6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk Salah

Beberapa bisa mencapai final, tetapi gagal juara

Timnas Senegal berhasil menjuarai Piala Afrika 2021. Itu menjadi trofi Piala Afrika pertama bagi sejumlah pemain sepak bola top asal Senegal, seperti Sadio Mane, Edouard Mendy, dan Kalidou Koulibaly.

Mereka menyusul sejumlah pemain top yang pernah merasakan gelar juara Piala Afrika. Beberapa di antaranya adalah Samuel Eto'o, Yaya Toure, hingga Riyad Mahrez.

Meski begitu, ada pula beberapa pemain top Afrika yang belum pernah membawa negaranya juara. Inilah enam nama di antaranya, baik yang sudah pensiun maupun masih aktif.

1. Didier Drogba

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahDidier Drogba berseragam timnas Pantai Gading. (skysports.com)

Didier Drogba salah satu pemain Afrika terbaik pada era modern. Striker asal Pantai Gading ini terkenal saat membela Chelsea selama total 9 tahun. Drogba meraih 14 trofi bersama Chelsea, termasuk 4 Premier League dan 1 Liga Champions.

Drogba sempat menjadi pemain Afrika tertajam di Premier League, sebelum catatan golnya disalip Mohamed Salah. Tak hanya di level klub, Drogba juga tajam bersama timnas. Ia adalah top skor sepanjang masa Pantai Gading dengan 65 gol dalam 105 caps.

Sayangnya, Drogba tak pernah berhasil membawa negaranya meraih trofi. Prestasi terbaiknya bersama timnas adalah runner-up Piala Afrika 2006 dan 2012. Pantai Gading sebenarnya sempat juara Piala Afrika pada 2015, tetapi saat itu Drogba sudah pensiun dari timnas.

2. Michael Essien

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahMichael Essien berseragam timnas Ghana. (skysports.com)

Ada pula Michael Essien, mantan gelandang bertahan top asal Ghana, yang juga meraih banyak sukses bersama Chelsea. Essien memenangi total 9 trofi selama 9 musim membela Chelsea. Selain itu, Essien pernah membela dua klub besar Eropa lain, Real Madrid dan AC Milan.

Bersama timnas Ghana, Essien sangat diandalkan. Ia pernah membawa Ghana melangkah ke semifinal Piala Afrika 2008 dan final pada edisi 2010. Sayangnya, hingga pensiun, Essien tak pernah berhasil meraih trofi bersama negaranya. Ghana sendiri tak pernah menjuarai Piala Afrika sejak 1982.

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!

3. Emmanuel Adebayor

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahEmmanuel Adebayor berseragam timnas Togo. (kickoff.com)

Ada pula beberapa pemain top Afrika yang berasal dari negara kecil minim prestasi. Salah satunya adalah Emmanuel Adebayor, mantan striker top asal Togo. Timnas Togo tak pernah punya prestasi di level internasional. Pencapaian terbaik mereka di ajang Piala Afrika hanyalah sampai perempat final pada tahun 2013.

Padahal, Adebayor punya kualitas mumpuni selama bermain. Ia pernah membela klub-klub besar seperti Arsenal, Manchester City, serta Real Madrid. Adebayor juga tercatat sebagai top skor sepanjang masa Timnas Togo dengan 32 gol. Sayangnya, ia tak berhasil melengkapi kariernya dengan trofi bersama timnas.

4. George Weah

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahGeorge Weah berseragam timnas Liberia. (thesefootballtimes.co)

George Weah tak pernah berhasil membawa negaranya juara Piala Afrika. Weah adalah striker legendaris Afrika asal Liberia yang berkarier pada 1985—2003. Ia merupakan satu-satunya pemain Afrika yang pernah meraih trofi Ballon d'Or, tepatnya pada 1995.

Sayangnya, Liberia merupakan negara Afrika yang minim prestasi di dunia sepak bola. Timnas Liberia hanya pernah dua kali lolos ke Piala Afrika dan selalu gugur di fase grup. Meski merupakan top skor Liberia sepanjang masa, George Weah tetap tak pernah berhasil membawa negaranya meraih trofi.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahPierre-Emerick Aubameyang berseragam timnas Gabon. (instagram.com/auba)

Dari kalangan pemain Afrika yang masih aktif, ada beberapa nama top yang tak pernah menjuarai Piala Afrika. Pierre-Emerick Aubameyang adalah salah satunya. Striker asal Gabon yang baru saja bergabung ke Barcelona ini punya ketajaman luar biasa di level klub maupun timnas.

Aubameyang merupakan top skor sepanjang masa timnas Gabon. Namun, Gabon adalah negara Afrika yang belum pernah juara Piala Afrika. Aubameyang sebenarnya sudah tampil dalam tiga edisi Piala Afrika. Namun, capaian terbaiknya hanya babak perempat final pada 2012, ketika Gabon menjadi tuan rumah.

6. Mohamed Salah

6 Pemain Top yang Tak Pernah Menjuarai Piala Afrika, Termasuk SalahMohamed Salah berseragam timnas Mesir. (skysports.com)

Tak ketinggalan, ada Mohamed Salah, striker Liverpool yang pantas disebut salah satu pemain Afrika terbaik saat ini. Salah punya kualitas yang tak perlu diragukan lagi, baik bersama klub maupun timnas. Ia adalah top skor sepanjang masa timnas Mesir, sekaligus kapten timnas sejak 2019.

Mesir sendiri adalah negara tersukses sepanjang sejarah Piala Afrika dengan tujuh trofi. Sayangnya, sejak Salah debut bersama timnas pada 2011, Mesir justru belum pernah juara lagi. Capaian terbaik mereka hanya babak final pada 2017 dan 2021. Bisakah Salah membawa negaranya juara Piala Afrika pada edisi-edisi selanjutnya?

Selain para pemain di atas, beberapa nama pemain top aktif yang belum pernah juara Piala Afrika mencakup Achraf Hakimi, Nicolas Pepe, Thomas Partey, dan banyak lagi. Adakah dari antara mereka yang bisa menjuarai Piala Afrika sebelum pensiun?

Baca Juga: 9 Pemain dengan Catatan Assist Terbanyak di Piala Afrika 2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya