Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim Debutnya

Gabriel Jesus berpotensi menyusul mereka

Gabriel Jesus tampil produktif bersama Arsenal pada awal 2022/2023. Baru didatangkan dari Manchester City, Jesus sukses membuat 3 gol dalam 6 laga awal English Premier League (EPL) musim ini. Jika konsisten menjaga ketajamannya, striker asal Brasil tersebut berpeluang mencapai banyak gol bagi The Gunners.

Pada masa lalu, penampilan tajam pada musim debut pernah ditunjukkan beberapa pemain Arsenal. Inilah lima pemain Arsenal dengan gol terbanyak pada musim debutnya di EPL. Dua di antaranya menjelma jadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di klub London itu.

1. Ian Wright (26 gol)

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim DebutnyaIan Wright (arsenal.com)

Ian Wright adalah pemain tertajam kedua sepanjang sejarah Arsenal. Striker legendaris Inggris ini mencetak total 185 gol selama membela Arsenal pada 1991–1998. Jumlah itu mencakup 26 gol yang ia ciptakan pada musim debutnya bersama Arsenal pada 1991/1992.

Ketajaman Wright pada musim tersebut berbuah gelar top skor divisi utama Liga Inggris. Selama membela Arsenal, Wright juga berhasil meraih 5 trofi, termasuk 1 trofi EPL dan 2 Piala FA.

Koleksi gol Wright selama membela Arsenal pada akhirnya baru terpecahkan setelah kedatangan Thierry Henry. Pemain Prancis itu memang sangat tajam.

2. Thierry Henry (26 gol)

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim DebutnyaThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry adalah pemain yang sukses menyalip jumlah gol Ian Wright sebagai top skor sepanjang masa Arsenal. Tanda-tanda ketajaman Henry bersama Arsenal bahkan sudah terlihat sejak baru bergabung. Sama seperti Wright, Henry langsung membuat 26 gol pada musim debutnya pada 1999/2000.

Ketajaman Henry terus terjaga hingga musim terakhirnya di Arsenal pada 2006/2007, plus separuh musim 2011/2012. Secara total, Henry mencetak 228 gol selama berbaju The Gunners.

Ia mampu meraih enam trofi kolektif. Ia juga empat kali merebut gelar top skor EPL.

Baca Juga: Potensi Eddie Nketiah Berevolusi Seperti Thierry Henry

3. Alexis Sanchez (25 gol)

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim DebutnyaAlexis Sanchez (arsenal.com)

Berikutnya, ada Alexis Sanchez, penyerang asal Chile yang membela Arsenal pada 2014–2018. Arsenal adalah tempat di mana Sanchez menemukan performa terbaiknya. Sejak musim debutnya, ia sudah tampil luar biasa. Bermain 52 kali di semua ajang, Sanchez mencetak 25 gol dan 12 assists sepanjang 2014/2015.

Sanchez berperan besar membawa Arsenal juara Piala FA musim tersebut. Trofi yang sama juga ia raih bersama The Gunners pada 2016/2017.

Selama membela Arsenal, Sanchez menorehkan total 80 gol dalam 166 penampilan. Ia juga dua kali terpilih sebagai pemain terbaik Arsenal.

4. Olivier Giroud (17 gol)

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim DebutnyaOlivier Giroud (arsenal.com)

Musim debut Olivier Giroud bersama Arsenal terjadi pada 2012/2013. Saat itu, Giroud digaet Arsenal setelah berhasil membawa Montpellier juara Ligue 1 Prancis sekaligus jadi top skor.

Striker asal Prancis ini pun langsung membuktikan bahwa dirinya juga bisa tampil tajam di Inggris. Giroud mengakhiri musim 2012/2013 dengan catatan 17 gol dalam 47 laga di semua ajang.

Ia terus bertahan di Arsenal hingga 2018 dengan persembahan total 105 gol. Giroud juga berhasil mengangkat 3 trofi Piala FA dan 3 Community Shield bersama Meriam London sebelum hijrah ke Chelsea.

5. Alexandre Lacazette (17 gol)

5 Pemain Arsenal dengan Gol Terbanyak pada Musim DebutnyaAlexandre Lacazette (arsenal.com)

Satu lagi striker asal Prancis yang membuat banyak gol pada musim debut bersama Arsenal. Ia adalah Alexandre Lacazette.

Lacazette mulai membela Arsenal pada 2017/2018 setelah diboyong dari Olympique Lyon. Seperti Giroud, musim pertama Lacazette main di Inggris langsung berbuah tujuh belas gol.

Ketajaman Lacazette terus stabil hingga 3 musim berikutnya bersama Arsenal. Namun, ia mulai tumpul pada 2021/2022 sehingga dilepas kembali ke Lyon. Secara keseluruhan, Lacazette membuat 71 gol dalam 206 penampilan bersama Arsenal dan meraih dua trofi.

Lima pemain berhasil mencetak banyak gol pada musim debutnya bersama Arsenal. Ketajaman mereka bahkan terus berlanjut hingga musim-musim setelahnya. Jika Gabriel Jesus bisa menyusul pencapaian mereka, ia pasti akan jadi idola baru publik Emirates Stadium.

Baca Juga: Gabriel Jesus Mendapatkan Kebebasan di Arsenal

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya