah membela Portsmouth.

Baca Juga: 6 Pemain Berpotensi Dilepas Arsenal pada Musim Panas 2023  

3. Dejan Iliev

5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub LainDejan Iliev (arsenal.com)

Ada lagi kiper lulusan akademi Arsenal yang akhirnya hengkang ke klub lain. Ia adalah Dejan Iliev, kiper asal Makedonia Utara. Iliev dilepas pada awal 2022 setelah menghabiskan sekitar 4,5 tahun bersama Arsenal.

Selama jangka waktu tersebut, Iliev tak sekali pun mendapat kesempatan bermain bersama Arsenal. Ia beberapa kali masuk skuad sebagai pemain cadangan saja. Iliev kini melanjutkan karier di divisi utama Liga Finlandia bersama HJK Helsinki.

4. Joe Willock

5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub LainJoe Willock (arsenal.com)

Arsenal melepas salah satu gelandang lulusan akademi mereka. Ia adalah Joe Willock. Pemain asal Inggris ini mulai membela tim senior Arsenal pada 2017. Willock sempat cukup banyak tampil pada 2019/2020, tetapi selebihnya minim menit bermain.

Willock pun akhirnya dijual Arsenal ke Newcastle United pada musim panas 2021. Sebelumnya, ia juga sudah menjadi pinjaman Newcastle selama setengah musim. Willock kini menjadi salah satu pemain kunci Newcastle dalam menembus papan atas Premier League 2022/2023.

5. Hector Bellerin 

5 Lulusan Akademi Arsenal Terakhir yang Hengkang ke Klub LainHector Bellerin (arsenal.com)

Jebolan akademi teranyar yang dilepas Arsenal adalah Hector Bellerin. Ia akhirnya meninggalkan The Gunners setelah mengabdi sejak 2012. Bek kanan asal Spanyol ini sukses mengoleksi 239 penampilan bersama Arsenal di semua ajang.

Sayangnya, kesempatan bermain Bellerin makin minim dalam beberapa musim terakhirnya di Arsenal. Ia pun hengkang pada musim panas 2022 dengan status bebas transfer. Sempat bergabung dengan Barcelona, Bellerin merapat ke Sporting Lisbon pada Januari 2023.

Menimba ilmu di akademi Arsenal, lima pemain di atas akhirnya hengkang ke klub lain. Mereka memilih pindah demi mendapat lebih banyak menit bermain.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Jadi Top Scorer Arsenal, Siapa Selanjutnya?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya